Logistik

Pengiriman Kargo Darat, Apakah Cukup Aman Untuk Barang?

pengiriman kargo darat

Bagi Anda yang sering mengirim barang dalam jumlah yang besar, mungkin Anda akan familiar dengan yang namanya kargo. Pengiriman kargo ini ada bermacam-macam, ada yang pengiriman kargo melalui udara, laut, maupun via darat. Untuk ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai pengiriman kargo darat, apakah cukup aman untuk barang yang dikirim? Yuk simak ulasan selengkapnya untuk informasinya!

Pengertian Pengiriman Kargo

Bagi Anda yang sering membeli paket via e-commerce, tentunya Anda akan terbiasa dengan pengiriman logistik yang dikirim kurir dalam jangka waktu tertentu. Nah, bagaimana dengan barang yang begitu banyak? Pengiriman kargo lah solusinya. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menawarkan pengiriman kargo, baik itu melalui udara, laut maupun darat. Untuk Anda yang mau mengirim produk dalam jumlah besar, tapi ingin cepat sampai, Anda bisa memilih opsi pengiriman kargo via udara. Secara singkat, pengiriman kargo ini dapat dimanfaatkan untuk mengirim barang-barang yang berat. 

Apakah Pengiriman Kargo Aman?

Untuk mengetahui apakah pengiriman kargo darat aman atau tidak, pertama-tama Anda perlu mengetahui bahwa setiap pengiriman kargo memiliki plus dan juga minusnya. Apabila Anda ingin melakukan pengiriman kargo darat, pada umumnya hanya berlaku untuk jalur tertentu, dan memiliki batasan jarak tempuh. Untuk memastikan kargo Anda aman, tanyakan pada jasa pengiriman kargo Anda, apakah mereka dilengkapi dengan asuransi. Selain itu, cari jasa pengiriman yang cukup terpercaya untuk mengirim barang Anda. 

Nah, untuk Anda yang hanya ingin mengirim barang dalam wilayah yang terbatas, seperti dalam pulau yang sama, Anda bisa memilih opsi pengiriman kargo darat ini. Biasanya biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah, dibandingkan dengan pengiriman kargo via lainnya seperti udara dan laut. 

Baca Juga : Kargo: Pengertian, Jenis dan Tips Melakukan Pengirimannya

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Kargo Darat

Sebelum Anda memilih pengiriman kargo darat, yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari pengiriman tersebut!

Kelebihan:

  • Harga yang lebih terjangkau: Hal ini bisa disebabkan oleh biaya operasional barang yang dikeluarkan tidak sebanyak pengiriman kargo via laut maupun udara. 
  • Pengiriman yang lebih beragam: Apabila Anda ingin mengirim barang dengan ukuran besar, Anda bisa menggunakan pengiriman kargo darat ini.
  • Prosedur cukup mudah: Dibandingkan dengan proses pengiriman barang via udara dan laut, jasa pengiriman kargo lebih mudah dalam hal administrasi.
  • Pengiriman terbaik untuk jarak pendek: Karena jasa pengiriman kargo darat lebih ekonomis dan cepat untuk mengangkut barang dan kargo jarak pendek, hal ini tentunya bisa meminimalisir keterlambatan pengiriman barang akibat dari loading dan handling.  

Kekurangan: 

Dibalik kelebihan dari pengiriman kargo darat, tentunya pengiriman ini juga memiliki kekurangannya tersendiri, yaitu sebagai berikut:

  • Waktu pengiriman yang lama: Meski tidak selalu lama, biasanya pengiriman kargo darat memakan waktu yang lebih lama dibandingkan jalur lainnya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu contohnya adalah infrastruktur jalan yang rusak. 
  • Risiko kerusakan barang: Pengiriman kargo via darat ini juga memiliki resiko kerusakan, yang bisa dikarenakan kondisi jalan yang tidak teratur serta packing yang kurang diperhatikan. 
  • Kondisi alam yang tidak bisa diprediksi: Kondisi alam saat pengiriman kargo darat, tentunya tidak bisa kita prediksi. Khususnya ketika musim hujan, yang kerap kali bisa menyebabkan banjir dan menyebabkan jalanan tidak layak. Hal tersebut bisa menimbulkan risiko pengiriman terlambat.
  • Barang tercampur dengan milik orang lain: Kekurangan lainnya adalah risiko barang yang bisa tercampur dengan barang orang lain. Hal ini bisa memicu barang pengirim tertukar dengan yang lain. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai pengiriman kargo darat. Semoga dengan memahami berbagai kelebihan, Anda bisa memilih jasa pengiriman kargo dengan tepat. SAP Express bisa menjadi solusi bagi Anda, yaitu Last Mile Delivery, yang menawarkan jasa pengiriman kargo mulai dari 5 kg. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya mengenai pengiriman kargo. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *