Bisnis

Simak Keuntungan Jualan Online dan Risikonya Berikut Ini!

keuntungan jualan online

Tren berbelanja kini tidak lagi dilakukan secara offline, namun telah bergeser menjadi online. Ya, belanja online dirasa lebih mudah, praktis, serta hemat waktu. Ditambah dengan tren pandemi yang mengharuskan orang untuk jaga jarak, membuat belanja online semakin diminati. Hal ini juga berdampak pada banyaknya pebisnis yang mulai tertarik untuk jualan online ketimbang offline. Keuntungan jualan online juga cukup besar dan potensial.

Meskipun demikian, jualan online tetap memiliki sisi kelemahan yang perlu diketahui Anda yang tertarik untuk menjajal bisnis ini. Nah, berikut merupakan keuntungan jualan online serta risiko atau kelemahannya. Yuk, simak!

Keuntungan Jualan Online

Beberapa keuntungan jualan online yang perlu Anda tahu antara lain:

1. Tidak Perlu Sewa Tempat

Keuntungan jualan online yang pertama adalah tidak perlu sewa tempat. Karena tokonya berbentuk online, maka Anda tidak membutuhkan toko fisik. Alhasil, biaya untuk sewa tempat bisa dialihkan untuk yang lain. 

Toko online dapat mempertemukan penjual dan pembeli dengan mudah dan efisien karena transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Anda bisa menjalankan bisnis Anda dimanapun, bahkan di rumah sekalipun.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online, Mudah!

2. Modal Minim

Jika modal yang Anda miliki tidak terlalu besar, maka jualan online cocok untuk Anda. Dengan modal yang minim, Anda bisa langsung menjalankan usaha Anda. Tentunya membuka toko online jauh lebih murah dan hemat biaya dibandingkan dengan membuka toko fisik.

Untuk membuat toko online, Anda membutuhkan website. Pembuatan website ini tidak terlalu besar biayanya ketimbang sewa ruko bulanan atau tahunan. Untuk toko online baru, umumnya belum membutuhkan karyawan karena semua bisa Anda kerjakan sendiri.

3. Harga Jual Kompetitif

Keuntungan jualan online berikutnya adalah harganya yang kompetitif. Dengan modal yang tidak besar, Anda bisa menjual berbagai macam produk di range harga yang lebih rendah dari toko offline. 

Toko offline membutuhkan biaya operasional yang lebih besar sehingga harga barang yang dijual pun harus tinggi. Untuk itulah Anda bisa mengatur harga dengan mudah saat berjualan online.

4. Cakupan Pasar Luas

Jualan online memiliki pasar yang luas, bahkan bisa menjangkau luar negeri. Ini berbeda dengan toko offline yang hanya bisa menjangkau area tertentu saja. Hanya berjualan dari rumah, pasar Anda jauh lebih luas dari toko offline. Terlebih jika Anda memiliki kemampuan marketing online yang mumpuni, Anda akan lebih mudah menjangkau pasar.

5. Jadi Usaha Sampingan

Jualan online juga bisa dijadikan usaha sampingan diluar pekerjaan utama. Waktu dan tempat yang fleksibel membuat hal ini mungkin terjadi. Bahkan jualan online juga bisa dilakukan sambil bekerja guna menambah penghasilan.

Baca Juga : Daftar Produk Online Terlaris yang Perlu Anda Tahu

Kekurangan Jualan Online

Meskipun menawarkan kelebihan, jualan online juga memiliki risiko yang perlu Anda waspadai, seperti:

1. Rentan Penipuan dan Hit n Run

Karena tidak bertemu dengan pembeli secara langsung, jualan online rentan terhadap penipuan. Sangat mungkin jika pembeli memesan barang Anda kemudian kabur dan menutup komunikasi. Oleh sebab itu, Anda perlu waspada terhadap segala bentuk risiko seperti ini.

2. Komplain Pelanggan 

Selain itu, Anda juga perlu bersiap untuk menerima komplain apa saja dari pelanggan. Karena mereka tidak melihat barang secara langsung, maka ekspektasi mereka terhadap produk juga bisa berbeda. Untuk menghadapi hal ini, Anda perlu bersabar lebih besar dalam menerima masukan dan protes dari para pelanggan.

Itulah beberapa keuntungan jualan online dan juga risikonya. Ingat, Anda perlu terhubung 24 jam dengan internet jika sudah memutuskan untuk berjualan online. Karena jika tidak, Anda bisa kehilangan banyak pelanggan lantaran mereka tidak bisa menghubungi Anda. Selain itu, perhatikan juga jasa ekspedisi untuk pengiriman barang, pilih yang benar-benar terpercaya seperti SAP Express untuk memudahkan Anda dalam mengirim produk ke pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.