Logistik

Ketentuan dan Cara Kirim Barang ke Luar Negeri, Wajib Tahu!

ilustrasi gambar paket yang bisa dikirim ke luar negeri

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini produk asli Indonesia semakin diminati oleh masyarakat luar negeri. Tidak heran jika permintaan dan pengiriman paket barang ke luar negeri juga semakin meningkat. Akan tetapi, sudah tahukah Anda bagaimana cara kirim barang ke luar negeri yang benar? 

Mengirim paket atau barang ke luar negeri pastinya membutuhkan lebih banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tidak hanya itu, pengiriman barang ke luar negeri juga memiliki ketentuan tersendiri yang berbeda dengan pengiriman paket domestik. 

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengirim barang ke luar negeri yang benar, ketahui dulu ketentuan kirim barang ke luar negeri seperti di bawah ini:

Ketentuan Kirim Barang ke Luar Negeri

Pengiriman barang ke luar negeri harus mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, khususnya Ditjen Bea dan Cukai. Berikut ini beberapa ketentuan tentang bagaimana cara kirim barang ke luar negeri yang perlu Anda ketahui :

  • Berat barang tidak lebih dari 100 kg netto untuk satu kali pengiriman. Jika melebihi 100 kg netto maka akan diberlakukan ketentuan umum di bidang import.
  • Pengiriman produk makanan, minuman dan obat-obatan harus mendapatkan ijin BPOM
  • Pengiriman barang elektronik seperti handphone dan komputer tablet yang boleh maksimal 2 item
  • Pengiriman tumbuhan, hewan, serta ikan harus mendapatkan izin pemasukan dari Badan Karantina

Baca juga: Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

Prosedur Mengirim Barang ke Luar Negeri 

Perkembangan teknologi yang semakin maju dan modern sebenarnya membuat proses pengiriman barang ke luar negeri bisa dilakukan dengan mudah. Saat ini juga telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan cara mudah kirim barang ke luar negeri salah satunya seperti SAP Express.

Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang ke luar negeri, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Persiapkan Barang yang Ingin Dikirim

Cara pertama jika ingin mengirim barang ke luar negeri adalah siapkan barang kemudian kemas dengan baik dan benar. Pastikan kemas barang sesuai dengan ketentuan pengiriman agar lebih aman serta memastikan paket sampai tujuan dengan benar.

2. Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Setelah paket siap, langkah selanjutnya adalah pilih jasa ekspedisi yang tepat. Saat ini telah banyak pilihan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang ke luar negeri, salah satunya seperti SAP Express.

Cara kirim barang ke luar negeri lewat SAP Express dilakukan secara profesional sehingga memastikan barang sampai ke tempat tujuan dengan aman. Tidak hanya itu, SAP Express juga menawarkan biaya pengiriman ke luar negeri yang cukup terjangkau.

3. Antarkan Paket ke Kantor Ekspedisi

Jika barang yang ingin dikirimkan ke luar negeri telah siap, selanjutnya langsung saja antarkan ke kantor ekspedisi terdekat. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk datang secara langsung, saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan layanan penjemputan. Anda hanya perlu menghubungi nomor customer service dan sampaikan alamat penjemputan barang dengan benar. Pastinya jika menggunakan layanan ini akan ada tambahan biaya kirim barang ke luar negeri yang harus Anda bayar.

4. Isi Formulir Pengiriman Paket dengan Lengkap

Sebelum memberikan paket ke jasa ekspedisi, pastikan Anda telah mengisi formulir pengiriman paket dengan benar dan lengkap. Pastikan isi alamat penerima paket dengan jelas dan lengkap untuk memudahkan kurir mengantar paket tersebut. Jangan lupa cantumkan nomor telepon penerima yang bisa dihubungi kurir sebagai salah satu tips dan cara kirim paket ke luar negeri SAP Express agar barang sampai lebih cepat.

5. Bayar Ongkos Kirim

Jika formulir pengiriman paket sudah lengkap, selanjutnya pihak jasa ekspedisi akan menimbang paket tersebut untuk menentukan seberapa besar biaya ongkos kirim yang harus Anda bayarkan. Jika ongkos kirim sudah diketahui, segera lakukan pembayaran biaya kirim paket ke luar negeri SAP Express yang telah ditentukan tersebut.

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

6. Simpan Resi Pengiriman Paket

Jika proses pembayaran tarif SAP Express ke luar negeri telah Anda lunasi, maka pihak jasa ekspedisi akan menerbitkan resi dari paket yang akan dikirim tersebut. Jangan lupa minta resi tersebut karena berguna untuk melakukan pelacakan paket saat proses pengiriman.

Kebutuhan pengiriman paket ke luar negeri yang semakin meningkat membuat semakin banyak jasa ekspedisi yang menyediakan layanan ini. Akan tetapi jika ingin kirim barang ke luar negeri paling murah, maka pastikan gunakan SAP Express. Tidak hanya menawarkan biaya kirim paket termurah saja, kami juga akan memastikan bahwa paket yang Anda kirim ke luar negeri sampai ke tangan penerima dengan selamat. Saat ini SAP Express juga bekerja sama dengan FedEx Corporation dan Janio, perusahaan pengiriman barang internasional yang membuat pengiriman paket ke luar negeri menjadi lebih mudah.

Jadi, pastikan Anda mempraktikkan cara kirim barang ke luar negeri diatas, ya!

jasa pengiriman barang internasional termurah

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.