Bisnis

Mengenal Fungsi Logo dan Cara Membuatnya

fungsi logo

Saat membangun sebuah bisnis atau usaha, sangat penting untuk tahu fungsi logo dan bagaimana cara membuatnya dengan tepat. Logo menjadi identitas bagi bisnis agar lebih mudah dikenal oleh konsumen. Jika logo menarik, maka konsumen akan penasaran dan membeli produk Anda.

Dalam membangun bisnis memang ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin usaha bisa berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah pembuatan logo bisnis yang harus tepat dan mampu mencerminkan bisnis yang Anda tawarkan. Dengan begitu, akan lebih mudah produk Anda bisa diterima oleh konsumen.

Namun sudah tahukah Anda apa itu logo, apa fungsinya, dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Logo merupakan identitas bisnis yang bisa berupa gambar, tulisan atau desain yang mampu menggambarkan produk bisnis yang Anda tawarkan. Logo merupakan landasan sebuah merek yang berupa visual dan digunakan oleh perusahaan, organisasi, kelompok atau individu untuk menyatakan identitas mereka.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Logo Produk  Makanan yang Tepat

Membuat sebuah logo berarti menciptakan simbol yang merepresentasikan sebuah bisnis secara keseluruhan. Secara umum, logo terdiri dari brand mark, logotype dan bisa juga disertai menggunakan tagline.

Logo memiliki peran sangat penting khususnya dalam proses branding. Kualitas logo bisa mempengaruhi penjualan sebuah bisnis sehingga logo harus terlihat positif. Logo yang baik adalah yang bisa diingat dengan mudah oleh pelanggan dan mampu membedakan satu merek dengan merek lainnya.

Fungsi Logo dalam Pembuatan

Agar bisa menciptakan logo dengan baik, sebelumnya pastikan Anda juga perlu memahami apa tujuan pembuatan logo terlebih dahulu. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa logo merupakan landasan dari sebuah merek sehingga pembuatan logo harus mampu merepresentasikan bisnis itu sendiri.

Beberapa fungsi penting logo yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Membedakan Bisnis Anda dengan Kompetitor

Fungsi utama dari sebuah logo adalah membedakan satu bisnis dengan bisnis lainnya. khususnya untuk competitor dengan bisnis yang serupa. Sebelum membuat logo, Anda harus melakukan riset pasar untuk mengetahui bagaimana kekuatan competitor. Dengan begitu, Anda bisa mendesain logo yang bisa bisnis lebih menonjol dari competitor.

2. Mengidentifikasi Informasi Penting Tentang Bisnis

Sebuah logo akan menjadi cerminan dan representasi dari sebuah bisnis yang dijalankan. Logo yang bagus harus bisa menyampaikan informasi kepada pelanggan tentang sebuah bisnis hanya dari melihatnya saja. Sebuah logo harus bisa mengkomunikasikan industri di mana bisnis itu bergerak, layanan yang ditawarkan, demografi target hingga nilai-nilai yang mereka anut.

Baca Juga : Begini Tips Membuat Desain Kemasan Produk Agar Menarik Perhatian Konsumen

3. Membangun Brand Awareness

Logo yang mudah diingat oleh konsumen akan memberikan dampak positif terhadap bisnis. Logo harus mampu menciptakan visual yang kuat yang berhubungan dengan bisnis yang ditawarkan. Hubungan ini akan membantu pelanggan untuk lebih mudah mengingat merek sehingga mampu menciptakan brand awareness yang bagus dimana konsumen akan langsung mengingat bisnis Anda hanya dari melihat logo tersebut saja.

4. Meningkatkan Loyalitas Merek

Logo yang bagus bisa membantu bisnis untuk mendapatkan pelanggan setia. Saat sebuah produk menawarkan produk yang berkualitas kepada pelanggan, maka mereka akan cenderung tertarik untuk melakukan transaksi kembali. Dengan kata lain, logo bisnis bisa membantu meningkatkan loyalitas merek dan mempertahankan pelanggan setia.

Cara Membuat Logo Bisnis yang Keren

Logo yang keren adalah logo yang mampu menjadi cerminan dari produk yang ditawarkan. Logo juga harus mudah diingat sehingga akan membantu pelanggan untuk mengenali produk yang Anda tawarkan.

Lantas bagaimana cara membuat logo yang keren? Berikut detailnya.

1. Sederhana

Logo bisnis harus mudah diingat dan kenali oleh konsumen. Maka dari itu, desain logo bisnis harus sederhana dan unik. Dengan cara seperti ini, logo akan bisa mengimplementasikan bisnis dengan mudah di berbagai platform dalam ukuran apapun.

2. Trademark

Trademark merupakan salah satu hal penting dalam sebuah bisnis. Namun sayangnya, kebanyakan bisnis kecil tidak memiliki anggaran untuk mendaftarkan hak cipta dan mempromosikan merek mereka sehingga belum mampu memiliki trademark sendiri. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat logo yang mampu mengkomunikasikan dengan jelas apa dan siapa bisnis tersebut kepada pelanggan dalam sekejap.

3. Komponen

Logo yang bagus harus memiliki komponen yang tepat. Tiga komponen wajib yang harus ada di dalam bisnis antara lain yaitu tipografi yang bagus, warna yang sederhana dan juga elemen visual yang kuat.

Meski terlihat sederhana, nyatanya logo memiliki fungsi yang penting dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, pembuatan logo tidak boleh sembarangan akan tetapi harus mampu merepresentasikan dan memiliki makna positif terhadap bisnis. Dengan begitu, fungsi logo akan mampu membantu untuk membangun bisnis yang lebih besar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.