Bisnis

Serba-serbi Hashtag dan Manfaatnya di Media Sosial yang Perlu Anda Tahu

hashtag adalah

Hashtag adalah simbol tagar (#) yang pertama kali digunakan oleh Chris Messina, seorang web marketing specialist Twitter. Penggunaan hashtag pertama kali muncul pada musim panas tahun 2007. Messina menyarankan penggunaan hashtag sebagai penanda bagi tweets yang berhubungan pada satu topik.

Lalu, apa definisi dan manfaat hashtag di media sosial? Apakah hashtag dapat digunakan untuk mempromosikan sesuatu di media sosial? Berikut ulasannya!

Definisi Hashtag

Melansir laman web Naylor, hashtag atau tagar adalah label yang digunakan di situs media sosial yang memudahkan pencarian informasi dengan tema atau konten tertentu. 

Hashtag dapat ditempatkan di awal, tengah, atau akhir postingan atau komentar media sosial Anda, dan memungkinkan apa yang telah Anda tulis untuk diindeks oleh jaringan media sosial. Dengan strategi ini, orang yang bukan pengikut Anda tetap bisa menemukan konten Anda. 

Kegunaan Hashtag  untuk Promosi di Media Sosial

Penggunaan hashtag dalam kampanye media sosial dapat mempromosikan bisnis kecil atau besar Anda. Pemasar sering menggunakan tagar di Twitter, Facebook, dan Instagram; namun, Anda juga dapat menggunakannya di platform lain seperti Google+, YouTube, TikTok atau Pinterest. 

Dikutip dari laman web Diib Learning Center, berikut ini adalah beberapa manfaat dari hashtag untuk promosi di media sosial:

1. Kesempatan untuk Membangun Brand

Penggunaan hashtag di media sosial penting untuk meningkatkan kesadaran merek Anda dan juga membantu pemasar digital untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO) mereka. 

Anda mungkin bertanya-tanya media sosial mana yang menggunakan tagar. Selain platform yang disebutkan di atas, daftar platform media sosial saat ini menggunakan tagar, termasuk Facebook, TikTok, Tumblr dan YouTube. 

Sebagian besar platform sosial semakin sibuk dari hari ke hari, dan itulah sebabnya Anda bisa menggunakan tagar di konten media sosial untuk mendapatkan hasil yang lebih bermanfaat. 

Baca Juga : 5 Cara Memasarkan Produk Secara Online Mudah dan Menguntungkan!

2. Meningkatkan Engagement Anda dengan Followers

Mencantumkan hashtag di postingan Anda akan membuat keterlibatan Anda lebih besar dalam percakapan yang terjadi di platform media sosial tersebut. Itu akan membuat post tersebut terlihat dalam percakapan itu. Ini dapat mengarah pada keterlibatan yang lebih besar.

3. Membantu Audiens Menemukan Brand dan Produk yang Mereka Butuhkan

Hashtag mengelompokkan konten-konten di media sosial berdasar topik atau tema tertentu. Hal ini akan memudahkan konten Anda lebih mudah ditemukan oleh target audiens Anda. Sebagai contoh, Anda akan membuat webinar untuk para calon developer yang ingin mendalami jenjang karir developer. 

4. Memudahkan Promosi Lewat Review Pelanggan

Anda bisa membuat hashtag dengan nama brand, produk, atau slogan bisnis Anda. Hashtag itu bisa digunakan oleh pelanggan setia Anda saat memposting rekomendasi produk, event, atau layanan Anda. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap produk Anda. 

5. Menumbuhkan Kesadaran Sosial Lewat Promosi

Banyak brand saat ini tidak hanya berpikir untuk menghasilkan keuntungan semata sebagai salah satu tujuan usahanya. Mereka berusaha untuk memberikan kontribusi yang setara kepada masyarakat dan menciptakan kesadaran sosial. 

Dan kekuatan tagar yang tidak dapat disangkal adalah sebuah terobosan positif untuk brand dalam sisi sosial kemasyarakatan, sekaligus ajang promosi yang menguntungkan dari sisi marketing.

Cara Kerja Hashtag di Media Sosial

Tujuan menggunakan tagar di media sosial adalah Anda menunjukkan kepada pengikut/pengguna dan algoritma bahwa konten Anda terkait dengan topik atau kategori tertentu. Pada akhirnya, ini membantu target audiens Anda untuk menemukan konten yang relevan dengan mudah di seluruh platform. 

1. Cara Kerja Hashtag di Twitter

Menggunakan tagar yang relevan di Twitter dapat meningkatkan keterlibatan Anda, selama Anda tidak berlebihan. Satu atau dua tagar per tweet sudah cukup. Saat Anda menggunakan beberapa tagar dan secara khusus meminta pengikut Anda untuk me-retweet, ini dapat menghasilkan lebih banyak keterlibatan.

2. Cara Kerja Hashtag di Facebook

Saat Anda mencoba mendapatkan lebih banyak keterpaparan untuk postingan Facebook Anda, menggunakan tagar dapat membantu karena dapat meningkatkan jangkauan. Di Facebook, penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak tagar. Biasanya, disarankan untuk hanya menggunakan satu atau dua saja. 

Baca Juga : Cara Membuat Deskripsi WA Bisnis untuk Jualan

3. Cara Kerja Hashtag di Instagram

Menggunakan tagar di Instagram dapat meningkatkan jangkauan dan mendorong keterlibatan. Jadi jangan ragu untuk menggunakan hingga sepuluh atau sebelas tagar yang relevan dan populer untuk Instagram Story Anda agar dapat menjangkau audiens seluas mungkin.

4. Cara Kerja Hashtag di TikTok

TikToker menggunakan tagar di video mereka untuk mengkategorikan konten. Tagar ini juga dapat diklik artinya konten Anda akan ditampilkan bersama video relevan lainnya. Seperti platform sosial lainnya, menggunakan tagar di TikTok membantu meningkatkan jangkauan dan membantu algoritma TikTok untuk memutuskan pengguna mana yang melihat konten Anda di halaman ‘For You’.

5. Cara Kerja Hashtag di Pinterest

Tagar adalah cara terbaik untuk membantu orang menemukan konten Anda berdasarkan kata kunci di Pinterest. Posting menggunakan tagar juga diatur dalam urutan kronologis sehingga platform mengutamakan konten terbaru, membantu untuk konten segar yang ingin Anda lihat secara instan.

Demikian pembahasan mengenai definisi, kegunaan,  dan cara kerja hashtag di media sosial. Memaksimalkan penggunaan hashtag di beberapa media sosial juga dapat Anda lakukan karena ulasan ini juga membahas mengenai cara kerja hashtag di beberapa media sosial mainstream yang sedang banjir pengguna. Jadi, selamat berselancar dengan hashtag!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *