Finance

Strategi Efektif Mendapatkan Passive Income yang Menguntungkan

passive income

Passive income menjadi salah satu penunjang yang dapat mengantarkan kepada kebebasan finansial. Sehingga tidak heran apabila keberadaannya sangatlah penting karena pendapatan ini dinilai dapat menunjang pendapatan aktif.

Apa itu passive income

Passive income adalah  pendapatan yang kamu peroleh dengan cara tanpa terlibat secara langsung atau aktif dalam suatu hal. Misalnya, kamu memiliki sebuah property  kemudian disewakan dan setiap bulannya kamu menerima biaya sewa tanpa perlu melakukan pekerjaan di setiap harinya.

Nah, itulah yang disebut dengan pasif income. Dengan begitu, bedanya passive income dan active income yaitu terletak dari cara mendapatkan hasil uang atau pendapatannya.

Alasan memulai mendapatkan passive income

Setelah mengetahui apa itu passive income, sekarang saatnya untuk mengetahui mengapa perlu memulai hal tersebut sejak dini. Untuk alasannya adalah sebagai berikut!

Baca Juga : Pentingnya Dana Darurat dan Cara Mengumpulkannya

1.       Mendapatkan kesempatan untuk mencapai kebebasan finansial

Keamanan dalam finansial menjadi salah satu hal yang paling penting dalam situasi ekonomi yang tentunya tidak pasti. Nah, pasif income ini dapat menjadi benteng keuangan yang terbilang cukup kuat sehingga hal tersebut dapat dihindari dengan baik.

Sehingga kamu tidak perlu merasa was-was dalam memenuhi kebutuhan dasar hidup karena memiliki pemasukan pasif yang cukup stabil. Selain itu, jika nantinya kamu kehilangan pekerjaan, hal tersebut tidak akan membuatmu terlalu merasa kebingungan.

2.      Mendapatkan manfaat compound interest atau bunga majemuk

Saat kamu memiliki memutuskan untuk mendapatkan pasif income, maka itu adalah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari investasi. Dimana nanti bunga yang diperoleh dapat kamu tambahkan kembali kepada jumlah pokok. Sehingga nilai investasi atau saldo tabungan menjadi meningkat.

Tujuan dan Keuntungan Memiliki Passive Income

Manfaat passive income antara lain yaitu menjadi keadaan finansial menjadi aman, memenuhi kebutuhan dengan mudah, dan lain sebagianya. untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut mengenai keuntungan serta tujuan dari jenis pendapatan ini.

1.      Finansialmu Jadi Lebih Stabil

Memiliki pekerjaan tetap, belum menjadi 100% keuangan atau kondisi finansial amu aman. Terlebih dalam situasi politik maupun ekonomi sebuah negara yang sedang terguncang. Tentu hal tersebut sangatlah beresiko, jika kamu hanya bergantung pada satu pendapatan saja.

 Tentunya, memiliki pasif income akan membantumu mengatasi hal yang tidak terduga. Seperti halnya kebutuhan mendadak atau kehilangan pekerjaan.  Untuk mendapatkannya, kamu dapat mencoba bidang lain seperti halnya investasi di pasar saham dengan keuntungan tinggi dan terpercaya, memulai bisnis baru, dan sebagainya.

2.      Memenuhi Berbagai Kebutuhan dan Tujuan Lainnya

Tujuan dari pendapatan ini yaitu membantu kamu untuk mewujudkan kondisi finansial dalam jangka waktu yang cukup panjang. Seperti halnya menyiapkan pendidikan untuk anak, membeli rumah atau kendaraan, perencanaan pensiun, dan lain sebagainya. Tentu jika hanya mengandalkan satu sumber saja, hal ini pasti membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan puluhan tahun bisa saja baru tercapai.

3.      Bisa Dapat Uang dari Hobi

Kamu juga bisa mendapatkan pasif income dari hobi yang sedang  kamu jalankan. Sehingga tidak hanya menjadi sumber kesenanganmu, hal ini pun dapat menjadi sesuatu yang menghasilkan dan bermanfaat untukmu. Misalnya, kamu senang dengan dunia fotografi, maka kamu dapat menjual foto-fotomu tersebut kepada platform online atau lain sebagainya. Tentunya hal ini menjadi salah satu passive income modal kecil dengan keuntungan yang lumayan.

Cara Mendapatkan Passive Income Paling Menguntungkan

Cara dapat passive income terdapat beberapa, kamu tinggal memilih mana yang lebih kamu pahami dan sekiranya mudah untuk dijalankan. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut!

1.      Mulai Investasi

Cara menghasilkan passive income yaitu dengan melakukan investasi. Baik itu ke saham, securities crowdfunding , obligasi, maupun reksadana.  Di Indonesia sendiri hal ini bukanlah sesuatu yang tabung lagi sehingga kamu dapat mempelajarinya dengan mudah.

Baik itu melalui buku, website, video online, bahkan terdapat kelas-kelas khusus mengenai hal tersebut.  Nantinya, kamu akan memilih jenis investasi yang kurang cocok dengan kondisi finansial nya yang sekarang. Selain itu, resiko dari masing-masing investasi pun akan dijelaskan secara detail.

Saham memiliki resiko yang dapat mempengaruhi kondisi pasar, nilainya sendiri dapat sangat fluktuatif. Akan tetapi, jenis ini memiliki keuntungan paling besar diantara yang lainnya. Nah, bagi kamu yang tinggal di daerah dan ingin mendapatkannya stabil dengan resiko minim, maka passive income di desa obligasi atau reksadana cocok untuk kamu pilih.

2.      Membuat Blog atau Konten Digital

Apakah kamu memiliki kemampuan dalam dunia menulis dan ingin membuat website? Maka pasif income ini cocok untuk kamu coba. Nantinya, kamu dapat berusaha untuk meningkatkan trafik kepada blogmu, baik itu dengan iklan maupun barang.

Lalu passive income apa saja selain membuat blog? Yaitu dengan kamu dapat memulai merintis youtobe maupun podcast  yang nantinya bisa menjadi sumber penghasilan. Namun, kamu perlu mengetahui dahulu siapa yang menjadi target market. Kemaluan, rajinlah untuk membuat konten berkualitas dengan cara yang konsisten.

3.      Mengikuti Program Afiliasi

Untuk mendapatkan pendapatan yang pasif, kamu dapat memanfaatkan peluang dari program afiliasi yang telah digunakan oleh banyak website, marketplace, maupun layanan jasa. Dimana nantinya, kamu akan mendapatkan bayaran sesuai dengan persentase yang diterima. 

Untuk dapat mempromosikan barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, maka cobalah untuk mendapat terlebih dahulu. Dimana setiap orang yang membeli atau menggunakan barang tersebut dengan menggunakan link yang kamu kirim, maka nantinya akan mendapatkan payment dari pihak penyelenggara.

4.      Menjalankan franchise

Passive income modal kecil antara lain yaitu menjalan atau bermitra dengan franchise yang produknya memiliki peluang laku di daerahmu. Misalnya, kamu tinggal di daerah yang memiliki suhu yang panas, maka kamu dapat bermitra dengan franchise minuman dingin yang segar.

5.      Menjual Karya Digital atau Stock Foto

Apabila kamu memiliki keahlian dalam bidang fotografi, desain grafis, maupun seni digital, maka usaha satu ini dapat kamu coba. Dimana nantinya, kamu memasarkan karya-karyamu tersebut secara online. Misalnya, kamu menjual foto-foto di media sosial atau Shutterstock.  Kamu hanya perlu mengunggahnya dan jika berhasil, kamu berhak mendapatkan bayaran. Dengan begitu, usaha passive income ini cukup menjanjikan.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Membuat Financial Planning untuk Masa Depan

6.      Membuat eBook atau Kursus Online

Kamu memiliki kemampuan khusus di sebuah bidang dan suka menulis? Kenapa tidak mencoba menulis ebook atau menjalankan kurus online saja sebagai salah satu cara untuk mendapatkan passive income online.  Seperti halnya di Amazon KindleDirect Oublishung memungkinkan kamu untuk dapat menjual atau menerbitkan eBook secaa mudah.

Baik itu,  fotografi, pemasaran digital, memasak, dan lain sebagianya. misalnya, kamu memiliki kemampuan dalam mengajar untuk bidang biologi. Mak andainya, kau dapat memvideo dirimu yang sedang seorang-olah mengajar dan editing. Maka nantinya, video edukasi terbuat dapat kamu jual  di bea platform.

7.      Sewa Properti atau Kos-kosan

Bisnis passive income ini dapat menjadi salah satu sumber penghasilan yang cukup besar, Terutama jika kamu memiliki properti yang berada di lokasi yang cukup strategis.  Dengan begitu, kamu dapat menanyakan unit atau menyewakan kamar kepada penyewa. Selain itu, bisnis ini pun menjadi salah satu pilihan yang tidak terlalu ribet. Pasalnya, kamu tidak harus sellau datang ke kosans etiap harinya. Jika ingin peluangnya bagus, maka kamu dapat mencari lokasi properti yang berada di dekat perusahaan maupun kampus. Biasanya di tempat seperti itu memiliki peluang ramai dan tidak pernah sepi dari penyewa.

Hal ini pun berlaku untuk kamu yang menginginkan passive income halal. Tidak hanya itu saja, untuk dapat menarik perhatian penyewa, kamu dapat membuat variasi harga dengan fasilitas yang berbeda. Namun, meskipun begitu usahakan untuk membuat semua kamar maupun unit itu bersih, rapi, dan nyaman untuk dilindungi. Dengan begitu, tidak heran apabila jenis  passive income terbaik ini banyak diincar oleh banyak orang. Akan tetapi, jika ingin memulai usaha seperti ini, maka kamu perlu menyiapkan modal yang cukup lumayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *