Logistik

Kenali Jenis Pengiriman Same Day, Serta Kelebihan dan Kekurangannya!

same day delivery

Berbelanja online biasanya sangat memudahkan konsumen karena sebagai pembeli, kita bisa memilih sendiri jenis pengiriman pesanan sesuai selera. Salah satunya adalah jenis pengiriman barang via driver aplikasi ojek online yang bekerja sama dengan toko online atau marketplace tempat kita memesan barang. 

Jenis jasa ekspedisi ini menyediakan layanan same day (hari yang sama) dimana pesanan atau paket Anda akan datang dalam hari yang sama dengan rentang waktu tertentu setelah Anda menyelesaikan pesanan dan membayar pesanan Anda. Lalu, apa sebetulnya sistem pengiriman same day? Lihat selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Layanan Same Day

Layanan Same Day merupakan pengiriman yang dilakukan di  hari yang sama setelah barang diterima oleh kurir dengan estimasi waktu sampai maksimal 8 jam. Namun waktu tersebut biasanya yang diberlakukan pada saat belanja di marketplace, misalnya dengan menggunakan kurir jasa pengiriman tertentu. 

Sedangkan, dilansir dari laman web Flash Box, pengiriman same day atau pada hari yang sama terjadi ketika kurir mengirimkan barang dalam waktu empat – delapan jam setelah pesanan. Terdapat kemungkinan barang akan dikirim dalam satu hari setelah diambil kurir apabila Anda memesan barang saat malam hari atau di luar jam kerja atau jam operasional penyedia layanan pengiriman. Opsi ini bagus untuk barang yang sensitif terhadap waktu. 

Baca Juga : Kargo: Pengertian, Jenis dan Tips Melakukan Pengirimannya

Perbedaan Layanan Same Day dan Instant Courier

Penggunaan jasa pengiriman paket barang dan makanan saat ini mulai meningkat setiap tahunnya, yang memberikan kemudahan bagi konsumen saat ingin mengirim paket. Menariknya lagi, kini banyak juga perusahaan pelayaran baru yang menawarkan penawaran menarik.

Selain berlomba-lomba menawarkan tarif ongkos kirim yang terjangkau, banyak dari perusahaan tersebut juga menawarkan paket pengiriman cepat 1 hari, bahkan hanya dalam hitungan jam dan tidak sampai setengah hari.

Selain layanan kiriman same day ada juga layanan pengiriman yang dinamakan instant. Menurut laman web Everpro, kedua layanan ini memiliki perbedaan sebagai berikut: 

1. Same Day

  • Waktu pengiriman barang sampai maksimal 8 jam
  • Jarak pengiriman maksimal 40 Kilometer
  • Pick Up Time (pengambilan barang oleh driver) sebelum pukul 16.00. Jika lolos akan diproses keesokan harinya.
  • Dimensi barang 40X40X17cm
  • Berat Barang 5 Kilogram
  • Ongkos kirim tergantung pada marketplace dan penyedia jasa layanan pengiriman

2. Instant Courier

  • Estimasi waktu pengiriman barang sampai maksimal 4 jam
  • Jarak pengiriman maksimal 40 Kilometer
  • Pick Up Time (pengambilan barang oleh driver) sebelum pukul 16.00. Jika lolos akan diproses keesokan harinya.
  • Dimensi barang 70X50X50cm
  • Berat Barang 20 Kilogram
  • Tarif pengiriman dihitung per kilometer jarak dari pengambilan barang ke lokasi pengiriman

Secara umum, perbedaan Same Day dan Instant Courier hanya terlihat pada waktu kedatangan, tarif pengiriman, dimensi dan berat barang. Secara keseluruhan semuanya hampir sama. Jika ingin menggunakan salah satu dari dua layanan ini, sebaiknya lakukan dan selesaikan pemesanan paket sebelum pukul 14:00.  

Toko membutuhkan waktu untuk menyiapkan barang, belum lagi antrian pesanan hingga proses request driver. Tentu membutuhkan waktu yang lebih lama, disarankan untuk menyelesaikan proses belanja online sebelum pukul 14:00.

Baca Juga : 6 Prosedur Pengiriman Barang Sesuai SOP

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Pengiriman Same Day

Ada berbagai keuntungan jika Anda menggunakan layanan same day, berikut di antaranya:

  • Paket yang dikirim akan sampai tidak lebih dari 1 hari, bahkan tiba ke tangan penerima pada hari yang sama.
  • Layanan same day cocok digunakan untuk pengiriman obat-obatan, sayuran, daging, dan sejenisnya.
  • Cakupan wilayah termasuk luas.
  • Biayanya murah dengan waktu kirim hanya sehari.

Layanan pengiriman Same Day juga memiliki kekurangan, antara lain adalah:

  • Barang akan dibawa keliling terlebih dahulu oleh kurir.
  • Tidak disarankan untuk pengiriman barang berukuran besar.

Saat ini banyak perusahaan ekspedisi yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan  tersebut hadir dengan berbagai jenis layanan dan salah satunya adalah same day.

Demikianlah pembahasan mengenai layanan pengiriman same day. Tentunya banyak sekali manfaat dan keefektifan yang akan Anda dapat dari layanan ini. Anda bisa menggunakannya untuk pengiriman barang tertentu yang Anda inginkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *