Bisnis

Jenis dan Cara Kerja Video Marketing yang Penting Diketahui Pebisnis

seorang wanita sedang membuat video marketing

Era digital membuat kegiatan marketing bisa dilakukan dengan mudah dan beragam. Salah satu yang cukup efektif untuk menarik audience adalah dengan membuat video marketing. Cara ini efektif karena audience bisa memahami pesan video dengan lebih mudah.

Dibandingkan membaca atau mendengar, melihat secara langsung memudahkan orang untuk mengerti maksud yang ingin disampaikan. Maka dari itu tidak heran jika konten video lebih diminati audience karena bisa dinikmati dan dipahami dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat pemasar akhirnya banyak memilih video marketing sebagai strategi untuk menjangkau pelanggan dengan lebih mudah.

Apa itu Video Marketing

Video marketing merupakan salah satu cara mempromosikan dan memasarkan produk dengan menggunakan konten video. Biasanya dalam konsep yang digunakan dalam video marketing ini adalah teknik story telling sehingga data bisa disajikan dengan lebih menarik.

Melalui grafis dan audio yang dimuat dalam video marketing, Anda bisa membantu audience untuk terhubung dengan produk atau brand secara lebih mudah. Dengan begitu, Anda juga akan lebih mudah mendapatkan pelanggan dari audience yang menonton konten video marketing tersebut.

Untuk menjalankan strategi video marketing biasanya ada beberapa jenis channel marketing yang mendukung format video. Antara lain seperti instagram, youtube, telegram, twitter, tiktok hingga blog website.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Strategi Mobile Marketing dan Kelebihannya

Jenis-jenis Video Marketing

Dalam membuat konten untuk video marketing, ada beberapa jenis video yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Video Demo

Video marketing untuk menunjukan bagaimana cara kerja dari produk atau jasa yang ditawarkan.

  • Video Event

Video marketing yang berisi berbagai kegiatan perusahaan seperti diskusi, seminar, kegiatan sosial dan masih banyak lagi.

  • Video Edukasi

Video marketing yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang berbagai hal mendasar yang berkaitan tentang suatu masalah mendasar dan solusinya dari brand Anda.

  • Video Studi Kasus dan Testimoni Pelanggan

Video marketing yang berisi testimoni dari pelanggan yang telah setia menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tujuan konten video ini adalah untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap produk atau jasa Anda.

Cara Kerja Video Marketing

Strategi marketing melalui video memiliki tingkat konversi 80% lebih tinggi jika dibandingkan dengan teknik marketing lainnya. Tidak hanya itu, 73% pelanggan juga cenderung akan membeli produk yang diiklankan melalui konten video.

Cara membuat video marketing cukup sederhana. Anda hanya perlu membuat video tentang brand atau produk yang ingin Anda tawarkan kepada audience. Selanjutnya unggah video tersebut di channel marketing yang mendukung format video seperti instagram, tiktok, blog website dan berbagai media lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Perbedaan Video Marketing dan Video Branding

Masih banyak orang yang menganggap bahwa video marketing sama saja dengan video branding. Namun kenyataannya kedua jenis ini berbeda meskipun video branding bisa termasuk dalam video marketing.

Video branding termasuk dalam bagian dari video marketing yang biasanya digunakan sebagai kampanye iklan besar yang menampilkan visi, misi dan juga informasi singkat tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Video pemasaran jenis ini juga bisa membantu konsumen untuk menilai manfaat brand yang tujuannya adalah untuk membangun brand awareness perusahaan.  

Kelebihan Video Marketing

Membuat video advertising sebagai media marketing menawarkan banyak kelebihan, di antaranya:

  • Video lebih mudah dimengerti oleh audience
  • Kontan yang bisa disesuaikan dengan audience
  • Memiliki dampak bagus pada media sosial
  • Membantu meningkatkan konversi

Baca juga: Wajib Tahu, Ternyata Ini Pentingnya Membuat Video Unboxing Bagi Pebisnis!

Manfaat Menggunakan Video Marketing

Video marketing merupakan salah satu bagian penting dari content marketing yang bisa dimanfaatkan untuk mengakuisisi konsumen dengan lebih mudah dan efektif. Strategi marketing dengan membuat konten video ini mampu meningkatkan conversion rates hingga lebih dari 80%.

Tidak hanya itu, video marketing yang diterapkan di blog website juga bisa membantu traffic website lebih stabil dan bahkan bisa meningkat secara signifikan. Kegiatan marketing melalui video ini juga bisa meningkatkan engagement konsumen.Di era digital seperti sekarang ini, jika ingin produk atau layanan Anda mendapatkan banyak pelanggan maka harus menggunakan strategi marketing yang sesuai. Membuat video marketing bisa menjadi salah satu cara terbaik dan efektif untuk mendapatkan pelanggan karena konten video lebih mudah diterima oleh audience.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.