Berita

SAPX, Pendatang Baru yang Langsung Melejit

armada kurir sap express

Pendatang baru di bisnis jasa kurir ini tidak bisa disepelekan. Bagaimana tidak, baru Agustus, 2014 lalu beroperasi tapi SAP Express Courier melejit menjadi pemain jasa kurir dengan memiliki 45 jumlah cabang utama. Sedangkan cabang pembantunya mencapai 200 tersebar di Kota Madya.

Jaringan bisnisnya pun sudah berada di 34 provinsi dan 400 kabupaten dan memiliki 800 tenaga kurir yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Belum lagi SAP juga memiliki sekitar 50 agen franchise di Jabodetabek. Pesatnya pertumbuhan SAP tidak mengejutkan jika melihat manajemen yang berdiri di belakangangnya. Mereka adalah orang-orang berpengalaman bekerja di perusahaan jasa kurir ternama.

Baca juga: Jasa Kurir COD Anti Lelet Pencairan Dana Cepat!

Budiyanto Darmastono misalnya yang menjadi Direktur Utama SAP Express. Dia merupakan founder & CEO NCS Courier periode 1994-2013. Lalu ada Dendy Hartono, General Manager SDM SAP Express ini pernah bekerja sebagai Seior Manager HRD NCS Courier periode 2005-2014. Ada pula Arief Rahadi, Direktur Opersional SAP yang pernah bekerja di JNE, NCS, dan ESL Courier. Walhasil, pertumbuhan bisnis SAP pun meroket pesat meski baru 4 bulan lalu berdiri. Saat ini jumlah armadanya kian meningkat dengan memiliki 50 mobil.

Jasa layanan yang ditawarkannya pun macam-macam. Mulai dari kurir, sea freight (pengiriman less container load dan full container load), air freight/via udara, domestic cargo & internasional express, distribusi city courier & luar kota, dan lain sebagainya. Untuk mendukung berbagai layanannya SAP memiliki warehouse management yang berfungsi menangani peryimpanan dan pengiriman, serta dukungan program pelanggan dalam menjalani usaha.

Tidak sampai di situ, SAP juga mempunyai aplikasi atau SAP Application yang terhubung yaitu desktop application (C#, SQL Server 2008 R2), website/include tracing module (PHP/MySQL, jQuery) dan android. Ketiga aplikasi itu saling terhubung, sehingga ada relasi data dan sinkron. Jadi barang yang diantar itu bisa real time online, ujar Budiyanto Darmastono President Director SAP Express Courier.

Selain real time online, Budiyanto mengatakan, nilai tambah yang ditawarkan SAP adalah customer bisa akses data via internet tentang keberadaan barangnya. Untuk customer corporate, mereka bisa akses data dan menarik laporan serta tagihan. Kedua, SAP memberi garansi paket yang hilang diganti. Kedua, SAP memberikan keamanan data kepada setiap customer-nya. Keempat, memiliki kurir yang berpengalaman. Kelima, kurir dibekali handphone android yang gunanya untuk memberikan laporan langsung ke server pusat apabila barang sudah sampai.

Budiyanto menuturkan, selain sebagai salah satu perintis jasa kurir di Indonesia yang memiliki sistem online, SAP juga satu-satunya kurier yang menggunakan HP android saat ini. Dengan android kita bisa memantau keberadaan kurir per-menit dan perdetik. Kita juga bisa mengetahui posisi kurir lewat GPS melalui Android. Sehingga benar-benar real time. Meski terlihat mudah ditiru, Android yang kita punya tidak sembarangan karena terdapat sistem dan aplikasi yang terhubung dengan pusat, bebernya.

Baca juga: Satria Antaran Prima (SAPX) Fokus ke Marketplace atau Segmen C2C

Dengan visi menjadi perusahaan kurir tercepat dan terpercaya di Nusantara, Budiyanto menargetkan untuk membuka 1000 agen franchise SAP di 2015. Oleh karena itu, ia merekrut dan mempertahankan pekerja-pekerja terbaik di bidangnya. Semua kurir adalah pegawai tetap, tidak ada yang freelance maupun outsourcing. Karena mereka merupakan aset dan ujung tombak perusahaan, ungkapnya. Untuk mencapai targetnya, SAP pun terus menggenjot pertumbuhan bisnisnya.

Salah satunya dengan menawarkan peluang franchise menjadi agen SAP. Untuk menjadi agen konter SAP, SAP mematok investasi yang sangat terjangkau. Yaitu hanya Rp 2 juta dengan pembagian untuk agen sebesar 25%. Budiyanto menjelaskan, dengan investasi itu mitra bisnis sudah mendapatkan training dan sertifikat, perlengkapan administrasi, spanduk, listplang, timbangan, seragam, label fragile, stempel standar, tarif SAP Express.

Kedepannya, Budiyanto akan bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk melengkapi jasa layanannya. Seperti token listrik, bayar kredit, tiket pesawat, tiket kereta api, dan pembayaran lainnya nanti akan kita realisasikan pada 2015. Itu semua tengah kita proses saat ini, katanya dengan penuh semangat dan optimis.

Majalahfranchise.com

peluang usaha agen pengiriman

www.impactly.id
Impactly adalah freelance digital marketing yang dapat memberikan Impact untuk promosi digital Anda dengan efektif dan efisien. Impactly dapat mengoptimasi strategi promosi digital marketing mulai dari layanan SEO, SEM/Google Ads, desain website, web & blog development, dan konten Instagram. Cek portofolio kami di www.impactly.id/portofolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *