Bisnis

Mengenal Jastip, Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan

usaha jasa titip

Beberapa waktu belakangan ini, bisnis jastip sepertinya semakin marak dan banyak diminati khususnya di kalangan milenial. Bisnis ini menawarkan jasa untuk membeli barang orang lain dimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga, biaya jasa, transportasi dan lain sebagainya.

Jastip merupakan singkatan dari Jasa Titip. Bisnis ini biasanya ditawarkan di media sosial seperti Instagram dan Twitter. Jastip awalnya populer untuk orang-orang yang ingin membeli produk luar negeri. Akan tetapi saat ini bisnis jastip banyak yang melayani pembelanjaan di dalam negeri seperti membeli oleh-oleh, barang branded, barang diskon, dan lain-lain.

Bisa dibilang jastip adalah bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. Bisnis ini menggunakan sistem pre order dimana pelanggan yang ingin dibelanjakan harus membayar di awal terlebih dahulu. Hal ini membuat bisnis jastip minim risiko, namun bisa mendatangkan untung besar jika Anda bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

Target dari bisnis ini adalah orang yang memiliki kendala baik dalam hal waktu, jarak maupun biaya. Bagi Anda yang hobi traveling dan berbelanja, jastip bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menguntungkan.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis jastip, simak tips memulai usaha jastip berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Jastip

Meskipun terlihat mudah, namun menjalankan bisnis jastip tidak boleh sembarangan jika Anda ingin memperoleh keuntungan besar. Maka dari itu, sebelum mencoba bisnis ini, perhatikan dulu beberapa tips berikut.

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum memulai bisnis jastip, Anda harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Hal ini sangat menentukan produk jastip apa yang akan Anda tawarkan dan apakah akan memiliki pelanggan atau tidak.

Untuk saat ini, target pasar untuk bisnis jastip yang paling potensial adalah anak muda dan generasi milenial. Jadi Anda bisa memilih produk jastip yang populer seperti make up atau aksesoris berupa tas, sepatu, parfum dan lain sebagainya.

Baca juga: Peluang Usaha di Tengah Pandemi Covid-19

2. Menentukan Harga

Dalam bisnis jastip, harga sangat berpengaruh terhadap keuntungan yang akan Anda dapatkan. Pelanggan yang menggunakan jasa titip akan melakukan pre order terlebih dahulu sehingga pembayaran harus dilakukan.

Untuk menentukan harga, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan, seperti kurs jika barang berasal dari luar negeri. Selain itu Anda juga perlu memperhitungkan biaya jastip lainnya seperti biaya transportasi ke tempat belanja. Penentuan harga ini juga menentukan apakah pelanggan akan menggunakan jasa Anda atau tidak.

3. Memiliki Trik Belanja yang Tepat

Saat membuka bisnis jastip, Anda harus memiliki trik belanja yang tepat. Contohnya saja jika Anda ingin membuka biaya jastip luar negeri, ada baiknya memiliki koneksi dengan penyedia produk di negara tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memperoleh barang serta mendapatkan harga yang lebih murah.

Tidak hanya itu, Anda juga harus pintar mencari peluang keuntungan. Salah satunya adalah membeli produk promo seperti buy 1 get 1 free atau memburu barang diskon. Dengan cara seperti ini Anda bisa memperoleh keuntungan lebih besar.

4. Lakukan Promosi yang Efektif

Salah satu trik sukses dari bisnis jastip Indonesia adalah promosi. Anda harus bisa membuat banyak orang mengenal dan tertarik dengan bisnis yang ditawarkan. Salah satu caranya adalah dengan rajin melakukan promosi di media sosial.

Sebelum melakukan promosi pastikan Anda telah melakukan riset untuk mengetahui produk jastip yang tengah populer. Jika ingin lebih mudah dalam cara mengambil untung jastip, cari kenalan orang yang tinggal di luar negeri untuk mengetahui detail produk tersebut. Nantinya pelanggan akan lebih percaya dan tertarik dengan bisnis jastip yang Anda tawarkan.

Baca juga: Peluang Usaha Murah dan Mudah dengan Modal Ratusan Ribu 

5. Atur Waktu dengan Baik

Untuk memulai bisnis jastip, Anda juga harus bisa mengatur waktu seefisien mungkin. Anda perlu memperhatikan waktu untuk kegiatan promosi, berbelanja, hingga mengantarkan barang ke pelanggan dengan baik.

Tidak hanya itu, jastip terpercaya juga harus menyediakan waktu untuk membalas semua chat pelanggan. Dengan cara seperti ini, pelanggan akan nyaman dan percaya sehingga tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Untuk memudahkan pelanggan, Anda juga bisa menyediakan aplikasi jastip khusus. Disini Anda bisa melakukan promosi, update barang hingga mengadakan promo yang pastinya akan memudahkan pelanggan untuk mengenal dan menggunakan bisnis ini.

Di era yang serba canggih ini, mendapatkan barang dari luar negeri bukan lagi hal sulit untuk dilakukan. Selain bisa membeli secara online, Anda juga bisa memanfaatkan jastip untuk memburu barang impian yang sulit didapatkan. Selain lebih efisien, bisnis ini juga menguntungkan kedua belah pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.