SAPedia

Silica Gel: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

cara menggunakan silica gel

Bagi Anda yang kerap membeli produk kemasan, pasti tidak asing dengan bungkusan kecil berwarna putih yang berisi seperti butiran kaca. Bungkusan tersebut disebut dengan silica gel yang merupakan bahan pengawet agar produk lebih tahan lama.

Mungkin masih banyak yang bingung tentang apa fungsi dari adanya silica gel di dalam kemasan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu silica gel, apa fungsinya hingga bagaimana cara menggunakannya, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Silica Gel 

Silica gel atau sering dikenal juga dengan nama absorbent chemical merupakan butiran seperti kaca yang memiliki bentuk sangat berpori. Benda ini dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Meskipun memiliki nama gel, akan tetapi bentuk benda ini adalah padat.

Silica gel adalah mineral alami yang dimurnikan serta diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk butiran seperti kristal. Benda ini dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat atau NaSiO2. Sol natrium silikat ini memiliki bentuk yang mirip agar-agar namun dapat didehidrasi sehingga berubah bentuk menjadi padat dan menyerupai butiran kaca serta bersifat tidak elastis. Benda ini biasanya dimanfaatkan sebagai pengering, penyerap dan juga penopang katalis. 

Manfaat Silica Gel dalam Kehidupan Sehari-hari

Mungkin masih banyak yang mengira bahwa bungkusan putih berisi butiran kristal ini tidak berguna. Namun nyatanya, silica gel memiliki berbagai manfaat dan fungsi dalam kehidupan manusia. Berikut ini beberapa kegunaan silica gel yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah Karat pada Logam

Silica gel memiliki sifat yang mampu menyerap kelembapan dengan baik. Hal ini membuat silica gel kerap digunakan untuk mencegah pembentukan karat pada logam. Salah satu contohnya adalah silica gel pada kemasan pisau cukur yang digunakan untuk mencegah munculnya karat pada permukaan logam.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Cara Menggunakan Bubble yang Benar

2. Melindungi Tas dan Sepatu

Tidak hanya digunakan untuk produk logam saja, silica gel juga banyak digunakan untuk menyimpan tas dan sepatu. Benda ini mampu menyerap kelembaban sehingga mencegah sepatu dan tas, rusak dan berjamur. Tidak hanya itu, beberapa jenis silica gel juga bisa menyerap bau yang kurang sedap dari sepatu hingga mencegah munculnya jamur.

3. Mencegah Kosmetik Menggumpal

Beberapa jenis atau produk kosmetik juga kerap menambahkan silica gel ke dalam kemasan khususnya untuk produk kosmetik yang berbentuk bubuk. Tujuan penggunaan benda ini untuk mencegah agar bubuk kosmetik tidak mudah menggumpal dan berjamur.  Manfaat silica gel pada kemasan dimaksudkan untuk menjaga produk tetap kering karena bisa menyerap kelembaban dengan sangat baik.

4. Mengeringkan Ponsel yang Basah

Manfaat lainnya dari silica gel adalah dapat digunakan untuk mengeringkan ponsel yang basah. Jika ponsel Anda basah, jangan memasukkan ponsel ke dalam beras, namun carilah silica gel. Benda berbentuk kristal kecil ini mampu menyerap air dengan sangat baik sehingga ponsel Anda akan kering dengan lebih cepat dan maksimal.

Baca juga: 5 Cara Packing Sepatu yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Menggunakan Silica Gel

Silica gel dalam digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah sebagai pengawet dalam kemasan. Cara menggunakannya cukup mudah karena Anda hanya perlu menambahkan kantong silica gel ke dalam kemasan, kemudian tutup rapat dan pastikan tidak ada udara yang bisa masuk.

Tidak hanya di dalam kemasan, silica gel juga bisa digunakan pada ruang penyimpanan tertutup seperti lemari atau kotak sepatu. Cara menggunakannya mudah, Anda hanya perlu meletakkan bungkusan silica gel di sudut-sudut ruang penyimpanan kemudian tutup rapat.

Meskipun kerap diabaikan, nyatanya bungkusan kecil berwarna putih yang ada di berbagai kemasan ini memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting. Maka dari itu, jika nanti Anda menemukan silica gel saat membeli produk, jangan dibuang. Simpanlah silica gel ke dalam wadah yang aman karena  nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.