Finance

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya

gambar ilustrasi payment gateway

Bagi Anda yang kerap bertransaksi secara online pasti sudah tidak asing dengan istilah payment gateway. Payment gateway adalah sebuah bentuk sistem transaksi yang memungkinkan Anda untuk dapat melakukan proses transaksi dengan lebih mudah dan cepat.

Tidak bisa dipungkiri jika era digitalisasi seperti sekarang ini memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satu contohnya adalah pada proses transaksi yang saat ini dapat dilakukan secara online sehingga lebih praktis dan mudah dan aman dengan memanfaatkan sistem payment gateway.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu payment gateway, bagaimana cara kerja hingga apa keuntungannya, yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Payment Gateway

Payment gateway merupakan sebuah bentuk sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran dalam sebuah transaksi digital. Cara ini membuat proses pembayaran dalam transaksi digital menjadi lebih aman dan mudah.

Proses transaksi yang ada dalam teknologi payment gateway ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari transaksi kredit, debit, transfer bank, atau menggunakan sistem pembayaran langsung jenis lain seperti direct debit, dan e-wallet.

Sistem payment gateway ini biasanya diaplikasikan untuk aktivitas transaksi online dalam pasar global. Salah satu keunggulan dari teknologi payment gateway ini adalah tidak harus melalui bank untuk melakukan validasi dan mengotorisasi transaksi antara merchant dan konsumen.

Baca juga: Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

Cara Kerja Payment Gateway

Payment gateway berperan sebagai perantara website e-commerce dengan pihak merchant bank untuk melakukan transaksi yang aman dan mudah. Adapun cara kerja dan mekanisme dari sistem payment gateway ini adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan membeli produk dari toko online berdasarkan informasi yang ada pada koneksi sumber payment gateway.
  • Payment gateway akan melanjutkan informasi transaksi kepada asosiasi penerbit kartu yang digunakan oleh pelanggan untuk proses pembayaran.
  • Bank akan menerima permintaan tersebut dan mengirimkan balasan kepada prosesor dengan kode khusus.
  • Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan tersebut ke payment gateway dan selanjutnya akan diteruskan ke website dan pemegang kartu kemudian transaksi dinyatakan berhasil.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway

Menggunakan sistem payment gateway dalam proses transaksi online memberikan banyak manfaat, baik untuk pembeli maupun penjual. Berikut ini berbagai keuntungan menggunakan payment gateway yang perlu Anda ketahui:

Keuntungan untuk Pembeli

  1. Dapat melakukan transaksi secara langsung tanpa harus membuka website penjual atau website pihak ketiga.
  2. Belanja online menjadi lebih mudah dan aman.

Keuntungan untuk Penjual

  1. Memudahkan melakukan pemeriksaan pembayaran melalui kartu kredit maupun debit
  2. Melindungi data kartu kredit karena menggunakan teknologi enkripsi data dan informasi saat bertransaksi.
  3. Tidak perlu menyediakan rekening bank karena sistem payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai berbagai rekening bank.
  4. Penjual bisa memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang lebih cepat.
  5. Dilengkapi dengan dashboard yang memudahkan penjual dalam proses rekonsiliasi penjualan.
  6. Memiliki teknologi fraud sehingga aman untuk pengguna kartu kredit

Baca juga: Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Channel Payment Gateway Populer di Indonesia

Seiring meningkatnya kebutuhan akan transaksi online, channel payment gateway juga semakin banyak pilihan. Di bawah ini beberapa contoh payment gateway yang banyak digunakan di Indonesia.

  • FinPay
  • IPaymu
  • Veritrans
  • Doku

Itulah beberapa hal tentang payment gateway yang perlu Anda tahu. Tidak bisa dipungkiri jika saat ini kita telah memasuki era digitalisasi dimana berbagai transaksi sudah bisa dilakukan secara online. Payment gateway adalah salah satu teknologi yang memungkinkan Anda untuk dapat melakukan proses transaksi pembayaran online menjadi  lebih mudah, cepat dan juga aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *