Bisnis

Mengenal Apa itu Penetrasi Pasar dan Manfaatnya

penetrasi pasar adalah

Sebelum mengimplementasikan strategi bisnis, Anda tentunya perlu untuk melakukan penetrasi pasar terlebih dahulu. Sebenarnya apa itu penetrasi pasar? Melansir dari Investopedia, penetrasi pasar bisa digunakan untuk menentukan besarnya pasar potensial Anda. Sederhananya, penetrasi pasar berkaitan dengan jumlah pelanggan potensial yang telah membeli produk perusahaan tertentu daripada produk pesaing. 

Lantas apa manfaat dari penetrasi pasar dan cara mengukurnya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Pengertian Penetrasi Pasar

Dikutip dari Hubspot, penetrasi pasar adalah jumlah produk atau layanan yang dijual kepada pelanggan dibandingkan dengan estimasi total pasar untuk produk atau layanan tersebut. Ini merupakan pengukuran yang dapat pemilik bisnis gunakan untuk menentukan ukuran pasar potensial atau membantu mengembangkan strategi untuk meningkatkan pangsa pasar produk atau layanan tertentu. 

Salah satu contoh dari penetrasi pasar adalah melalui penetrasi harga. Ketika memperluas bisnis ke pasar yang baru, banyak dari ritel mencoba meningkatkan penjualan awal dengan menetapkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan pesaing. Hal ini tentunya dapat menghasilkan margin tinggi dengan menjual produk dalam jumlah besar. Setelah loyalitas pelanggan sudah terbentuk, pada umumnya mereka akan kembali ke strategi penetapan harga normal.

Baca Juga : Mengenal Testimoni untuk Menarik Pelanggan!

Manfaat Penetrasi Pasar

Berikut adalah beberapa manfaat dari penetrasi pasar, yaitu antara lain:

1. Untuk Bersaing dengan Kompetitor

Manfaat market penetration yang pertama adalah untuk bersaing dengan kompetitor di industri Anda. Tentunya setiap dari pasar terdiri dari banyak pesaing, dan mereka menawarkan produk atau layanan yang berbeda untuk menarik pangsa pasar pelanggan Anda. Salah satu caranya agar bisa bertahan lama, adalah dengan menawarkan harga yang lebih rendah. Itulah cara yang dapat mendorong pesaing Anda keluar dari pasar. 

2. Pertumbuhan yang Cepat

Apabila tujuan dari kegiatan pemasaran dan promosi adalah untuk meningkatkan pangsa pasar pelanggan, maka penetrasi pasar bisa dilakukan dengan baik. Inilah yang membantu bisnis Anda untuk mengeluarkan pesaing dari pasar dan memperluas basis pelanggan Anda. Sederhananya, pertumbuhan yang cepat dari bisnis bergantung kepada harga yang lebih rendah dan penetrasi pasar. 

3. Hemat Biaya

Manfaat dari penetrasi pasar yang selanjutnya adalah hemat biaya. Saat Anda menawarkan harga untuk meningkatkan pangsa pasar, hal tersebut dapat menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan. Dengan begitu, Anda perlu meningkatkan tingkat produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan. Pesanan yang berulang akan memberi Anda supplier yang lebih baik. 

4. Visibilitas Produk 

Manfaat penetrasi pasar yang selanjutnya adalah visibilitas produk. Dengan adanya penetrasi pasar, pelanggan mungkin mulai mengenali dengan baik manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan. Hasilnya, ekuitas merek (nilai tambah pada merek) pada perusahaan juga dapat meningkat, sebab persepsi publik terhadap suatu perusahaan paling sering meningkat ketika perusahaan menembus pasar baru. 

Baca Juga : Begini Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda!

Cara Mengukur Penetrasi Pasar

Setelah mengetahui mengenai pengertian dan manfaat dari penetrasi pasar, selanjutnya adalah cara mengukur penetrasi pasar. Untuk bisa menghitung penetrasi pasar, Anda perlu mengetahui jumlah pelanggan yang diperoleh perusahaan selain dari total ukuran pasar. Seperti apa rumusnya?

Di bawah ini adalah rumus dari tingkat penetrasi pasar:

(Jumlah Pelanggan / Ukuran Target Pasar) x 100

Ukuran dari target pasar mungkin cukup sulit untuk ditentukan, apalagi jika perusahaan memiliki wilayah geografis yang luas atau menjual barang secara online. Melansir dari Investopedia, ukuran target pasar belum tentu adalah jumlah penduduk suatu wilayah, dan sebaliknya, itu adalah total pelanggan potensial yang bisa dimiliki oleh sebuah perusahaan. 

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai apa itu penetrasi pasar dan manfaatnya bagi bisnis. Dengan memahami bagaimana penetrasi pasar dengan baik, bisnis Anda nantinya dapat bersaing dengan kompetitor di pasar. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *