Bisnis

Remarketing : Pengertian, Manfaat, Perbedaan dengan Retargeting

remarketing

Apakah yang dimaksud dengan remarketing? Pertanyaan mengenai hal ini pasti sering Anda dengar. Istilah yang berhubungan dengan penjualan dan strateginya ini cukup penting sekali untuk diketahui oleh pebisnis. Oleh sebab itulah perlu diketahui sehingga nantinya dapat menyusun sistem strategi penjualan yang dapat memudahkan Anda kedepannya. Nah untuk itu kami akan mengupasnya secara tuntas. Berikut ini pembahasan khusus untuk mempermudah Anda dalam memahaminya lebih jauh lagi.

Pengertian Remarketing

Remarketing adalah ketika Anda mengambil tindakan untuk melibatkan kembali pelanggan berdasarkan pembelian mereka sebelumnya. Ini adalah bagian penting dari strategi retensi pelanggan dan sering dilakukan melalui pemasaran email.

Anda dapat mengirim buletin bulanan untuk memberi tahu orang-orang di daftar email Anda tentang apa yang terjadi dengan perusahaan Anda. Anda juga dapat mengirim email untuk memberitahu pelanggan Anda tentang penjualan atau penawaran produk yang terkait dengan pembelian mereka sebelumnya.

Misalnya, Anda memiliki situs web yang menjual produk bayi. Seseorang yang membeli popok mungkin tertarik untuk membeli lebih banyak popok di masa mendatang. Atau mereka mungkin tertarik untuk membeli kebutuhan bayi lainnya seperti tisu bayi, atau susu formula. Anda juga bisa memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk baru yang sekarang Anda tawarkan. Jika pelanggan sudah lama tidak melakukan pembelian baru, Anda dapat menawarkan kupon atau insentif lainnya.

Intinya, Remarketing adalah tentang membawa kembali orang-orang yang telah membeli produk atau jasa yang Anda jual. Setelah pelanggan melakukan pembelian, Anda tentunya ingin mempertahankan minat dan keterlibatan mereka dengan perusahaan Anda.

Baca Juga : Yuk, Intip Perbedaan Paid Promote dan Endorse Berikut Ini!

Perbedaan Remarketing dan Retargeting

Pernahkah Anda menelusuri Facebook dan melihat iklan untuk produk yang baru saja Anda lihat di situs web lain? Ini adalah contoh retargeting, yang tidak boleh disamakan dengan remarketing. Sementara retargeting melibatkan kembali orang-orang yang telah mengunjungi profil sosial atau situs web mereka, remarketing berfokus pada melibatkan kembali pelanggan lama – seringkali dengan email.

Meskipun kedua strategi pemasaran ini memiliki tujuan yang sama (untuk membuat Anda mengklik dan membeli), keduanya memiliki teknik dan taktik yang sangat berbeda. Strategi pemasaran digital Anda harus mencakup retargeting dan remarketing ulang untuk melakukan segmentasi secara efektif, dan melibatkan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada serta mengarahkan mereka melalui corong penjualan Anda.

Manfaat Remarketing dan Retargeting

Remarketing membantu Anda mempertahankan atau terhubung kembali dengan orang-orang yang pernah mengunjungi situs web Anda sebelumnya. Optimalkan iklan, tawaran, dan kata kunci Anda untuk grup unik pengunjung kembali, seperti yang mengunjungi beranda Anda atau meninggalkan keranjang belanja.

Sementara itu, setelah melakukan retargeting dengan iklan, pengunjung situs web 70% lebih mungkin untuk berkonversi di situs web Anda dan rasio klik-tayang rata-rata untuk iklan yang ditargetkan ulang adalah 0,7%. Efektivitas retargeting menjadi cukup jelas dengan manfaat langsung yang dapat diperoleh darinya. Karena audiens target sudah tertarik, sumber daya yang diinvestasikan dalam strategi terbukti sangat efektif. Ini juga menawarkan fleksibilitas besar dalam jumlah investasi, sehingga dapat digunakan oleh usaha menengah dan kecil dengan anggaran terikat dalam periklanan.

Tips Melakukan Targeting

Sebelum melakukan retargeting, pahami terlebih dahulu mengenai persaingan pasar dan berkomunikasi kepada calon target pasar tersebut. Selain itu, adapun beberapa kiat utama untuk menyiapkan kampanye penargetan ulang yang berhasil:

1. Gunakan pesan atau materi iklan yang berbeda untuk melibatkan kembali audiens Anda

Menayangkan iklan yang telah dilihat pengguna atau mengarahkan mereka ke bagian yang sama dari situs web yang telah mereka kunjungi dapat menjadi tidak efektif. Alih-alih, jika Anda menghabiskan waktu menyesuaikan pesan dengan ajakan yang kuat dan melibatkan materi iklan yang mendorong pengguna langsung ke titik konversi akan memudahkan mereka mengambil tindakan yang diinginkan. Jika tujuan pencarian calon pelanggan adalah untuk mendorong kesadaran dan keterlibatan, maka penargetan ulang harus difokuskan agar pengguna mengambil tindakan.

2. Kecualikan pemirsa yang telah berkonversi

Sangat disarankan untuk mengecualikan pengguna yang telah berkonversi di kampanye Anda untuk memastikan Anda benar-benar terhubung dengan pengguna yang belum melakukan tindakan utama yang diinginkan. Namun, tidak masalah jika Anda menargetkan ulang pengguna yang sudah melakukan konversi terhadap titik konversi sekunder dan belum menyelesaikan tindakan utama. Mengecualikan audiens yang telah melakukan konversi akan membantu mengurangi pemborosan biaya media Anda.

Baca Juga : 5 Tujuan Promosi Produk, Simak Strategi Memulai Bisnis ini!

3. Evaluasi look back audiens

Pastikan Anda menargetkan pengguna yang paling relevan dalam kumpulan audiens Anda. Ini akan bergantung pada produk atau layanan yang Anda iklankan. Ingat, setelah look back window berakhir, Anda akan kehilangan pelacakan semua pengguna yang dikumpulkan selama waktu itu. Itu selalu baik untuk mengatur look back window untuk penargetan ulang sedikit lebih lama jika kampanye mengalami masalah dengan skala.

4. Pertimbangkan untuk menawar lebih banyak pada penargetan ulang

Ingatlah bahwa kampanye retargeting adalah kontak terakhir. Pengguna telah melihat iklan Anda, dan mungkin pernah mengunjungi situs web Anda sebelumnya. Oleh karena itu, kita harus lebih mengutamakan upaya untuk membuat pengguna ini berkonversi. Menawar lebih tinggi untuk menjangkau pengguna ini membantu memaksimalkan skala Anda dan menciptakan peluang yang lebih baik untuk menghasilkan konversi. 

5. Pastikan untuk mengalokasikan anggaran Anda secara efektif

Direkomendasikan untuk memulai dengan anggaran yang lebih kecil untuk retargeting dan anggaran yang lebih besar untuk pencarian calon pelanggan guna membantu menumbuhkan kumpulan audiens yang telah di-cookie. Setelah kampanye memiliki waktu untuk ditayangkan, ada baiknya mempertimbangkan untuk perlahan-lahan mengalihkan lebih banyak investasi ke retargeting ketika kampanye berada di pasar lebih lama.

Tips Memaksimalkan Remarketing

Setelah Anda menetapkan tujuan, Anda perlu mengambil langkah yang tepat untuk membantu bisnis Anda mencapainya. Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu Anda menyusun kampanye pemasaran ulang untuk mendapatkan hasil maksimal dari upaya pemasaran Anda.

1. Pilih audiens yang tepat

Jika Anda ingin memiliki kampanye pemasaran ulang yang sukses, Anda harus memulai dengan audiens Anda. Jika Anda tidak menargetkan pemirsa yang tepat untuk merek Anda, Anda berisiko kehilangan prospek yang mudah dikonversi dan Anda tidak akan melihat hasil terbaik untuk bisnis Anda.

Jadi, bagaimana Anda menemukan audiens yang tepat? Anda dapat menggunakan daftar dari metode pemasaran Anda yang lain untuk menemukan prospek. Profil media sosial dan pemasaran email Anda adalah sumber yang bagus untuk menargetkan orang-orang yang tertarik atau telah melihat produk Anda.

Baca Juga : Mau Memulai Bisnis? Inilah Cara Membuat dan Contoh Perencanaan Usaha

2. Segmentasikan audiens Anda

Ada banyak orang dalam audiens Anda yang memiliki minat yang sama atau melihat produk serupa. Jadi, saat Anda membuat kampanye, Anda akan melihat lebih banyak kesuksesan dengan kampanye Anda jika mengelompokkan anggota ke dalam kategori tertentu.

Katakanlah Anda memiliki bisnis lantai. Anda akan melihat beberapa orang melihat karpet, sementara yang lain melihat lantai kayu keras. Karena mereka melihat produk yang sangat berbeda, Anda ingin memasarkan ulang kepada mereka secara terpisah.

Anda dapat memecahnya lebih jauh dan mengelompokkan audiens bersama berdasarkan lantai yang tepat yang mereka lihat juga. Ini akan membantu Anda membuat iklan yang dipersonalisasi yang menarik bagi audiens Anda. Saat Anda mengelompokkan audiens berdasarkan minat mereka, Anda dapat memberikan konten yang lebih disesuaikan yang akan membantu mereka berkonversi.

3. Pertimbangkan pemasaran ulang dinamis

Bentuk lanjutan dari pemasaran ulang adalah pemasaran ulang dinamis yang sesuai dengan riwayat penjelajahan audiens Anda. Dengan menggunakan teknik pemasaran dinamis dalam kampanye Anda, Anda akan dapat menarik prospek kembali ke situs Anda dengan lebih baik.

Saat menggunakan pemasaran ulang dinamis, Anda dapat menampilkan iklan berisi produk yang telah dilihat pengunjung sebelumnya. Jika Anda mengelompokkan audiens berdasarkan minat mereka, hal ini akan mempermudah untuk mengiklankan produk kepada mereka.

4. Buatlah iklan yang mencerminkan bisnis Anda

Jika Anda akan membuat iklan, penting bagi Anda untuk membuat iklan yang mencerminkan merek Anda. Anda perlu memastikan bahwa anggota audiens Anda akan mengenali bahwa iklan tersebut berasal dari bisnis Anda.

Untuk melakukan ini, Anda akan ingin menggunakan skema dan gaya warna khas yang terkait dengan perusahaan Anda. Ini akan membantu orang mengenali iklan bisnis Anda segera saat mereka melihatnya.

Dengan memberikan sentuhan unik pada iklan Anda, Anda akan mengingat merek Anda di benak orang. Bangun pengenalan merek agar menonjol di antara pesaing Anda untuk mendapatkan lebih banyak konversi prospek pada saat pembelian.

5. Buat iklan responsif

Anda harus membuat iklan responsif untuk kampanye pemasaran ulang Anda. Iklan responsif penting karena membantu memberikan pengalaman iklan yang lebih baik kepada audiens Anda. Iklan responsif menyesuaikan ukurannya agar sesuai dengan layar. Ini memungkinkan semua jenis pengguna untuk melihat iklan dalam format terbaik untuk perangkat mereka.

Selain itu, adapun hal penting agar audiens cocok dengan ruang iklan di setiap perangkat yang digunakan. Misalnya, jika Anda memiliki satu prospek yang melihat iklan Anda di seluler dan yang lainnya di desktop, iklan akan mengubah tampilannya agar sesuai dengan ruang yang ditempati perangkat.

Desain yang responsif memastikan bahwa iklan Anda menyesuaikan dengan pengalaman audiens Anda. Ini berarti bahwa semua pengguna akan mendapatkan pengalaman positif dengan iklan Anda yang akan membuat mereka lebih cenderung untuk berkonversi. Remarketing yang dinamis juga memungkinkan Anda memilih tata letak terbaik berdasarkan orang dan perangkat yang mereka gunakan. Ini membantu Anda memberikan pengalaman iklan yang lebih baik untuk audiens Anda. Dengan menggunakan pemasaran ulang dinamis, Anda dapat memberikan pengalaman iklan yang lebih baik kepada prospek.

Sebelum Anda memilih retargeting atau remarketing, Anda perlu mengetahui kedua strategi ini karena kedua strategi ini memiliki tujuan yang sama, yaitu melakukan pendekatan dengan calon pelanggan yang sudah tertarik dengan brand Anda agar segera melakukan pembelian. Perbedaan retargeting dan remarketing ada pada cara keduanya dalam mencapai tujuan. Maka dari itu, untuk menjawab strategi mana yang lebih baik untuk digunakan, maka jawabannya adalah tujuan Anda dalam menerapkan strategi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *