Bisnis

Mengenal Apa Itu Customer Relationship dan Cara Membangunnya

customer relationship adalah

Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis adalah dengan membangun customer relationship yang baik dengan para pelanggan. Customer relationship adalah sebuah strategi marketing di mana sebuah bisnis menjalin interaksi atau hubungan yang baik dengan para pelanggan dengan tujuan agar mereka melakukan repeat order. Ketika pelanggan melakukan pembelian kembali atas produk Anda, artinya Anda sedang mempertahankan bisnis Anda supaya mereka tidak berpaling ke produk kompetitor.

Pelanggan merupakan aset yang harus dipertahankan demi kelanggengan bisnis. Tanpa adanya pelanggan,  bisnis akan mudah bangkrut dan tidak bisa bertahan. Oleh sebab itu, customer relationship harus dibangun dengan baik. Lantas bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Customer Relationship

Customer relationship adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dengan cara menjaga hubungan yang baik dengan mereka. Adanya hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan akan meningkatkan potensi repeat order dari pelanggan. Para pelanggan tidak akan berpaling ke produk kompetitor karena sudah memiliki hubungan yang baik dengan bisnis Anda.

Cara paling mudah untuk membangun customer relationship adalah dengan berkomunikasi dengan pelanggan. Buatlah saluran komunikasi yang baik dengan pelanggan untuk mendengar feedback dari mereka mengenai bisnis Anda. Feedback tersebut dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kualitas bisnis Anda agar semakin mudah menarik para pelanggan.

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

Cara Membangun Customer Relationship

Hubungan yang baik dengan para pelanggan akan memuluskan bisnis Anda secara tidak langsung. Nah, berikut merupakan cara membangun customer relationship yang baik dengan para pelanggan:

1. Tingkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

Cara membangun customer relationship yang pertama adalah dengan meningkatkan komunikasi dengan para pelanggan. Pastikan Anda dapat menjangkau saluran komunikasi yang mudah dan disukai para pelanggan agar komunikasi terjalin dengan baik. Berikan sapaan dan penghargaan dalam berkomunikasi agar mereka nyaman dengan pelayanan Anda.

2. Berikan Pelayanan Terbaik

Berikutnya, pastikan Anda memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Berikan servis yang baik dengan cara merespon pelanggan dengan cepat dan responsif, serta berikan solusi dengan segera ketika mereka memiliki masalah dengan produk Anda. Pelayanan terbaik akan membuat pelanggan setia terhadap produk Anda.

3. Dengarkan Feedback Pelanggan

Jika ada feedback atau umpan balik dari pelanggan, dengarkan dengan baik. Umpan balik tersebut bisa Anda gunakan untuk memperbaiki kualitas dari layanan produk Anda. Anda juga bisa secara aktif meminta feedback dari mereka demi kemajuan bisnis Anda.

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Sukses

4. Beri Reward

Untuk pelanggan yang setia menggunakan produk Anda, berilah penghargaan dengan reward. Reward atau hadiah bisa berupa voucher atau potongan diskon yang pastinya akan membuat pelanggan senang dan tetap menggunakan produk Anda. Memberikan sedikit reward tidak akan membuat Anda rugi, justru akan mendatangkan pelanggan lebih banyak lagi.

5. Terhubung dengan Pelanggan

Terakhir, pastikan Anda selalu terhubung dengan para pelanggan Anda. Caranya adalah dengan mengirimkan kartu ucapan saat ulang tahun, hari raya, atau hari spesial lainnya melalui pesan WA atau email. Dengan cara ini, pelanggan akan selalu ingat dengan produk Anda dan memiliki koneksi yang baik dengan bisnis Anda.

Itulah ulasan lengkap tentang customer relationship dan cara membangunnya yang perlu Anda tahu. Tentunya dengan membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan akan membuat bisnis Anda semakin maju. Para pelanggan pun akan enggan untuk beralih ke produk kompetitor. Selamat mencoba! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *