Bisnis

Wajib Tahu, Ternyata Ini Pentingnya Membuat Video Unboxing Bagi Pebisnis!

wanita sedang membuat video unboxing

Maraknya penjualan produk secara online membuat para pebisnis perlu membuat video unboxing guna menarik perhatian calon pembeli. Melalui video unboxing, calon pembeli akan lebih paham mengenai produk yang Anda jual. 

Saat membeli barang secara online, pembeli memang tidak bisa melihat dan meraba secara langsung barang yang mereka beli. Akhirnya, untuk melihat apakah produk yang hendak dibeli memiliki kualitas yang baik atau tidak, mereka akan melihat review dari para pengguna lainnya. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis dapat memanfaatkan momen ini untuk membuat review produk melalui video unboxing.

Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa itu video unboxing dan apa saja manfaatnya bagi bisnis, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Video Unboxing

Dari segi bahasa, unboxing berarti membuka kemasan. Sedangkan video unboxing artinya video yang berisi kegiatan membuka atau membongkar kemasan yang baru saja dibeli dengan tujuan untuk melihat isi yang ada di dalam kemasan tersebut.

Video unboxing juga memuat review atau ulasan dari produk yang dibeli. Umumnya, video akan dimulai dari proses membuka paket, membongkar isi, memperlihatkan apa isi dari paket tersebut, serta sedikit mengulas tentang manfaat atau kegunaan produk.

Baca juga: Begini Cara Live Streaming Saat Jualan di Facebook, Mudah!

Manfaat Video Unboxing

Bagi calon pembeli, video unboxing berguna untuk mengetahui review atau ulasan dari produk yang akan dibeli. Terlebih dapat membeli online, pembeli akan sulit untuk mengetahui isi dan kualitas produk tersebut. Nah, melalui video unboxing, pembeli bisa memiliki gambaran mengenai produk, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Sedangkan bagi sebuah bisnis, video unboxing bisa menjadi strategi promosi yang tepat. Anda bisa bekerja sama dengan influencer untuk membuat video unboxing yang berisi tentang review produk Anda. Dengan adanya video unboxing, calon pembeli akan lebih percaya pada produk yang ditawarkan dan kemungkinan mereka untuk membeli semakin besar. 

Tips Membuat Video Unboxing

Bagi Anda yang akan membuat video unboxing untuk produk, pastikan Anda menjajal tips di bawah ini agar mampu menyasar calon pembeli dengan tepat.

1. Pastikan Kualitas Kamera Baik

Mengingat pentingnya video unboxing untuk sebuah bisnis, pastikan Anda telah menyiapkan kamera dengan pencahayaan baik untuk video Anda. Gunakan kamera yang jernih dengan bantuan tripod untuk membantu Anda dalam membuat video.

2. Siapkan Produk dengan Kemasan yang Belum Dibuka

Pastikan produk yang akan direview belum terbuka kemasannya. Talent pada video hanya boleh membuka kemasan pertama kali saat kamera sudah siap.

3. Siapkan Naskah/Materi untuk Review

Agar video unboxing bisa terarah, Anda perlu menyiapkan materi atau naskah terlebih dahulu. Tulis apa saja yang hendak diulas pada video agar review produk Anda terlihat natural dan terpercaya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Lead dan Manfaatnya dalam Bisnis

Nah, itulah beberapa hal mengenai pentingnya membuat video unboxing bagi bisnis Anda. Semakin baik video unboxing yang Anda buat, maka semakin tinggi juga potensi penjualan produk Anda. Selamat mencoba!

peluang usaha agen pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.