Bisnis

Pebisnis Wajib Tahu, Ternyata Ini Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan!

kepuasan pelanggan

Setiap pebisnis pasti menginginkan usahanya terus maju dan berkembang serta mendapatkan keuntungan. Untuk mencapai hal tersebut, ada banyak faktor yang tidak boleh lupa diperhatikan. Salah satunya adalah kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan akan mendatangkan keuntungan terus menerus bagi perusahaan, lantaran pelanggan adalah faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu bisnis. Bayangkan jika pelanggan Anda tidak puas lantaran meninggalkan produk Anda, maka Anda akan berpotensi merugi. Untuk itulah, kepuasan pelanggan menjadi poin yang tidak boleh terlewat.

Lantas apa itu kepuasan pelanggan dan faktor apa saja yang mempengaruhinya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan indikator puas tidaknya pelanggan terhadap produk atau jasa yang ia terima. Kepuasan tersebut bisa didapat ketika ekspektasi pelanggan sama dengan layanan yang diterima. 

Kepuasan pelanggan juga dapat diartikan sebagai kebutuhan serta keinginan pelanggan dalam memenuhi keinginannya, Tentu dalam hal ini mendapatkan barang atau jasa dengan kualitas dan layanan yang terbaik adalah goals-nya.

Baca Juga : Mau Memulai Bisnis? Inilah Cara Membuat dan Contoh Perencanaan Usaha

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Setelah paham apa itu kepuasan pelanggan, Anda pun perlu tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Terlebih bagi para pebisnis, menemukan kepuasan pelanggan sangat krusial untuk keberlangsungan bisnisnya. Lantas, apa saja faktornya?

1. Pelayanan

Pelayanan merupakan salah satu faktor yang banyak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Bahkan pelayanan merupakan pilar utama dari sebuah jasa guna menjaga dan meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, maka kemungkinan pelanggan untuk merasa puas terhadap produk Anda semakin besar. 

2. Kualitas

Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas produk. Kualitas produk merupakan bentuk yang menentukan seberapa puas pelanggan terhadap produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu, setiap pebisnis perlu memastikan bahwa produk yang dijual merupakan produk yang berkualitas tinggi dan layak dinikmati oleh setiap pelanggan. Pastikan produk memiliki daya saing yang baik serta bermanfaat sehingga ekspektasi dari pelanggan dapat terpenuhi.

3. Harga

Kepuasan pelanggan tidak akan jauh dari harga. Karena sejatinya harga yang ditawarkan menjadi sebuah tolak ukur dari produk tersebut, Harga sangat mencerminkan bahan baku produk, skill pembuatan produk, serta kualitas. Meskipun demikian, harga juga harus sesuai dengan permintaan pasar berdasarkan riset pasar yang telah dilakukan. Untuk itulah harga yang pas akan menjadi faktor yang banyak berpengaruh terhadap puas tidaknya pelanggan.

4. Strategi Pemasaran

Tidak hanya ketiga faktor di atas, faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah strategi promosi. Melalui sebuah promosi, artinya perusahaan sedang berusaha untuk meningkatkan penjualan serta menciptakan loyalitas dari para pelanggan. Jika promosi yang dilakukan baik dan tepat sasaran, ditambah dengan kualitas produk yang baik, maka kepuasan pelanggan akan meningkat.

Baca Juga : Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Berikutnya, Anda sebagai pebisnis perlu tahu bagaimana cara mempertahankan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan agar tetap setia menggunakan produk Anda, antara lain:

1. Sediakan Saluran Keluhan Pelanggan

Untuk mempertahankan pelanggan, Anda perlu menambahkan saluran keluhan pelanggan pada layanan bisnis Anda. Dengan menyediakan saluran tersebut, Anda bisa tahu apa yang dirasakan oleh pelanggan terhadap produk Anda. Kekecewaan dan keluh kesah mereka akan terbaca dan menjadi sebuah perbaikan bagi layanan bisnis. Bahkan para pelanggan akan merasa puas setelah meluapkan kekecewaan tersebut, alih-alih menyalurkannya di tempat lain yang tidak tepat.

2. Cek Laporan Penjualan

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, Anda bisa mengecek laporan penjualan dengan teliti. Lihatlah seberapa banyak pelanggan yang melakukan repeat order terhadap produk Anda. Dan lihat juga berapa banyak orang yang tidak kembali pada Anda setelah 1 kali membeli produk. Lalu bandingkan keduanya. 

Jika lebih banyak pelanggan yang kembali, artinya mereka puas terhadap produk Anda, begitu juga sebaliknya. Anda pun juga perlu mengecek produk mana saja yang laris dan produk mana saja yang tidak laku, kemudian lakukan evaluasi.

3. TIngkatkan Pelayanan

Cara berikutnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan meningkatkan pelayanan dan produk. Bila perlu tambahkan layanan gratis untuk beberapa produk, atau berikan promo yang menggiurkan. Tambahkan juga layanan purna jual seperti garansi produk yang membuat para pelanggan merasa lebih tenang setelah membeli produk Anda. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas produk agar pelanggan tidak berpaling ke kompetitor.

Itulah ulasan lengkap tentang kepuasan pelanggan, termasuk faktor yang mempengaruhi dan cara meningkatkannya. Semoga ulasan ini membantu Anda dalam meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *