Finance

Mengenal Apa Itu Melek Finansial, Manfaat, dan Ciri-cirinya

melek finansial

Di era yang serba tidak pasti seperti ini, semua orang wajib melek finansial demi bisa mempertahankan hidup untuk masa sekarang dan masa depan. Terlebih bagi anak muda, mempersiapkan finansial sejak dini sangat penting supaya di kemudian hari tidak menjadi generasi sandwich.

Melek finansial dapat melindungi diri dari inflasi, hutang, dan keterpurukan. Tak hanya itu, melek finansial juga bisa menjadikan seseorang memiliki masa depan yang cerah dengan berbagai upaya, mulai dari menyiapkan tabungan, dana darurat, hingga investasi.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu melek finansial, manfaat, dan ciri-cirinya, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Melek Finansial

Melek finansial merupakan nama lain dari literasi keuangan, yaitu suatu keterampilan dan pengetahuan yang mempengaruhi perilaku seseorang dalam mengelola keuangan. Seseorang yang melek finansial, umumnya dapat mengelola keuangan dengan baik sehingga kesejahteraan finansial di masa sekarang dan masa mendatang bisa tercapai.

Keterampilan dalam mengelola keuangan sangat dibutuhkan karena ada berbagai tujuan yang bisa dicapai ketika keuangan terkelola dengan baik, antara lain meningkatkan kualitas dalam mengambil keputusan keuangan dengan bijak serta mengubah perilaku konsumtif seseorang menjadi lebih paham mengenai keuangan pribadi. Alhasil, keterpurukan akibat tidak memiliki uang di masa depan dapat diminimalisir.

Baca Juga : 5 Tips Cara Mencapai Financial Freedom Di Usia Muda

Manfaat Melek Finansial

Melek finansial memiliki segudang manfaat yang bisa Anda rasakan ketika Anda sudah menjalankannya, antara lain:

1. Membiasakan Diri Memiliki Kebiasaan Belanja yang Baik

Melek finansial memberikan batasan terhadap seseorang dalam menggunakan uangnya sehingga sifat boros dan konsumtif dapat dicegah. Melek finansial akan membentuk pola kebiasaan belanja yang lebih baik dengan berbagai cara.

Misalnya, Anda akan membuat anggaran dan rencana terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu. Hal ini dapat mencegah Anda untuk berhutang lantaran tidak memiliki cadangan dana setelah membeli barang yang diinginkan. Anda juga bisa lebih memahami seberapa banyak uang yang dibelanjakan karena sudah memiliki rancangannya terlebih dahulu.

2. Memiliki Kesadaran Akan Pentingnya Dana Darurat

Peristiwa atau keadaan darurat bisa saja membuat keuangan seseorang menjadi tidak stabil lantaran harus mengeluarkan sejumlah dana secara tiba-tiba. Nah, dengan melek finansial, Anda akan menyadari betapa pentingnya memiliki dana darurat untuk mencegah keuangan goyah akibat kejadiaan tak terduga.

Anda akan menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan untuk dana darurat di sebuah rekening khusus. Tujuan dari pemisahan rekening tersebut adalah agar dana darurat tidak tercampur dengan keperluan lain, seperti belanja dan lainnya.

3. Memiliki Keputusan yang Bijak terhadap Keuangan

Manfaat melek finansial berikutnya adalah membantu seseorang dalam membuat keputusan keuangan yang bijak. Orang yang sudah melek finansial akan menghindari hutang, kartu kredit, dan sejenisnya yang membuat keuangannya menjadi tidak stabil.

Selain itu, ketika Anda sudah melek finansial, maka Anda tidak akan mudah tergiur dengan berbagai penawaran dan iming-iming seperti penipuan, investasi bodong, dan sejenisnya. Anda juga tidak mudah terjebak bunga pinjaman tinggi yang merugikan.

Ciri-ciri Melek Finansial

Mengingat pentingnya melek finansial bagi seseorang, kebiasaan mengelola keuangan dengan baik harus sudah dimiliki oleh tiap orang. Lantas, apa saja ciri-ciri orang yang sudah melek finansial? Berikut cirinya:

1. Paham Poin Penting dalam Keuangan

Ciri-ciri seseorang yang sudah melek finansial adalah tahu dan paham poin-poin apa saja dalam keuangan. Poin-poin tersebut meliputi keterampilan dalam membuat anggaran, kemampuan mencatat keuangan, kemampuan dalam mengelola hutang serta memiliki rencana pensiun yang matang.

Poin-poin tersebut di atas dapat menyelamatkan seseorang dari perilaku buruk keuangan sehingga kesejahteraan akan lebih mudah tercapai. Keterampilan tersebut bisa membuat seseorang tidak mudah berhutang demi kesenangan sesaat.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat

2. Memiliki Anggaran Pribadi

Ciri-ciri melek finansial berikutnya adalah memiliki anggaran pribadi dalam jangka pendek maupun panjang. Orang yang melek finansial sudah memiliki tujuan keuangan yang jelas serta tahu bagaimana mencapainya, salah satunya adalah dengan memiliki anggaran pribadi. 

Anggaran pribadi akan membuat seseorang mudah melacak berapa uang yang ia miliki serta berapa uang yang dipakai. Tentunya anggaran tersebut akan memudahkan seseorang dalam menabung, menyiapkan dana darurat, dan menyiapkan dana pensiun.

3. Memiliki Penghasilan Pasif

Orang yang sudah melek finansial tidak hanya mampu mengelola uangnya dengan baik dan tahu cara menghemat uang, namun ia juga memiliki penghasilan pasif. Penghasilan pasif tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan ketika penghasilan aktifnya sedang terganggu.

Penghasilan pasif dapat meliputi investasi berupa reksa dana atau saham, logam mulia atau emas, obligasi, properti, hingga rekening dana pensiun yang memiliki return tinggi setiap bulannya. Penghasilan pasif tersebut bisa didapat dengan cara mengelola keuangan setiap bulannya dengan bijak.

Nah, sekarang sudah paham kan mengenai pentingnya melek finansial? Ya, melek finansial sudah harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin memiliki masa depan cerah dan bebas hutang. Melek finansial akan membuat Anda hidup lebih tenang, damai, dan sejahtera. Jadi, upayakan untuk paham literasi keuangan mulai dari sekarang, yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *