Logistik

Simak Pengertian Palet, Fungsi dan Jenisnya Berikut Ini

palet adalah

Bagi Anda yang bekerja di bidang logistik atau ekspedisi pasti sudah tidak asing dengan palet. Palet adalah sebuah alat dengan struktur datar yang biasanya digunakan untuk memindahkan barang dalam gudang ekspedisi.

Untuk memudahkan dalam proses pemindahan dan peletakan barang, perusahaan ekspedisi memiliki banyak jenis peralatan. Salah satunya adalah palet. Benda ini bisa terbuat dari bahan kayu atau bahan lainnya akan tetapi lebih umum menggunakan bahan kayu.

Lebih jelas tentang apa itu palet hingga apa fungsi palet, simak penjabaran di bawah ini.

Baca Juga : Ini Pentingnya Gudang Online Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Pengertian Palet

Dalam bahasa Inggris, palet diartikan sebagai struktur datar yang biasa digunakan untuk menahan beban yang memiliki posisi stabil. Dalam aktivitas pengiriman barang, palet diperlukan untuk mempermudah proses pengiriman dan penempatan barang.

Secara umum, palet merupakan platform horizontal yang terdiri dari 4 sisi yang memungkinkan untuk diangkat dan dipindahkan oleh truk, forklift atau peralatan penanganan material lainnya. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk melindungi barang dan menahan beban di atasnya.

Palet secara umum terbuat dari bahan kayu. Akan tetapi ada juga palet yang terbuat dari bahan plastik dan kardus. Jenis bahan palet biasanya disesuaikan dengan berat barang yang akan diletakkan di atasnya

Fungsi Palet

Palet umumnya digunakan dalam industri logistik. Palet memiliki fungsi yang sangat banyak salah satunya adalah untuk mempermudah pemindahan barang yang akan dikirimkan dari atau ke dalam gudang logistik.

Barang-barang yang diletakkan di atas palet akan memudahkan pekerja untuk dapat membawanya. Setelah barang diletakkan di atas forklift, maka akan lebih mudah untuk diangkat dan dipindahkan. Palet juga berfungsi sebagai pelindung dari lantai yang basah atau sesuatu yang bisa merusak barang.

Jenis Palet

Dalam dunia logistik, terdapat banyak jenis palet yang digunakan, antara lain:

Berdasarkan Drive Direction Palet

  • Palet 2 ways

Palet 2 ways merupakan jenis palet yang memiliki dua sisi. Palet jenis ini memungkinkan forklift bisa mengambil barang dari sisi  yaitu belakang dan depan. 

  • Palet 4 ways

Palet jenis ini memiliki empat bagian untuk mengangkat yaitu depan, belakang, kiri dan kanan. Palet 4 ways biasa digunakan untuk mengangkat barang yang berada dalam tumpukan cukup tinggi. 

Baca Juga : Mau Sewa Gudang? Begini Cara Menghitung Biaya Sewa Gudang

Berdasarkan Bahan Material Palet

  • Palet kayu

Palet kayu menggunakan bahan baku pilihan yang kuat. Pallet jenis ini paling umum digunakan dalam industri logistik karena cukup kuat dan memiliki harga yang tidak terlalu mahal. 

  • Palet plastik

Palet plastik merupakan jenis palet yang terbuat dari bahan plastik. Palet jenis ini memiliki sisi atas yang tertutup rata, berbeda dengan palet kayu yang berjarak. Kelebihan dari palet jenis ini adalah lebih awet dan tidak mudah rusak.

  • Palet kardus

Palet jenis ini menggunakan bahan kardus berkualitas sehingga mampu menahan beban hingga 100 kg. Palet kardus juga lebih ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Jepang merupakan negara yang menggunakan palet kardus paling tinggi.

  • Palet Logam

Palet logam merupakan jenis palet yang memiliki ketahanan paling kuat dan kokoh. Perbedaannya dari palet kayu adalah bahan materialnya yang terbuat dari besi. Palet jenis ini memiliki harga paling mahal jika dibandingkan jenis lainnya. Meski mahal, akan tetapi palet logam tetap memiliki kekurangan. Palet jenis ini tidak tahan terhadap air dan mudah berkarat.

Dalam dunia logistik, palet merupakan salah satu perlengkapan yang memiliki fungsi sangat penting. Maka dari itu, pemilihan jenisnya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki gudang penyimpanan, palet adalah salah satu perlengkapan yang perlu dimiliki untuk memudahkan proses pemindahan dan pengangkatan barang sekaligus melindungi dari risiko kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *