Logistik

Mengenal Apa Itu Inventory Control, Tugas, dan Fungsinya

apa itu inventory control

Dalam sebuah bisnis, inventory control merupakan hal yang sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis. Dalam hal ini, inventory control berhubungan langsung dengan penyimpanan serta persediaan barang. Dengan inventory control yang baik, perusahaan dapat berkembang dengan lebih baik dan kepuasan pelanggan bisa tercapai.

Bagi Anda yang penasaran dengan apa itu inventory control dan tugasnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Inventory Control 

Inventory control merupakan sebuah proses dalam bisnis yang bertujuan untuk memastikan stok barang perusahaan dapat tercukupi. Proses ini dilakukan untuk memaksimalkan penyimpanan serta persediaan stok barang. Dalam hal ini, perusahaan harus selalu mengecek dan mencatat keluar masuknya barang secara rinci agar stok barang selalu terkontrol. 

Dengan adanya kontrol ini, maka persediaan stok barang akan terorganisir dengan baik dan pengeluaran operasional perusahaan dapat ditekan. Pada perusahaan, tugas inventory control umumnya dibebankan pada supervisor dan juga staff.

Baca Juga : Sudah Tahu Resi Gudang? Inilah Arti, Manfaat, dan Contohnya!

Tugas Inventory Control

Beberapa tugas yang dilakukan inventory control pada perusahaan antara lain:

1. Menghitung Jumlah Stok Persediaan Barang di Gudang

Tugas inventory control yang pertama adalah menghitung stok barang yang terdapat di gudang. Ini menjadi tugas utama dari inventory control dalam pengamanan stok barang, jangan sampai stok barang di gudang habis sementara permintaan pasar banyak. Jadi inventory control akan menghitung dan merekap stok barang tersebut secara rinci.

2. Mengecek Data

Setelah data stok barang dicatat dan direkap, maka inventory control akan melakukan pengecekan data. Pengecekan data dimaksudkan untuk mengecek apakah barang yang tersedia di gudang sudah sesuai dengan hasil rekapan. Setelah semua sesuai, staff yang bertugas sebagai inventory control akan memberikan laporan ke supervisor. 

3. Melakukan Pendataan Secara Berkala

Tidak hanya satu kali saja, pendataan stok barang perlu dilakukan secara berkala. Inventory control bertugas untuk melakukan pendataan secara rutin dan berkala agar stok barang tidak habis di tengah jalan.

Baca Juga : Fasilitas Logistik: Pengertian, Jenis, dan Mengapa Anda Perlu Memanfaatkannya

4. Membuat Laporan

Inventory control juga bertugas untuk membuat laporan. Laporan ini berisi data vendor, hasil penjualan barang, distribusi barang, dan lain sebagainya. Laporan ini sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan sekaligus bahan evaluasi kedepannya.

Fungsi Inventory Control

Setelah mengetahui apa tugas inventory control, berikutnya Anda juga perlu tahu fungsi inventory control, yaitu:

  1. Mencegah keterlambatan pengiriman barang/bahan yang dibutuhkan oleh perusahaan
  2. Memastikan barang yang dipesan sesuai dengan kebutuhan
  3. Mengantisipasi kenaikan harga barang secara tiba-tiba
  4. Mendapatkan keuntungan dari pembelian
  5. Menyediakan produk dan barang sesuai dengan kebutuhan pembeli

Itulah beberapa hal mengenai inventory control yang perlu Anda tahu. Inventory control memiliki fungsi dan kedudukan yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Tanpa adanya kontrol, stok barang di gudang akan kacau dan ini berpengaruh terhadap kelangsungan hidup serta performa perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *