Logistik

Pahami Apa itu Warehouse dan Berbagai Manfaatnya

apa itu warehouse

Bagi Anda yang memiliki bisnis, warehouse menjadi faktor yang penting dalam operasional bisnis. Warehouse seringkali kita sebut juga dengan gudang, yang merupakan tempat penyimpanan barang. Selain itu, ternyata warehouse juga mempunyai beragam jenis dan manfaatnya, lho! Untuk mengetahui mengenai warehouse lebih lanjut, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa itu Warehouse?

Melansir dari laman Hash Micro, warehouse adalah tempat untuk menyimpan produk, mengemas dan mempersiapkan produk sebelum distribusi, yang biasanya digunakan oleh manufaktur, wholesaler, dan lain-lain. Hal yang membedakan dengan gudang biasa adalah warehouse sudah dilengkapi dengan sistem yang berisi informasi mengenai ketersediaan produk, kondisi dari produk serta status pengiriman produk. 

Baca Juga : Mau Sewa Gudang? Begini Cara Menghitung Biaya Sewa Gudang

Fungsi Warehouse

Berikut adalah beberapa fungsi warehouse, yang perlu Anda ketahui, yaitu antara lain;

1. Penyimpanan

Fungsi warehouse yang pertama yaitu menyediakan ruang penyimpanan untuk peralatan, inventaris, atau barang lainnya. Ini membantu mencegah pemborosan stok dan memastikan perlindungan dan keamanan stok. Barang-barang tersebut lah yang dapat ditahan sejak produksi atau pembeliannya sampai penggunaan dan konsumsinya. Dibalik itu, terdapat dua jenis dari penyimpanan, yaitu:

  1. Penyimpanan Terencana: Hal ini mengacu pada perkiraan penyimpanan yang diperlukan secara hati-hati untuk memenuhi permintaan pelanggan reguer.
  2. Penyimpanan yang Diperpanjang: Ini mengacu kepada persyaratan penyimpanan yang direncanakan, pada umumnya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti permintaan musiman, dan kampanye promosi

2. Pengamanan Barang

Fungsi warehouse yang selanjutnya adalah untuk pengamanan barang. Sebuah warehouse dapat menawarkan perlindungan barang dari kehilangan, pencurian, atau kerusakan karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan seperti panas, angin, debu serta kerusakan. Selain itu, warehouse dapat membuat pengaturan khusus untuk berbagai produk yang disesuaikan dengan sifatnya.

3. Manajemen Informasi

Warehouse bisa melacak mengenai informasi barang dan bahan yang dikirim ke gudang, disimpan serta yang dikirim keluar. Selain itu, informasi lain mengenai gudang dapat dicatat. Hal ini memungkinkan manajer warehouse dan personel yang terkait untuk mendapatkan wawasan akurat untuk memastikan ketersediaan stok, pemrosesan stok dan persyaratan pengisian ulang stok. 

4. Pergerakan Barang

Fungsi warehouse yang selanjutnya adalah pergerakan barang. Ini terdiri atas aktivitas masuk, transfer ke penyimpanan, pemilihan pesanan dan aktivitas keluar. Pergerakan barang di dalam warehouse harus tertata dengan baik agar pesanan tidak terganggu. Oleh sebab itu, infrastruktur gudang, serta sistem perangkat lunak yang digunakan oleh warehouse harus ditingkatkan secara berkala.

Manfaat Warehouse

Selain fungsi warehouse, berikut adalah beberapa dari manfaat warehouse, yaitu antara lain;

1. Distribusi Mudah 

Manfaat warehouse yaitu membuat pendistribusian produk Anda menjadi jauh lebih mudah. Anda bisa mengirim dari gudang ke mana saja di dunia, dengan cepat. Ini sangat bermanfaat saat Anda mengirimkan produk ke luar negeri atau nasional karena akan membantu mengurangi waktu dan biaya pengiriman. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat biaya lebih. 

2. Mengelola Persediaan dengan Baik 

Manfaat warehouse yang selanjutnya adalah bisa membantu Anda mengelola invetaris dengan cara melacak. Misalkan saja bisnis Anda menggunakan toko atau garasi yang kecil untuk menyimpan barang sebelum mengirimkannya ke konsumen terakhir. Dengan gudang, Anda dapat melacak berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan untuk inventaris Anda. 

3. Efisiensi

Dengan menggunakan warehouse, akan memudahkan Anda untuk mengakses stok, serta membuat organisasi Anda lebih efisien. Anda akan lebih cepat menemukan apa yang Anda butuhkan dan hal ini akan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Ketika Anda memiliki lebih sedikit kekacauan, Anda dapat bekerja lebih efisien dan menemukan apa yang Anda butuhkan lebih cepat. 

Baca Juga : Ini 5 Keuntungan Sewa Gudang yang Perlu Anda Tahu

Apakah Warehouse dan Logistik itu Sama?

Untuk Ada yang bertanya-tanya, apakah warehouse dan logistik itu sama, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu warehouse, dan apa itu logistik. Warehouse berfokus kepada keselamatan penyimpanan barang di sebuah gedung. Sedangkan, logistik adalah aspek fungsional dari penyimpanan dan pengiriman dari barang yang disimpan di warehouse. Bisa dikatakan bahwa, warehouse dan logistik berbeda, namun keduanya penting dikolaborasikan secara bersama-sama agar bisnis dapat berjalan dengan efektif.

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai apa itu warehouse dan berbagai manfaatnya. Untuk Anda yang sedang membutuhkan layanan sewa gudang, hubungi kami lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana SAP Express bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *