Logistik

Mengenal Apa itu Ekspedisi dan Manfaatnya, Yuk Simak!

apa itu jasa ekspedisi

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online atau logistik pasti sudah tidak asing dengan apa itu ekspedisi atau jasa pengiriman. Jasa ini biasa digunakan untuk mengirim barang atau produk ke pelanggan. Dengan adanya jasa ekspedisi ini, proses pengiriman barang menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Tidak bisa dipungkiri jika seiring berjalannya waktu tren belanja online semakin diminati oleh masyarakat. Tidak heran jika kebutuhan akan jasa ekspedisi juga semakin tinggi untuk membantu mengirimkan barang yang dipesan pelanggan secara online tersebut.

Saat ini ada banyak pilihan jasa ekspedisi yang bisa Anda gunakan untuk membantu proses pengiriman barang. SAP Express adalah salah satu contohnya. Untuk info lebih jelas tentang apa itu ekspedisi, yuk simak info di bawah ini.

Pengertian Ekspedisi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ekspedisi diartikan sebagai pengiriman surat, barang dan sebagainya. Kata ekspedisi juga diartikan sebagai perusahaan pengangkutan barang. Selain itu ada juga arti ekspedisi alam adalah sebuah kegiatan perjalanan untuk penelitian ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal.

Secara umum, ekspedisi dapat diartikan sebagai perjalanan terorganisir yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam dunia bisnis, ekspedisi lebih fokus pada kegiatan pengiriman barang. Ekspedisi perjalanan adalah aktivitas memindahkan barang secara fisik dari titik ke titik yang lainnya.

Baca Juga : Takut Kirim TV Lewat Ekspedisi? Yuk, Cari Tahu Cara Packing Barang Elektronik Berikut!

Dalam proses pengiriman barang ini melibatkan aktivitas pengepakan yang berguna untuk menjaga keamanan barang. Semua kegiatan ini nantinya akan dikendalikan dan dikelola oleh perusahaan ekspedisi.

Kegiatan ekspedisi dilakukan dengan menggunakan beberapa pilihan moda transportasi. Beberapa mode transportasi yang digunakan sebagai contoh ekspedisi adalah moda transportasi darat, laut dan udara. Pengiriman dengan moda transportasi darat adalah yang paling hemat biaya akan tetapi pengiriman barang cenderung lama.

Pentingnya Ekspedisi dalam Bisnis

Ekspedisi dalam kegiatan perekonomian memiliki peran yang sangat penting karena perputaran barang dan jasa akan menghidupkan perputaran uang di pasar. Maka dari itu dibutuhkan jasa ekspedisi untuk memperlancar perputaran tersebut.

Dalam dunia bisnis, tidak semua produsen bisa mengirimkan sendiri produknya ke pelanggan. Maka dari itu, kegiatan ekspedisi adalah solusinya jika ingin sistem logistik dan pengiriman barang yang lebih praktis. Hal ini karena mengelola sistem logistik dan pengiriman barang cukup rumit untuk dilakukan sendiri.

Dari berbagai jenis bisnis, bisnis e-commerce adalah salah satu yang paling membutuhkan jasa ekspedisi. Dengan menggunakan jasa ekspedisi, pelaku bisnis online bisa menjual dan mengirimkan produk ke mana saja bahkah sampai ke pelosok atau luar negeri sekalipun.

Dalam melaksanakan kegiatan pengiriman barang, jasa ekspedisi memiliki tarif dan tenggat waktu tanggal pengiriman. Masing-masing jasa ekspedisi biasanya memiliki tarif yang berbeda tergantung dari jenis pelayanan yang dikirim. Namun jika ingin jasa ekspedisi harga paling murah, ekspedisi SAP bisa menjadi pilihan yang tepat.

Manfaat Menggunakan Jasa Ekspedisi

Dalam menjalankan sebuah bisnis khususnya bisnis online, menggunakan jasa ekspedisi memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan, antara lain:

1. Proses Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah

Dengan menggunakan jasa ekspedisi, proses pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis jika dibandingkan Anda harus melakukan pengiriman sendiri. Perusahaan ekspedisi bisa memastikan pengiriman barang ke pelanggan dilakukan dengan cepat dan aman. Hal ini karena jasa ekspedisi memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk kegiatan pengiriman barang.

2. Memiliki Jangkauan Luas

Manfaat lainnya dari menggunakan jasa ekspedisi gunung adalah bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Jasa ekspedisi biasanya memiliki jangkauan pengiriman yang luas bahkan sampai ke wilayah pelosok dan luar negeri. Dengan memanfaatkan jasa pengiriman ini, Anda bisa melayani pelanggan dari berbagai wilayah tanpa perlu repot mengurus bagaimana barang bisa sampai ke pelanggan tersebut.

Baca Juga : Intip Perbedaan Cargo dan Reguler pada Jasa Ekspedisi Berikut Ini

3. Dapat Melacak Pesanan

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi adalah fitur tracking. Fitur ini memungkinkan orang yang melakukan pengiriman barang bisa melacak dan memantau proses pengiriman barang yang dilakukannya. Untuk mengetahui status pengiriman barang, Anda cukup memasukkan nomor resi di kolom tracking barang yang ada di situs jasa ekspedisi tersebut.

Semakin populernya bisnis online, membuat kebutuhan akan jasa ekspedisi juga semakin tinggi. Meski begitu, jika ingin melakukan pengiriman barang, pastikan pilih jasa ekspedisi yang terbaik dan terpercaya seperti SAP Express. Dengan menggunakan jasa ekspedisi yang tepat, barang akan sampai  ke pelanggan dengan aman dan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *