Bisnis

Mengenal Testimoni untuk Menarik Pelanggan!

testimoni adalah

Pelayanan dan produk yang prima merupakan keutamaan dalam berjualan apalagi penjualan secara online. Testimoni baik adalah hal yang akan Anda dapatkan setelah pelayanan yang bagus juga. 

Penjualan produk adalah peluang bisnis yang sudah bisa dilakukan siapa saja. Oleh karena itu, testimoni bagus toko akan menjadi pembeda antar toko lainnya dan menjadi reputasi yang sangat dibutuhkan.

Untuk itu, Anda harus mengetahui apa itu testimoni, tujuan testimoni untuk bisnis, dan juga cara mendapatkan testimoni agar toko Anda bisa bersaing dengan toko lainnya.

Pengertian Testimoni

Apa itu testimoni? Testimoni adalah sebuah catatan yang ditinggalkan oleh pelanggan setelah menerima produk atau jasa pada sebuah toko. Catatan tersebut bisa bermuatan positif maupun negatif.

Testimoni positif adalah garda terdepan sebuah toko untuk menunjukkan kualitas pelayanan dan produk. Selain itu, testimoni yang baik akan meyakinkan pelanggan baru untuk berbelanja karena melihat pengalaman pelanggan sebelumnya.

Sebaliknya, testimoni negatif akan menjauhkan pelanggan untuk bertransaksi, baik pelanggan baru maupun lama. Hal itu juga akan menambah beban toko untuk bersaing dengan toko lain.

Baca Juga : Pebisnis Wajib Tahu, Ternyata Ini Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan!

Tujuan Testimoni

Dari pengertian testimoni di atas, ternyata testimoni memiliki tujuan yang baik untuk keberlangsungan bisnis, ada apa saja?

1. Menjadi Pembeda

Dalam bisnis penjualan, banyak toko yang menjual produk atau jasa yang serupa, baik dari segi brand maupun harga. Meskipun harga dan brand yang dijual sama, pembeli akan memberikan testimoni yang berbeda, terutama untuk urusan pelayanan dan kepuasan bertransaksi.

Testimoni berperan untuk menjadi pembeda antara toko satu dengan yang lain. Bisa saja pelayanan yang ditawarkan oleh satu toko membuat toko tersebut menjadi lebih baik atau terburuk. Para pembeli pastilah melihat testimoni terlebih dahulu sebelum bertransaksi, baik testimoni bagus maupun buruk. Oleh karena itu, testimoni bisa menjadi alasan utama pembeli bertransaksi.

2. Media Evaluasi

Testimoni buruk tidak selamanya buruk asalkan dijadikan sebuah tempat evaluasi untuk toko yang lebih baik lagi. Catatan tersebut bisa diperbaiki dengan meningkatkan pelayanan, mulai dari responsif, pemilihan kata dan pemilihan jasa pengiriman.

Testimoni buruk juga bisa Anda manfaatkan untuk membuktikan ke pelanggan lain bahwa toko Anda sudah berkembang dan mengevaluasi kesalahan tersebut untuk menjadi toko yang lebih baik.

3. Menarik Pelanggan 

Sebaliknya dari poin nomor 2, testimoni yang baik akan mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru untuk berbelanja di toko. Pelanggan baru pastilah akan melihat testimoni toko terlebih dahulu sebelum bertransaksi. 

Oleh sebab itu, testimoni yang baik adalah hal yang penting untuk kemajuan bisnis. Selain tujuan, testimoni yang baik dan buruk juga ternyata memiliki manfaat untuk bisnis, ada apa saja?.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Komplain Pelanggan dengan Baik dan Contohnya

Manfaat Testimoni

Testimoni yang ditinggalkan pembeli bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan dan kemajuan toko, berikut beberapa manfaat testimoni pelanggan.  

1. Media Pemasaran

Manfaat testimoni pertama adalah bisa menjadi pemasaran untuk toko secara gratis sehingga banyak pelanggan yang tau akan kehadiran toko. Pemasaran tersebut bisa dilakukan tidak hanya oleh penjual, bisa juga dilakukan oleh pembeli.

Pembeli yang puas dengan pelayanan toko bisa melakukan pemasaran secara gratis dengan cara mulut ke mulut atau merekomendasikan ke orang terdekat. Sedangkan penjual, bisa melakukan screenshot dan menunjukan testimoni pembeli untuk ditunjukkan ke pelanggan lain.

2. Bahan Materi Iklan

Jika penjual bingung untuk mencari ide iklan toko, testimoni positif bisa dijadikan sebagai materi iklan untuk sebuah toko. Menggunakan testimoni positif diharapkan bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas serta menguatkan image toko menjadi lebih baik dibandingkan pesaing.

Testimoni positif sebagai materi iklan sudah terbukti ampuh untuk dijadikan pertimbangan seorang pembeli sebelum bertransaksi di toko offline maupun online.

3. Apresiasi Untuk Pelanggan

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, penjual bisa menjadikan testimoni sebagai wadah untuk pelanggan. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak pelanggan yang senang membaca ulang testimoninya dan balasan dari penjual.

Manfaat-manfaat di atas bisa Anda rasakan ketika pembeli merasa puas dengan pelayanan toko. Setelah mengetahui pengertian, tujuan dan manfaat testimoni, ada baiknya Anda mencari tahu juga cara mendapatkan testimoni dari pelanggan.

Cara Mendapatkan Testimoni Positif

Ada banyak cara untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan, testimoni ini sangat dibutuhkan terutama untuk penjual online.

1. Berinteraksi dengan Pelanggan 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan interaksi kepada pelanggan, baik pelanggan yang membeli sedikit maupun banyak.Interaksi yang baik meskipun hanya sebentar bisa menjadi poin lebih dan membuat pelanggan merasa nyaman dan akan memberikan testimoni yang sangat positif. Interaksi juga dapat memberikan kesan ramah serta membantu beberapa permasalahan pembeli terkait dengan produk yang akan dibeli.

Baca Juga : 6 Cara Promosi di Sosmed untuk Mendapatkan Pelanggan

2. Menghargai Testimoni 

Meskipun sudah melayani secara maksimal, toko tetap bisa mendapatkan testimoni negatif dari pembeli. Hargai testimoni dari pelanggan dengan cara tidak menghapus testimoni tersebut atau memberikan kompensasi jika kesalahan yang dibuat sangat fatal.

Salah satu langkah ini akan membuat para pelanggan merasa dihargai dan jika permasalahannya teratasi dengan baik, bukan tidak mungkin mereka akan kembali bertransaksi lagi.

3. Membalas Testimoni Negatif secara Positif

Testimoni negatif adalah hal yang tidak bisa ditebak, pelanggan bisa saja memberikan bintang satu atau menulis kata-kata yang menjatuhkan. Jangan membalas komentar tersebut dengan kata yang kurang sopan, ada baiknya testimoni tersebut dijadikan motivasi untuk menjadi lebih baik agar pelanggan tersebut bisa kembali berbelanja dan mengganti testimoninya.

4. Berperan Aktif di Jejaring Sosial

Selain memberikan testimoni di e-commerce, pelanggan juga sering membagikan testimoninya di sosial media, terutama Facebook. Di sosial media tersebut, banyak grup jual beli berdasarkan daerah masing-masing. Oleh karena itu, Anda dapat bergabung dan melakukan interaksi di grup tersebut.

Keuntungan lainnya jika Anda aktif di sosial media adalah bisa menjadikan platform tersebut sebagai media pemasaran gratis. Dari penjelasan dan manfaat dari testimoni di atas, masih ada satu pertanyaan yang berhubungan dengan testimoni. Apakah itu?

Apakah Testimoni Penting Dalam Bisnis?

Jadi, apakah testimoni penting dalam bisnis? Jawabannya adalah penting untuk kemajuan bisnis terutama di bidang penjualan. Testimoni sangat berguna untuk kemajuan bisnis, seperti bisa menjadi media pemasaran gratis, pembeda dari toko lain, bahan evaluasi, dan materi untuk iklan.

Begitulah penjelasan tentang testimoni serta tujuan dan manfaatnya, adalah hal yang bagus jika Anda meningkatkan pelayanan menjadi lebih prima dari testimoni, baik itu buruk maupun baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *