Bisnis

Mengenal Apa Itu Omnichannel Marketing dan Keunggulannya

omnichannel marketing

Sebagai pebisnis, pernahkah Anda mendengar istilah omnichannel marketing? Ya, strategi omnichannel marketing saat ini banyak digunakan oleh para pebisnis karena dianggap relevan dengan perilaku para konsumen yang menggunakan banyak platform dalam mengakses sesuatu. Sebagai contoh, sebelum membeli produk, sangat mungkin calon konsumen mengunjungi lebih dari 1 platform (Instagram, Twitter, Facebook, dll) guna mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Nah, perilaku inilah yang membuat para pebisnis dapat menggunakan strategi omnichannel dalam promosinya. Anda bisa memasang iklan sekaligus di banyak platform yang kemungkinan besar diakses oleh para calon konsumen. 

Untuk tahu lebih lanjut tentang strategi omnichannel marketing dan keunggulannya, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing adalah strategi promosi yang dilakukan melalui banyak platform atau dikenal dengan istilah lintas platform. Dalam strategi marketing ini, Anda dapat menyeragamkan konten di beberapa platform sekaligus. Tujuannya adalah memberikan pengalaman bagi konsumen untuk menikmati konten dengan konsisten. Konsistensi tersebut akan membuat konten terekam oleh konsumen dan berpengaruh terhadap keputusan mereka untuk membeli.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Strategi Mobile Marketing dan Kelebihannya

Pada strategi marketing ini dibutuhkan penyelarasan konten di setiap platform, bila perlu dibuat saling melengkapi. Jadi ketika konsumen hendak mencari info tentang produk A di platform Instagram misalnya, mereka juga bisa menemukan informasi lain tentang produk tersebut yang lebih lengkap di Facebook.

Keunggulan Omnichannel Marketing

Tentu saja bagi konsumen, keunggulan omnichannel marketing adalah mempermudah mereka dalam menemukan dan mengetahui informasi produk. Sedangkan bagi pebisnis, berikut adalah keunggulan omnichannel marketing yang perlu Anda tahu.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan menggunakan strategi omnichannel marketing, brand Anda akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Konsumen yang awalnya tidak tahu produk Anda, lama kelamaan akan kenal dan akhirnya notice dengan produk Anda. Inilah yang membuat brand awareness meningkat.

2. Meningkatkan Penjualan

Setelah mengenal produk, para konsumen akan membuat keputusan apakah akan membeli produk Anda atau tidak. Kabar baiknya, omnichannel marketing akan membuat potensi konsumen untuk membeli produk lebih besar. Hal ini karena brand Anda sudah dikenal dan mereka sudah mendapatkan banyak informasi mengenai produk di banyak platform.

3. Meningkatkan Loyalitas

Omnichannel marketing juga mampu meningkatkan loyalitas konsumen untuk terus membeli dan menggunakan produk Anda. Konsistensi dalam promosi akan memberikan pengalaman yang baik bagi para konsumen untuk setia pada brand Anda.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Inbound Marketing dan Perbedaannya dengan Outbound Marketing

Dengan menggunakan strategi omnichannel marketing dalam berbisnis, Anda bisa meningkatkan penjualan sekaligus memperkenalkan brand lebih luas. Tidak hanya itu, omnichannel marketing juga mudah diterapkan pada bisnis zaman now yang lebih banyak menggunakan pendekatan online dan digital.

peluang usaha agen pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *