Finance

Pahami Cara Membaca Laporan Keuangan Dengan Baik

cara membaca laporan keuangan

Untuk Anda yang memiliki bisnis saat ini, penting untuk membuat laporan keuangan secara rutin untuk mengetahui kinerja bisnis Anda. Melansir dari Investopedia, laporan keuangan adalah catatan tertulis yang menyampaikan kegiatan bisnis dan kinerja keuangan suatu bisnis. Nah, laporan keuangan ini bisa dimanfaatkan oleh investor, analis pasar, serta kreditor untuk mengevaluasi kesehatan keuangan dan potensi pendapatan perusahaan. 

Lantas, bagaimana cara membaca laporan keuangan dengan baik? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca Juga : Apa Arti dan Peran Akuntansi untuk Kemajuan Bisnis?

Tujuan Membaca Laporan Keuangan

Berikut adalah beberapa tujuan dari membaca laporan keuangan, yaitu antara lain:

1. Untuk Mengetahui Arus Kas

Tujuan pertama dari membaca laporan keuangan adalah untuk mengetahui arus kas. Istilah arus kas (cash flow) merujuk pada jumlah bersih kas, kas yang diterima merupakan arus masuk, sementara kas yang dibelanjakan mewakili arus keluar. Dengan mengetahui arus kas, bisa dilihat bagaimana kemampuan sebuah perusahaan membayar kewajiban. Hal ini juga membantu bisnis mempertahankan dan menjaga pengeluaran bisnis.

2. Untuk Penyusunan Anggaran

Tentunya setiap bisnis memiliki sebuah tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, bisnis perlu mengetahui sasarannya. Tujuan dari laporan keuangan yaitu menyiapkan cetak biru untuk masa depan dengan menganalisis laporan keuangan masa lalu yang sudah disiapkan dan diaudit.  Selain itu, Anggaran membantu menjaga pengeluaran sejalan dengan pendapatan serta penjualan. 

3. Tinjauan Liabilitas

Laporan keuangan menggambarkan kewajiban jangka pendek serta jangka panjang bisnis. Apabila pemilik bisnis ingin memperluas usahanya, perlu dilihat laporan posisi keuangan dan menyimpulkan apakah harus mengurangi kewajiban yang ada untuk mengajukan ekspansi lebih lanjut. Pemberi modal nantinya bisa menentukan prospek bisnis berdasarkan pendapatan, aset dan kewajiban pada laporan keuangan. 

Baca Juga : Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

Tips Penting Membaca Laporan Keuangan

Berikut adalah tips penting dalam membaca laporan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Periksa Arus Kas dari Keuntungan

Tujuan utama dari bisnis bukan hanya untuk menghasilkan keuntungan, tetapi juga untuk menghasilkan arus kas dari keuntungan secepat mungkin. Arus kas dari menghasilkan laba merupakan arus kas masuk yang paling penting bagi sebuah bisnis. Selain itu, arus kas ini juga dibutuhkan untuk melakukan distribusi kas dari keuntungan kepada pemilik saham, untuk menjaga likuiditas, serta untuk menambah sumber modal lain untuk mengembangkan bisnis. 

2. Perhatikan Kinerja Laba

Sebuah bisnis bisa memperoleh laba dengan menghasilkan penjualan dan dengan menjaga pengeluaran lebih kecil dari pendapatan penjualan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda fokuskan seperti; bagaimana pendapatan penjualan di tahun terakhir dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan berapa rasio margin kotor bisnis. Istilah margin kotor ini merupakan metrik yang menggambarkan seberapa efisien sebuah bisnis. 

3. Tingkatkan Pemahaman Mengenai Akuntansi

Laporan seperti laba rugi, neraca dan laporan arus kas merupakan inti dari laporan keuangan. Untuk memahami laporan keuangan secara menyeluruh, Anda perlu meningkatkan pemahaman mengenai akuntansi, setidaknya secara dasarnya. Oleh sebab itu, belajar lagi mengenai dasar-dasar akuntansi, serta istilah-istilahnya agar Anda nantinya familiar dengan laporan keuangan.

Baca Juga : Analisis Keuangan: Pengertian, Tujuan dan Metode Analisisnya

4. Kenali Kemungkinan Adanya Penyajian Kembali dan Penipuan

Tips penting membaca laporan keuangan yang selanjutnya adalah kenali kemungkinan adanya penipuan. Saat sebuah bisnis menyajikan kembali laporan keuangan aslinya dan mengeluarkan versi baru, itu tidak memberikan ganti rugi atas kerugian yang diderita investor dengan mengandalkan laporan keuangan yang dilaporkan semula. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apakah laporan keuangan merupakan versi asli atau penyajian kembali.

Nah, demikianlah cara membaca laporan keuangan dengan baik. Ikuti tips di atas untuk mengetahui mengenai laporan keuangan Anda. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *