SAPedia

Ini Dia 4 Alasan Kenapa No Resi Tidak Valid

gambar pria yang sedang mengecek no resi tidak valid

Panik karena paket tak kunjung datang dan nomor resi tidak bisa dicek? Jangan khawatir karena bisa jadi terjadi kesalahan teknis yang membuat nomor resi Anda tidak bisa dicek. Untuk mengetahui penyebab kenapa nomor resi tidak valid, mari kita bahas bersama di sini.  

Bagi Anda yang kerap berbelanja secara online atau sering mengirim paket barang pasti sudah tidak asing dengan nomor resi. Ini merupakan kode berupa kombinasi angka yang diberikan oleh jasa ekspedisi untuk barang yang akan dikirimkan. Nomor resi ini biasanya digunakan sebagai bukti pengiriman barang

Nomor resi yang diberikan oleh jasa ekspedisi bisa digunakan untuk melacak sampai dimana proses pengiriman paket tersebut. Untuk melakukan tracking, Anda hanya perlu memasukkan nomor resi tersebut pada website ekspedisi. Nantinya akan ditampilkan secara detail informasi yang berkaitan dengan progress pengiriman paket tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa proses tracking paket tidak selalu berjalan mulus. Tidak jarang sistem tracking tidak berhasil menemukan paket Anda karena nomor resi tidak valid. Hal ini bisa saja terjadi karena berbagai penyebab dan faktor.

Baca juga: Begini Cara Menulis Alamat Paket yang Tepat Agar Tidak Salah Kirim

Penyebab No Resi Tidak Bisa Dicek

Alasan kenapa resi tidak bisa di cek sebenarnya sangat beragam. Ada yang disebabkan karena server yang bermasalah hingga kesalahan dalam memasukkan nomor resi tersebut. Berikut ini beberapa penyebab kenapa no resi tidak valid.

1. Pengirim Salah Memberikan Nomor Resi

Salah satu alasan paling sering terjadi kenapa no resi tidak valid adalah karena pengirim salah memberikan nomor resi saat melakukan input ke sistem e-commerce. Kesalahan ini biasanya terjadi jika pengirim melakukan input resi secara manual. Kesalahan input resi ini umumnya terjadi untuk barang yang dikirim oleh pihak ketiga atau seller.

2. Salah Memasukkan Nomor Resi

Alasan lain yang bisa menyebabkan kenapa no resi tidak valid adalah karena Anda salah memasukkan nomor resi. Untuk melakukan tracking, Anda harus menyalin nomor resi ke dalam website jasa ekspedisi. Pastikan masukkan kode atau kombinasi nomor resi dengan benar karena jika sampai salah satu angka saja maka bisa menyebabkan nomor resi menjadi tidak valid dan paket gagal ditemukan.

3. Salah Memilih Ekspedisi Pengiriman

Untuk melakukan tracking menggunakan nomor resi, Anda harus melakukannya pada website jasa pengiriman yang digunakan. Alasan lain yang dapat menyebabkan nomor resi tidak bisa dicek adalah karena Anda memilih ekspedisi pengiriman yang tidak sesuai. Ini merupakan kesalahan fatal yang harus dihindari karena jika melakukan cek resi pada ekspedisi pengiriman yang tidak sesuai maka sudah pasti hasilnya tidak akan valid.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

4. Nomor Resi Palsu

Satu lagi alasan kenapa nomor resi tidak valid bisa jadi karena yang Anda terima merupakan nomor resi palsu. Beberapa waktu belakangan ini, tengah marak kasus penipuan yang menggunakan kedok resi palsu. Pengirim paket biasanya akan membuat resi palsu yang seolah-olah menyatakan bahwa barang telah dikirim sehingga Anda harus membayar barang tersebut. Padahal jika Anda cek di website jasa ekspedisi secara resmi, sudah pasti nomor resi tersebut tidak valid karena palsu.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memang membuat transaksi jual beli hingga pengiriman barang bisa dilakukan dengan mudah. Namun pastikan jika Anda berbelanja secara online, selalu simpan no resi yang diberikan oleh pengirim di website resmi untuk memastikan bahwa no resi tersebut valid. Namun secara umum, alasan kenapa no resi tidak valid biasanya karena masalah teknis sehingga teliti dengan baik jika ingin melakukan tracking paket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.