Bisnis

Mengenal Apa Itu Video Iklan Produk dan Cara Membuatnya

video iklan produk

Ada banyak strategi marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah dengan membuat video iklan produk. Melansir dari laman Cisco, video merupakan konten yang paling banyak dikonsumsi dan ditonton oleh para pengguna internet sepanjang tahun. Inilah yang menyebabkan banyak pebisnis yang berupaya untuk membuat konten iklan berupa video untuk menarik perhatian konsumen.

Nah, untuk tahu lebih banyak tentang video iklan produk, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Video Iklan Produk

Video iklan produk adalah iklan produk yang dikemas dalam bentuk audio visual dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Sebenarnya konten iklan berupa video ini sudah ada dan banyak digunakan sejak dulu dalam bentuk TVC di televisi. Namun tentu saja biaya untuk mengiklankan produk di televisi sangat besar karena produksinya memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit serta membutuhkan alat yang canggih.

Namun sekarang, semua orang bisa membuat video menggunakan perangkat pribadi. Hanya dengan menggunakan smartphone saja, Anda bisa membuat banyak video iklan yang menarik. Tidak heran jika saat ini video iklan produk menjadi salah satu cara yang tepat untuk memperkenalkan produk kepada para calon konsumen. Iklan berupa video lebih mudah dimengerti, dicerna, dan tentunya menarik audiens. 

Baca Juga : Jenis dan Cara Kerja Video Marketing yang Penting Diketahui Pebisnis

Cara Membuat Video Iklan Produk dari HP

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin mudah pula bagi pebisnis untuk membuat video iklan produk sendiri hanya bermodalkan smartphone. Lantas, bagaimana cara membuat video iklan produk dari HP? Berikut langkahnya.

1. Buat Alur yang Menarik

Sebelum membuat video iklan, pastikan Anda telah memiliki skenario terlebih dahulu. Susun skenario cerita terlebih dahulu kemudian pikirkan alur yang menarik. Jika perlu, gunakan konsep sinematik agar video iklan lebih hidup. Tulis dalam sebuah kertas atau notes, video seperti apa yang hendak Anda buat. Anda bisa mencari referensi video di Youtube atau Instagram agar ada gambaran tentang video yang akan dibuat.

2. Setting Tempat

Karena hanya menggunakan HP, maka setting tempat untuk syuting video penting untuk diperhatikan. Anda bisa menggunakan satu meja besar untuk meletakkan produk yang hendak ditawarkan. Atur tata letak sedemikian rupa agar sesuai dengan skenario video yang dibuat.

Jika latar tidak memungkinkan, maka Anda bisa menggunakan background hitam atau putih supaya terlihat simpel namun menarik. Sediakan juga beberapa properti yang mendukung dan sesuai dengan produk, seperti gelas dan piring untuk produk makanan minuman, dan lainnya.

3. Gunakan Tripod

Mengambil gambar menggunakan HP membutuhkan tripod agar Anda tak kerepotan dan menghasilkan gambar yang stabil. Jika menggunakan tangan, maka hasil video tidak stabil dan mudah goyang. Selain itu, agar video yang dihasilkan tidak monoton, Anda juga bisa sedikit menggerakkan kamera HP maju mundur atau kanan kiri. Pergerakan kamera juga memberikan efek yang baik bagi hasil video Anda.

Baca Juga : Serba-serbi Hashtag dan Manfaatnya di Media Sosial yang Perlu Anda Tahu

4. Atur Pencahayaan

Untuk membuat video iklan produk Anda terkesan profesional, jangan lupa untuk atur pencahayaan sedemikian rupa. Gunakan lampu tambahan untuk memberikan efek terang pada video. Gunakan flash untuk memperjelas produk yang Anda iklankan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pencahayaan juga merupakan kunci utama untuk membuat sebuah video terlihat bagus dan menarik.

5. Edit Video

Setelah pengambilan gambar selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengedit video iklan tersebut. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak aplikasi editing video di smartphone yang gratis. Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang paling mudah untuk mulai edit video. Setelah proses edit selesai, maka Anda bisa langsung memposting video iklan produk tersebut di media sosial dan mulai mengiklankan produk.

Nah, itulah beberapa hal tentang video iklan produk yang sebaiknya diketahui oleh para pebisnis. Dengan video iklan yang menarik, tentunya produk Anda akan lebih mudah dikenal dan mudah untuk menjangkau pasar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *