Logistik

Inilah Tips Pengiriman Dokumen Penting yang Aman!

tips kirim dokumen

Seringkali kita mengirim paket melalui jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Namun, selain paket, terkadang kita juga butuh untuk mengirim dokumen penting seperti KTP, dokumen perusahaan, ijazah, SIM dan yang lain-lainnya. Bagaimana caranya agar dokumen kita tetap aman. Berikut adalah ulasan mengenai tips pengiriman dokumen penting yang aman. Simak yuk!

Jenis Dokumen Penting

Berikut adalah beberapa jenis dokumen yang dikategorikan penting, yaitu sebagai berikut:

  • Dokumen Pribadi: Merupakan jenis dokumen pribadi yang berisikan data-data Anda seperti KTP, SIM, paspor, atau ijazah. 
  • Dokumen Pemerintahan: Jenis dokumen ini yaitu antara lain perjanjian kerjasama, Undang-Undang maupun peraturan pemerintah. 
  • Dokumen Niaga: Berkas yang berhubungan dengan perdagangan dan bisnis seperti invoice, daftar packing, ataupun surat pengantar. 
  • Dokumen Bersejarah: Dokumen ini berkaitan dengan catatan sejarah seperti autobiografi, naskah novel, dan yang lain-lain. 

Baca Juga : Ketahui Istilah Pengiriman Barang pada Tracking SAP Express

Cara Mengirim Dokumen Penting

Untuk Anda yang ingin melakukan pengiriman dokumen penting, perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Siapkan Alat

Pertama-tama, Anda perlu untuk mempersiapkan beberapa alat yang diperlukan sebelum mengirim dokumen penting ke ekspedisi terdekat, yaitu:

  • Amplop berwarna coklat ukuran folio (agar tulisan pada dokumen tidak terlihat).
  • Informasi Anda sebagai pengirim serta data penerima (nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi). 
  • Plastik untuk membungkus amplop.
  • Lem

Setelah sudah menyiapkan alat tersebut, dokumen penting Anda sudah siap untuk dibungkus. Pastikan dokumen penting yang ingin dikirim dimasukkan ke dalam amplop secara rapi serta tidak terlipat. 

2. Tulis Data Pengirim dan Penerima

Jika dokumen sudah dimasukkan secara rapi, selanjutnya adalah menuliskan data pengirim dan penerima yaitu nama lengkap, nomor telepon, dan alamat penerima. Anda bisa menuliskan data penerima dokumen penting di amplop bagian depan dan informasi data Anda pada bagian belakang amplop. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Tips Pengiriman Kargo yang Aman!

3. Tambahkan Pelindung 

Karena dokumen penting Anda harus sampai dengan keadaan bagus, Anda perlu untuk menambahkan pelindung pada amplop seperti plastik dan karton tambahan di dalamnya agar tidak sobek atau terlipat. Agar tambah aman, Anda juga bisa menambahkan bubble wrap. Pelindung pada amplop ini bertujuan untuk menghindari dokumen terkena air, khususnya ketika musim hujan. 

Setelah dokumen Anda siap, Anda bisa cek ongkos kirim terlebih dahulu melalui online. Semakin jauh penerimanya, maka akan semakin mahal ongkos kirim. Nah, kemudian Anda tinggal datang ke cabang ekspedisi terdekat untuk mengirim dokumen penting Anda. Mudah bukan?

Demikian tips pengiriman dokumen penting yang aman. Gunakan layanan pengiriman dokumen Last Mile Delivery yang bisa disesuaikan dengan kecepatan waktu yang berbeda. Dengan tambahan fitur asuransi barang, tenang saja karena dokumen Anda akan tiba dengan aman. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *