Bisnis

12 Strategi Jualan Online Bagi Pemula yang Jitu

strategi jualan online

Untuk Anda yang memutuskan untuk terjun dalam bisnis online, tentunya Anda akan bersaing dengan banyaknya orang yang sudah jualan online terlebih dahulu. Namun, Anda tidak perlu putus asa, sebab inilah era digital dimana orang-orang lebih suka untuk berbelanja secara online. Apalagi sejak pandemi melanda, masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah dan apa-apa serba online. 

Dengan melihat fenomena seperti ini, Anda perlu menggunakan kesempatan untuk mulai berbisnis secara online. Dengan bantuan beragam platform terkenal, seperti e-Commerce, media sosial dan lain-lain, Anda akan sangat terbantu nantinya. Nah, berikut adalah ulasan mengenai 12 strategi jualan online bagi pemula yang jitu. Yuk simak apa saja!

Strategi Jualan Online bagi Pemula

Mungkin Anda masih pemula, dan ingin mulai berbisnis secara online. Di bawah ini adalah berbagai strategi jualan online bagi pemula. 

1. Kenali dan tentukan produk yang akan Anda jual

Strategi jualan online bagi pemula yang pertama adalah dengan mengenai dan menentukan produk yang akan Anda jual. Tentunya Anda tidak bisa asal-asal dalam menjual produk, Anda perlu mengerti barang yang Anda jual, bisa dengan cara riset atau metode yang lainnya. Seperti apa produk yang akan Anda jual?

a. Memilih produk yang dapat memecahkan masalah pelanggan

Dalam menentukan produk yang akan Anda jual nantinya, Anda harus memilih produk yang bisa memecahkan masalah pelanggan. Itu artinya, Anda bisa riset terlebih dahulu kira-kira masalah apa yang dimiliki pelanggan. Misalkan saja Anda menjual produk skincare untuk mengatasi masalah kulit muka pelanggan, dan yang lain-lainnya. 

b. Temukan produk yang disukai banyak orang

Selanjutnya adalah dengan menemukan produk yang bakal disukai oleh banyak orang. Dengan begitu, nantinya Anda tidak akan sia-sia ketika menjual produk Anda. Sebagai pemula, Anda bisa riset produk apa saja yang laris di pasaran melalui berbagai e-Commerce yang memiliki fitur produk-produk terlaris. Di situlah Anda bisa menemukan produk yang disukai pelanggan. 

c. Menarik bagi yang memiliki hobi

Banyak orang yang bilang, hobi itu mahal. Mungkin ini memang ada benarnya. Memang banyak orang yang rela menghabiskan uang untuk hobi tertentu. Nah, Anda bisa menentukan produk yang menarik bagi orang-orang yang memiliki hobi. Misalkan saja, banyak muda-mudi yang menggandrungi idol Korea. Anda bisa menjual berbagai aksesoris atau poster yang berkaitan dengan idol-idol mereka ini. 

d. Mengikuti tren lebih awal

Anda bisa menentukan produk yang dijual dengan mengikuti tren lebih awal daripada kompetitor-kompetitor yang lainnya. Oleh sebab itu, Anda bisa riset terlebih dahulu apa sih kira-kira barang yang sedang tren, dan jangan sampai keduluan oleh kompetitor Anda. Namun, biasanya tren-tren musiman seperti lato-lato ini tidak akan bertahan lama. Oleh sebab itu, ikuti tren lebih awal. 

e. Mengidentifikasi segmentasi dari kategori pasar

Selanjutnya adalah dengan mengidentifikasi segmentasi dari kategori pasar. Dengan memahami segmentasi Anda, nantinya Anda bisa mengetahui kira-kira produk apa yang ingin Anda jual. Misalkan saja segmentasi Anda adalah pasar anak muda, Anda bisa mencari tren produk yang sedang disukai oleh anak-anak muda. 

f. Menerapkan konsep unique selling points (USP)

Untuk bisa menentukan produk apa yang akan dijual, Anda bisa menerapkan konsep unique selling points (USP) pada bisnis Anda. Apa itu USP? USP ini adalah menentukan hal apa yang unik dari bisnis Anda, dan yang membedakan dari kompetitor Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa terlebih dahulu riset mengenai kompetitor di industri Anda. 

2. Gunakan Sahabat Satria SAP

Strategi jualan online bagi pemula yang lainnya adalah dengan menggunakan Sahabat Satria SAP. Inilah salah satu layanan dari SAP Express yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan website gratis. Selain itu, Anda bisa menggunakan layanan COD tanpa marketplace untuk pelanggan Anda. 

3. Manfaatkan Media Sosial

Strategi jualan online bagi pemula yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial saat ini. Melansir dari laman Data Indonesia, terdapat sebanyak 167 juta masyarakat yang menggunakan media sosial. Oleh sebab itu, manfaatkan sebaik-baiknya untuk berjualan produk Anda di media sosial. 

Jika Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk mempromosikan produk di media sosial, Anda juga bisa menggunakan layanan social media marketing seperti di Sribu.com.

4. Buat Nama Toko yang Menarik dan Mudah Diingat  

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sudah banyak orang yang terjun dalam bisnis online. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat nama toko yang menarik dan mudah diingat. Dengan nama yang singkat dan menarik, pelanggan akan lebih suka. Selain itu, nama toko juga perlu sesuai dengan karakteristik produk yang Anda jual.

5. Gunakan Logo sebagai Identitas

Sebelum berjualan secara online, selain mempersiapkan nama toko online, Anda juga perlu menggunakan logo sebagai identitas. Inilah yang nantinya akan diingat oleh pelanggan Anda. Sebagai pemula, Anda bisa membuat logo secara gratis di berbagai website, atau Anda bisa menggunakan jasa pembuat logo yang lebih professional. 

6. Buat Tokomu Mudah Ditemukan

Untuk bisa bersaing dengan toko online yang lainnya, strategi jualan online untuk pemula yaitu dengan membuat toko Anda mudah ditemukan secara online. Anda bisa menggunakan tips di bawah ini;

a. Daftarkan website Anda ke Google Search Console

Tips yang pertama yaitu dengan mendaftarkan website Anda ke Google Search Console. Inilah salah satu layanan dari Google yang membantu Anda untuk memantau dan meningkatkan traffic organic dari website Anda. 

b. Gunakan Google My Business

Selanjutnya adalah dengan menggunakan Google My Business. Sama seperti Google Search Console, inilah layanan Google yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan strategi pemasaran. 

c. Menerapkan digital marketing

Buat agar toko Anda mudah ditemukan dengan menerapkan digital marketing. Seperti yang telah kita ketahui, pemasaran kini dengan digital akan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan cara-cara yang lama seperti iklan offline (brosur, koran) yang lebih mahal. Terapkan SEO pada website Anda agar toko Anda mudah ditemukan. 

7. Deskripsi Produk yang Jelas

Strategi jualan online untuk pemula yang berikutnya adalah dengan menulis deskripsi produk yang jelas di toko Anda. Orang akan enggan hanya dengan foto produk dan harga. Anda juga perlu menambahkan deskripsi jelas. Misal Anda menjual baju wanita, Anda harus menambahkan deskripsi seperti tinggi baju tersebut, dan lingkaran baju. 

8. Gunakan Foto Asli dengan Resolusi Tinggi

Strategi jualan online yang selanjutnya adalah dengan menggunakan foto asli dengan resolusi tinggi. Pastikan Anda tidak mengambil gambar dari sumber lain, sebab bisa saja Anda terkena copyright. Oleh sebab itu, gunakan foto asli agar pembeli Anda lebih percaya dengan produk Anda. 

9. Buat Toko Anda menjadi Menarik

Tips jualan online agar toko online Anda ramai yaitu dengan membuat toko Anda menjadi menarik. Misalkan saja, Anda bisa memberikan diskon khusus untuk pelanggan yang baru membeli barang Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat website Anda menarik sehingga pembeli betah berbelanja di tempat Anda. 

10. Hindari Konflik dengan Pelanggan

Strategi jualan online untuk pemula yang selanjutnya yaitu menghindari konflik dengan pelanggan. Agar bisa menghindari konflik, Anda perlu menyiapkan customer service yang siap menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan-pelanggan Anda. Minimal, Anda memiliki FAQ (Frequently Asked Questions) di website Anda. 

11. Terapkan Word of Mouth

Mungkin Anda pernah mendengar review bagus dari orang-orang terdekat Anda. Nah, inilah yang namanya word of mouth. Biasanya, strategi jualan online ini lebih mendatangkan banyak pelanggan lho. Keuntungan lainnya, Anda tidak perlu biaya untuk menerapkan word of mouth ini.

12. Berikan Apresiasi Kepada Loyal Customer

Strategi jualan online bagi pemula yang terakhir adalah dengan memberikan apresiasi kepada loyal customer. Anda bisa lakukan ini dengan memberikan diskon khusus, atau poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah-hadiah menarik. Demikianlah 12 strategi jualan online bagi pemula yang jitu. Semoga dengan menerapkan strategi ini, bisnis online Anda bisa meningkat keuntungannya. Gunakan layanan Sahabat Satria dari SAP Express, dan dapatkan website gratis untuk bisnis online Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *