Bisnis

Repeat Order: Tips Agar Customer Melakukan Pembelian Berulang

repeat order

Repeat order merupakan sebuah istilah yang merujuk pada pembelian berulang pelanggan lama. Pada dasarnya, strategi untuk menarik pelanggan lama lebih mudah dibandingkan dengan mencari pelanggan baru. Karena untuk menarik customer baru membutuhkan biaya yang lebih besar seperti iklan dan yang lain-lain. 

Nah, apa sebetulnya repeat order itu dan bagaimana tips jitu menarik mereka? Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu Repeat Order

Repeat order adalah pembelian berulang yang dilakukan oleh pelanggan lama Anda. Mereka seringkali juga disebut dengan pelanggan loyal. Mengapa? Itu berarti produk atau barang Anda memiliki kualitas yang baik dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan sehingga Anda mendapatkan pelanggan loyal. 

Dengan adanya repeat order, maka penjualan akan meningkat nantinya. Melansir dari Shopify, ada beberapa dari pentingnya repeat order dari pelanggan lama, yaitu antara lain pelanggan lama menghabiskan uang yang lebih banyak dari pelanggan baru, dan mereka bisa bantu mempromosikan bisnis Anda ke teman dan saudara terdekatnya dengan strategi mouth-to-mouth atau dari mulut ke mulut. 

Baca Juga : 5 Cara Memasarkan Produk Secara Online Mudah dan Menguntungkan!

Manfaat Repeat Order

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan bisnis dari repeat order, yaitu antara lain:

1. Menghemat Biaya 

Salah satu manfaat dari repeat order adalah pemilik bisnis bisa lebih menghemat biaya marketing untuk strategi repeat order dibandingkan untuk menarik pelanggan baru. Secara tidak langsung, Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan strategi promosi seperti iklan, serta biaya promosi. 

2. Mendapatkan Customer Loyal

Keuntungan lainnya dari repeat order adalah Anda bisa mendapatkan customer loyal. Pelanggan yang melakukan pembelian berulang berarti barang yang Anda tawarkan memiliki kualitas baik di mata pelanggan. Untuk itu, Anda perlu menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dan tunggu repeat order selanjutnya. 

3. Meluaskan Target Pasar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pelanggan lama cenderung bisa melakukan promosi mouth-to-mouth. Melansir dari laman web koinworks, strategi promosi dari mulut-ke-mulut ini 90% ampuh untuk rekomendasi brand yang dilakukan antar-teman. 

Anda mungkin sering melihat teman yang menggunakan lipstik bagus, dan segera bertanya pada mereka brand apa yang mereka kenakan. Itulah salah satu contoh dari promosi ini yang bisa meluaskan target pasar Anda. 

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

Cara Agar Customer Repeat Order

Berbagai cara dapat Anda lakukan agar customer Anda melakukan repeat order dalam jangka waktu yang panjang, yaitu sebagai berikut:

1. Berikan Program Loyalitas

Cara pertama agar pelanggan Anda melakukan repeat order yaitu dengan memberikan program loyalitas yang menarik. Saat ini, sudah banyak pihak ketiga yang bisa menawarkan jasa layanan program loyalitas. Salah satu yang sering digunakan adalah program poin, yaitu pelanggan yang bisa mendapatkan poin setelah melakukan kegiatan transaksi. Poin ini nantinya ketika banyak bisa ditukarkan dengan benefit lainnya seperti diskon dan lain-lain. 

2. Kumpulkan Data Pelanggan

Selanjutnya adalah dengan cara kumpulkan data pelanggan di saat mereka melakukan pembelian pertama. Dengan adanya data pelanggan, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti meningkatkan hubungan dengan pelanggan melalui welcome email, atau pemberian diskon pada saat-saat tertentu melalui platform WhatsApp. 

3. Berikan Pelayanan Prima

Cara agar customer repeat order yang selanjutnya adalah dengan selalu memberikan pelayanan terbaik. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dihargai dan akan merasa senang ketika membeli barang dari Anda atau memakai jasa Anda. Selain itu, perhatikan dengan baik sistem customer service Anda. Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama dengan pertanyaan mereka. 

Baca Juga : 5 Cara Mencari Produk yang Sedang Trend, Pebisnis Wajib Tahu!

4. Memperhatikan Kompetitor

Supaya bisnis Anda tetap berkembang dalam jangka waktu yang panjang, Anda juga perlu memperhatikan dan mempelajari berbagai kompetitor Anda. Luangkan waktu khusus untuk melakukan riset kompetitor Anda. Perhatikan apa yang masih perlu diperbaiki dari bisnis Anda dengan mempelajari apa yang jadi kelebihan dari kompetitor Anda. Mungkin dari segi pelayanan online ataupun kualitas produk. 

5. Berikan Hadiah

Memberikan hadiah pada pembelian selanjutnya merupakan strategi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan repeat order. Anda bisa menawarkan contoh produk Anda yang lain sebagai hadiah ataupun diskon khusus untuk pelanggan Anda yang sudah melakukan pembelian berulang. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang dan tidak keberatan untuk mengajak teman-teman atau saudaranya untuk membeli produk di Anda. 

Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian, manfaat serta bagaimana cara agar customer melakukan repeat order di Anda. Lakukan tips di atas, dan semoga pelanggan loyal Anda semakin banyak di tahun ini. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.