Logistik

Mengenal Apa Itu Nomor Resi dan Fungsinya

apa itu nomor resi

Saat sedang berbelanja online atau mengirim paket, pernahkah Anda diberi nomor untuk melacak pesanan dan paket Anda? Nah, nomor inilah yang disebut dengan nomor resi. Nomor ini memiliki fungsi yang penting bagi pengiriman barang karena dapat melacak keberadaan paket atau pesanan yang dikirimkan.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu nomor resi dan fungsinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Nomor Resi

Nomor resi adalah nomor yang diberikan oleh jasa ekspedisi atas paket yang dikirimkan. Nomor ini berfungsi sebagai nama atau identitas dari paket tersebut. Adanya nomor ini dapat membuktikan bahwa paket yang Anda kirimkan sedang dalam proses pengiriman.

Nomor resi juga dapat digunakan untuk melacak posisi paket atau pesanan Anda. Jadi begitu paket dikirimkan, akan langsung terlihat dimana posisi barang tersebut. Oleh karena itu, nomor resi sangat penting untuk dimiliki oleh Anda yang berbelanja online atau sedang mengirimkan paket. 

Baca juga: Begini Cara Menulis Alamat Paket yang Tepat Agar

Fungsi Nomor Resi 

Seperti yang dijelaskan diatas, nomor resi memiliki fungsi yang sangat penting bagi proses pengiriman barang. Beberapa fungsi nomor resi antara lain:

1. Bukti Paket Telah Dikirim

Nomor resi dapat menjadi bukti bahwa paket sudah dikirimkan, baik oleh penjual online maupun oleh ekspedisi. Nomor ini akan langsung diberikan oleh ekspedisi ketika sudah menerima barang tersebut dan siap dikirimkan. Inilah yang membuat nomor resi menjadi pegangan bagi pengirim bahwa paket tersebut telah dalam proses pengiriman.

2. Identitas Paket

Fungsi nomor resi berikutnya adalah sebagai identitas dari sebuah paket. Identitas inilah yang membedakan antara paket satu dengan paket lainnya. Misalnya ketika paket nyasar atau terselip, paket akan mudah terlacak dengan nomor resi ini.

3. Melacak Paket

Berikutnya, fungsi nomor resi adalah sebagai alat untuk melacak paket. Nomor resi dapat mendeteksi dimana keberadaan paket serta posisi terakhirnya. Nomor resi dijadikan pegangan untuk mengetahui apakah paket sudah hampir tiba atau belum.

4. Mengambil Paket

Fungsi nomor resi yang terakhir adalah untuk mengambil paket di kantor jasa ekspedisi. Ketika paket dikirimkan ke rumah Anda namun rumah Anda tidak ada orang, maka paket akan dibawa kembali oleh kurir dan disimpan di kantor. Nantinya Anda bisa mengambil paket tersebut dengan menunjukkan nomor resi yang Anda miliki.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Cara Mengecek Nomor Resi

Lantas bagaimana cara mengecek nomor resi? Tentu saja mudah. Jika Anda menggunakan ekspedisi SAP Express, maka Anda bisa mengecek posisi paket Anda dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka laman resmi SAP Express 
  2. Pilih menu ‘Cek Resi’
  3. Tulis atau copy paste nomor resi yang Anda miliki
  4. Masukkan nomor Captcha
  5. Klik ‘Track’
  6. Posisi paket Anda akan terlacak dengan jelas

Saat menulis nomor resi, pastikan seluruh nomornya telah benar Anda tulis. Jika tidak, maka sistem tidak akan dapat keberadaan paket atau eror. Jadi, simpan nomor resi Anda dengan benar dan catat dengan baik untuk mempermudah proses pengiriman. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *