Logistik

Pentingnya Informasi Nilai Barang Saat Mengirimkan Paket, Berikut Alasannya

nilai barang pengiriman

Dalam proses pengiriman barang kemungkinan barang kiriman hilang dan rusak bisa terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut alangkah baiknya anda menggunakan asuransi pengiriman untuk memberikan perlindungan terhadap kiriman Anda.

Untuk menentukan biaya asuransi dan klaim asuransi dibutuhkan nilai barang secara aktual. Oleh karena itu, menginformasikan nilai barang secara aktual sangatlah penting karena nilai barang akan menjadi acuan dalam menentukan klaim asuransi yang akan didapatkan.

Baca juga: Kenali Asuransi Pengiriman Barang SAP Express, Wajib Tahu!

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nilai barang, simak ulasan berikut:

Apa itu Nilai Barang?

Nilai barang adalah harga atau nilai aktual dari sebuah barang pada saat barang tersebut dibeli. Dalam pengiriman barang, nilai barang penting untuk diinformasikan kepada pihak ekspedisi untuk mengantisipasi apabila dalam proses pengiriman barang tersebut mengalami kerusakan atau kehilangan.

Nilai barang harus diisi dengan benar dan sesuai dengan harga aktual barang, hal ini diperlukan agar pihak asuransi dapat memberikan ganti rugi sesuai dengan perhitungan nilai barang yang tepat. Jika nilai barang yang dikirimkan sangat tinggi, maka premi asuransi yang dibayarkan juga akan semakin tinggi.

Manfaat Mencantumkan Nilai Barang

Ketika barang kiriman mengalami kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai dengan nilai barang yang tertera pada formulir pengiriman. Apabila nilai barang diisi tidak sesuai dengan nilai barang hal ini akan menjadi kerugian baik bagi pengirim maupun penerima, karena perhitungan tersebut tidak sesuai.

Pencantuman nilai barang secara aktual juga sangat bermanfaat ketika barang yang dikirim tersebut merupakan barang berharga, hal ini mengurangi resiko atau kerugian penggantian biaya secara pribadi.

Baca juga: 5 Cara Agar Paket Cepat Sampai Dengan Aman

Ada berbagai keuntungan jika mencantumkan nilai barang secara aktual, diantaranya adalah:

  1. Ketika nilai barang diisi dengan sebenarnya sesuai dengan harga barang, maka perhitungan klaim asuransi akan sesuai dengan nilai barang
  2. Pengirim akan merasa aman selama proses pengiriman, karena mencantumkan nilai barang secara aktual
  3. Biaya asuransi yang murah hanya dengan perhitungan 0,3% dari nilai barang ditambah dengan biaya administrasi.
  4. Pihak asuransi dan perusahaan dapat melakukan penggantian kerusakan atau kehilangan kiriman barang atau dokumen secara maksimum sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Secara keseluruhan, asuransi pengiriman sangat penting untuk melindungi bisnis dari risiko kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman. Meskipun premi yang dibayarkan bisa menjadi semakin tinggi seiring dengan meningkatnya nilai barang, nilai asuransi yang diperoleh bisa jauh lebih besar dari kerugian finansial yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan dengan matang ketika akan memilih asuransi pengiriman untuk bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *