Logistik

Lakukan Tips-tips Jitu ini Saat Bertransaksi COD

cash on delivery

Cash on Delivery (COD) adalah metode pembayaran yang memungkinkan pembeli membayar pesanan secara langsung di tempat kepada kurir atau kepada penjual yang mengantarkan pesanan. Pada umumnya, layanan COD hanya disediakan di jangkauan wilayah yang sama, sehingga waktu penerimaan pesanan juga cenderung lebih cepat. 

Namun, tak jarang juga adanya kekurangan dalam COD yakni area jangkauan layanan COD yang terbatas, serta rawan terjadi kejahatan dari oknum penipu saat perjanjian COD dilaksanakan di tempat tertentu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tahu tips-tips jitu dalam bertransaksi COD agar Anda dapat berbelanja online dengan tenang dan nyaman. 

Tips Jitu COD Saat Belanja Online

Dibalik kemudahan dan praktisnya layanan COD saat belanja online, terdapat resiko-resiko yang harus Anda hindari. Untuk itu, simak tips-tips untuk melakukan COD saat berbelanja online sebagai berikut!

1. Menentukan Lokasi COD yang Tepat

Agar aman, Anda perlu memikirkan dengan baik lokasi COD yang tepat. Apabila COD dilakukan dengan kurir ekspedisi, Anda bisa memilih alamat rumah atau alamat apartemen domisili Anda. Tetapi, pastikan untuk bertemu dengan penjual di tempat yang aman atau coba usahakan di tempat umum. Bila perlu, ajak seseorang untuk menemani selama melakukan transaksi. 

Baca Juga : Begini Tips COD Bagi Pembeli yang Penting Anda Perhatikan!

2. Membayar Sesuai Kesepakatan

Berpikir mengenai COD dipastikan banyak yang akan langsung menyimpulkan bahwa pembayaran pesanan haruslah menggunakan uang tunai. Namun, tidak seperti itu cara kerjanya. 

Dilansir dari web Shopify, meskipun “uang tunai” atau cash adalah nama dari COD itu sendiri, ternyata cash bukanlah satu-satunya metode pembayaran yang dapat digunakan penjual untuk layanan ini. 

Selain cash, terdapat metode pembayaran lain yang dapat dipilih yakni mobile payment, check, dan online card payment. Mobile payment bisa dilakukan bila kurir jasa pengiriman memiliki mobile card reader, sesuai kesepakatan cara pembayaran, Anda dapat memilih tipe ini selama jasa pengiriman memiliki layanannya. 

3. Periksa Kondisi dan Kelengkapan Barang

Ada kalanya barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi penjualan, tidak sesuai gambar yang ditawarkan, atau tidak lengkap bahkan yang terparah, rusak. Sebelum Anda melakukan pembayaran, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi barang. 

Pastikan barang sesuai dengan yang dipesan dan dalam kondisi yang baik. Jika tidak, Anda punya hak untuk mengembalikannya. Tetapi ada beberapa marketplace tertentu yang tidak mengizinkan Anda membuka paket sebelum dibayar, untuk itu Anda harus cermat juga membaca syarat dan ketentuan COD dari masing-masing marketplace atau toko online.

4. Pahami Syarat dan Ketentuan COD

Sebagai pembeli, Anda harus benar-benar tahu ketentuan sistem COD masing-masing toko online dan marketplace yang digunakan. Ada marketplace yang mengharuskan pembeli membayar terlebih dahulu kepada kurir sebelum barang diterima. 

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian bagi penjual maupun pembeli. Sebagai contoh, sistem COD di Lazada menerapkan beberapa aturan dasar, yaitu, pembeli diperkenankan menolak pesanan apabila tidak merasa melakukan pembelian. Jika memilih pembayaran di tempat, Anda tak boleh membuka kemasan sebelum melakukan pembayaran melalui kurir ekspedisi. 

Baca Juga : 7 Hal Wajib yang Harus Anda Tahu Sebelum Transaksi Sistem COD

5. Dokumentasikan Proses Transaksi COD

Dalam bertransaksi COD, mendokumentasikan transaksi hingga saat membongkar atau unboxing barang pesanan adalah hal yang cukup penting dilakukan. Pertama, untuk mendokumentasikan transaksi COD, Anda butuh kamera handphone dan mulailah merekam proses transaksi mulai dari penyerahan barang dari kurir ke pembeli, saat unboxing, dan pembayaran. 

Tips aman COD ini jangan sampai Anda lewatkan karena video rekaman dapat menjadi bukti yang valid apabila terjadi selisih paham dan kejadian yang tidak diinginkan lainnya. Saat terjadi kerusakan atau ketidaksesuaian barang yang dipesan, bukti rekaman bisa memperkuat alasan Anda untuk dapat mengembalikan barang dengan mudah.

Demikianlah tips-tips jitu untuk bertransaksi COD saat belanja online. Semoga Anda terhindar dari kerugian saat berbelanja COD apabila dengan cermat mengikuti langkah-langkah tips yang telah dijabarkan. Gunakan layanan COD SAP Express yang telah memiliki jangkauan luas di Indonesia dan memiliki fitur asuransi barang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *