Bisnis

Pentingnya Pengembangan Usaha dan Strateginya

pengembangan usaha

Untuk bisa bersaing dengan kompetitor bisnis di pasar Anda, tentunya Anda perlu melakukan perubahan-perubahan dengan cara pengembangan usaha. Kalau tidak, bisnis Anda tidak bisa berkembang nantinya. Pengembangan usaha sendiri mencakup mengenai ide, aktivitas, serta inisiatif luas yang diterapkan oleh pemilik dan manajemen bisnis dengan tujuan menjadikan bisnis menjadi lebih baik.

Lalu apa itu pengembangan bisnis dan bagaimana strateginya? Simak ulasan berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Pengertian Pengembangan Usaha

Secara umum, pengembangan usaha adalah penciptaan jangka panjang bagi organisasi dari pelanggan, pasar, dan interaksi di dalamnya. Mungkin Anda sering mendengar istilah business development, yang berarti orang-orang yang bertugas atas pengembangan usaha suatu perusahaan. Ini termasuk hal ekspansi bisnis, meningkatkan profitabilitas dengan membangun kemitraan strategi, dan membuat keputusan bisnis strategis. 

Baca Juga : Harga Pokok Penjualan: Komponen, Cara Menghitung, dan Contoh Perhitungannya

Jenis-jenis Pengembangan Usaha

Berikut adalah jenis-jenis dari pengembangan usaha, seperti yang dilansir dari laman Firneo, yaitu antara lain:

1. Kemitraan Produk Bersama

Jenis pengembangan usaha yang pertama adalah kemitraan produk bersama. Kemitraan ini bisa terjadi ketika dua atau lebih perusahaan bergabung untuk mengeluarkan produk baru atau fitur baru, yang bertujuan untuk meningkatkan produk yang sudah ada. Nah, untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis, Anda juga bisa berkolaborasi dengan pihak lain. Tidak ada salahnya kan untuk mencoba?

2. Kemitraan atau Aliansi Strategis

Jenis pengembangan usaha yang selanjutnya adalah kemitraan atau aliansi strategis, yang dapat terjadi ketika dua perusahaan terlibat dalam kemitraan yang saling menguntungkan namun tetap terpisah. Ini juga mengenai kreativitas menyelesaikan kemitraan yang menguntungkan kedua belah pihak. Kemitraan ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens atau pasar baru dengan memanfaatkan platform satu sama lain yang sudah mapan. 

3. Program Mitra Saluran

Program mitra saluran ini mencakup kemitraan di mana bisnis mengadakan perjanjian dengan pihak ketiga untuk memasarkan atau menjual produk atau layanan mereka ke audiens yang lebih luas. Sebagai tanda ‘terima kasih’ kepada pihak ketiga, perusahaan bisa menawarkan komisi penjualan atau insentif lain, dan memberikan lebih banyak penjualan kepada perusahaan dan nilai lebih pada pihak ketiga. 

4. Kemitraan Konten

Jenis pengembangan usaha yang selanjutnya adalah kemitraan konten. Seperti namanya, hal ini dapat dilakukan dua atau lebih perusahaan untuk berkolaborasi membuat konten bersama. Pada umumnya, satu perusahaan mencari kesadaran merek sementara yang lain mendapatkan manfaat dari konten aktual yang dibuat, meski keduanya mungkin mendapatkan manfaat dari pembuatan konten bersama seperti acara langsung atau webinar. 

Baca Juga : Begini Pentingnya Strategi Penetapan Harga Untuk Bisnis Anda

Apa Saja Strategi Pengembangan Usaha?

Untuk Anda yang ingin melakukan pengembangan usaha, berikut adalah beberapa strategi pengembangan usaha yang bisa Anda terapkan, yaitu antara lain;

1. Pahami Kompetitor Anda

Sebelum Anda mengembangkan rencana strategis Anda, pertama-tama Anda perlu mengetahui mengenai persaingan di industri Anda. Saat Anda tahu siapa pelanggan ideal Anda dan masalah apa yang ingin mereka selesaikan dengan produk atau layanan Anda, teliti siapa lagi yang memberikan solusi yang layak di industri Anda. Riset juga mengenai perusahaan lain yang beroperasi di tempat Anda, fitur apa yang mereka miliki dan seberapa kompetitif harga produk mereka.

2. Kembangkan Hubungan Pelanggan Jangka Panjang

Strategi pengembangan usaha yang selanjutnya adalah dengan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda selama ini sudah terlibat dengan pelanggan? Apabila tidak, kini saatnya untuk mengembangkan rencana agar hubungan jangka panjang terjadi. Sebagian besar dari bisnis perusahaan pun berasal dari pelanggan tetap, dan pelanggan yang kembali lebih murah untuk dikonversi. 

3. Jaga Konten Website Tetap Update

Kapan terakhir kali perusahaan Anda melakukan penyegaran pada website? Apakah semua tautan berfungsi, dan apakah situs Anda mudah dinavigasi? Nah, kalau belum, jaga agar website Anda tetap update dan mudah digunakan oleh pengguna. Hindari mempersulit calon pelanggan untuk menghubungi Anda atau membeli produk Anda secara langsung dengan update website Anda secara berkala. 

Kenapa Pengembangan Usaha Perlu Dilakukan?

Dalam hal pengembangan organisasi, pengembangan usaha perlu dilakukan. Sebab pengembangan usaha adalah benang yang menyatukan segala fungsi atau departemen perusahaan, membantu bisnis memperluas dan meningkatkan penjualan, pendapatan, penawaran produk, bakat, layanan pelanggan, dan kesadaran merek. Mengapa pengembangan usaha begitu penting?

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Sukses

Pengembangan usaha perlu dilakukan, sebab penting untuk membangun hubungan. Baik itu memupuk bakat baru, berjejaring dengan calon mitra, ataupun mendekati pelanggan yang potensial. Terhubung dengan klien, kolega, dan anggota lain dari jaringan seseorang dapat menjadi dasar untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru, serta menghasilkan prospek. 

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai pentingnya pengembangan usaha dan strateginya. Lakukan strategi pengembangan usaha, agar bisnis Anda tetap berjalan dan bisa bersaing dengan para kompetitor di luar sana. Semoga sukses ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *