Bisnis

Inilah Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran yang Perlu Diketahui

perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran

Dalam dunia bisnis, tentunya faktor penjualan dan faktor pemasaran adalah yang terpenting. Mungkin seringkali kita menyamakan antara dua konsep tersebut, sebab dua-duanya berorientasi untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Lantas apa perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Pengertian Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Nah, sebelum memahami mengenai perbedaan antara konsep penjualan dan konsep pemasaran, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu konsep penjualan dan konsep pemasaran. 

1. Konsep Penjualan

Konsep penjualan sendiri adalah didasarkan bahwa pelanggan tidak akan membeli barang/jasa Anda kecuali Anda melakukan kegiatan penjualan dan promosi dalam skala besar. Oleh sebab itu, apabila Anda adalah pemilik bisnis, Anda juga harus melakukan kegiatan promosi dan pemasaran untuk mempercepat putaran produk di pasar. Inilah tugas Anda untuk menjual produk dengan menarik pelanggan.

Konsep dari penjualan berguna untuk menjual barang yang tidak dicari, yaitu seperti asuransi. Di mana Anda perlu menemukan segmen pasar sasaran Anda terlebih dahulu, kemudian Anda menarik dengan membujuk mereka dengan menjelaskan keunggulan produk tersebut. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk menjual banyak produk, dan untuk meningkatkan laba bersih. 

Baca Juga : Mengenal Testimoni untuk Menarik Pelanggan!

2. Konsep Pemasaran

Berbeda dengan konsep penjualan, konsep pemasaran lebih kepada seperangkat strategi yang diadopsi oleh perusahaan di mana mereka menganalisis kebutuhan pelanggan mereka dan menerapkan strategi untuk memenuhi kebutuhan tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, memaksimalkan keuntungan dan juga untuk mengalahkan kompetitor Anda. 

Secara sederhana, pemasaran bisa dikatakan sebagai proses untuk mendapatkan pelanggan dan memelihara hubungan dengan mereka, dan di saat yang sama perusahaan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan dengan layanan atau produk yang ditawarkan, sehingga bisa menguntungkan perusahaan. Selain itu, pemasaran juga bertujuan untuk memberi kepuasan, baik itu bagi perusahaan, maupun bagi konsumen. 

Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Setelah mengetahui mengenai pengertian konsep penjualan dan konsep pemasaran, terdapat beberapa hal yang membedakan antara konsep keduanya. Berikut adalah poin-poin perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran, yaitu antara lain;

  1. Konsep pemasaran adalah mengenai kepuasan pelanggan, yaitu dimulai dari kebutuhan dan permintaan pelanggan dan diakhiri dengan kepuasan pelanggan. Berbeda dengan penjualan, yang berfokus pada apa yang diproduksi oleh perusahaan.
  2. Pemasaran merupakan tentang menyediakan produk berkualitas dan kepuasan konsumen. Penjualan adalah mengenai menghasilkan dan memaksimalkan penjualan atau berorientasi uang.
  3. Perencanaan dalam konsep pemasaran berjangka panjang pada produk saat ini dan dalam hal produk baru, pasar besok dan pertumbuhan di masa yang akan datang. Sedangkan, perencanaan konsep penjualan berjangka pendek dalam kaitannya dengan produk dan pasar saat ini.

Contoh Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Untuk memahami konsep penjualan dan konsep pemasaran lebih lanjut, kami akan memberikan contoh dari keduanya. 

Contoh dari konsep penjualan adalah 4.4 Mega Shopping Day, yang diluncurkan oleh salah satu e-commerce terkenal di Indonesia. Pada umumnya, mereka membuat strategi seperti ini khususnya di tanggal-tanggal yang cantik, seperti 4.4 ini (4 April). Selain itu, juga banyak promosi menarik yang ditawarkan oleh e-commerce tersebut, seperti free ongkir, dan yang lain-lainnya. 

Baca Juga : 6 Cara Promosi di Sosmed untuk Mendapatkan Pelanggan

Selanjutnya adalah contoh dari konsep pemasaran dari iklan Sunlight. Berbeda dengan konsep penjualan, konsep pemasaran ini memiliki target audiens, yang di mana targetnya adalah ibu rumah tangga yang menggunakan produk ini sebagai sabun pembersih piring kotor. 

Nah, demikianlah ulasan mengenai perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran. Apa sekarang sudah memahami perbedaannya? Semoga artikel kali ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *