SAPedia

Ternyata Begini Cara Packing Barang dengan Aman, Olshop Wajib Tahu!

cara packing barang yang benar

Pengusaha online shop pasti tidak asing dengan kegiatan packing atau pengemasan barang. Mengingat barang akan dikirimkan ke luar kota bahkan luar pulau, keamanan packing harus diperhatikan agar barang tidak rusak di perjalanan. Oleh karena itu, Anda wajib tahu cara packing barang yang tepat agar paket selamat sampai tujuan dengan aman.

Kurangnya pengetahuan tentang hal ini membuat customer kerap kecewa karena paket yang mereka beli rusak di jalan. Meskipun ditanggung oleh asuransi sekalipun, namun citra online shop Anda pun bisa rusak karena hal ini.

Nah, berikut ini merupakan cara packing barang online shop yang mudah namun tetap aman dan anti rusak.

1. Pilah Berdasarkan Jenis Barang

Cara packing barang seperti baju, sepatu, atau produk elektronik yang pertama adalah dengan melihat dan memilah jenis barangnya terlebih dahulu. Anda harus paham barang apa yang hendak Anda kirim. Apakah barang tersebut tergolong barang elektronik, pecah belah, atau lainnya.

Untuk barang yang mudah pecah, Anda bisa menggunakan kemasan khusus berlabel ‘fragile’ guna membedakannya dengan barang lainnya. Begitu juga dengan barang yang mewah, pastikan kemasan aman agar tidak rusak di perjalanan.

Baca juga: Cara Mengirim Paket yang Benar dan Aman

2. Pastikan Pembungkus Cocok

Setelah dipilah jenis barangnya, Anda juga perlu memilih pembungkus yang cocok untuk jenis paket yang akan dikirimkan. Gunakan kardus jika paket berisi buku atau mainan. Jika perlu, tambahkan pengaman seperti bubble wrap untuk jenis barang yang mudah rusak.

Kemudian jika isi paket adalah pakaian, Anda bisa menggunakan plastik saja karena pakaian umumnya tidak mudah rusak. Dan untuk barang yang mudah tumpah seperti minyak, pastikan pembungkusnya aman agar tidak bocor.

3. Gunakan Packing Berlapis

Untuk menambah keamanan barang yang Anda kirimkan, gunakan packing berlapis. Hindari packing menggunakan 1 lapis saja. Pasalnya, semakin tebal dan berlapis paket yang Anda kirimkan, maka semakin aman dan kuat barang yang dikirimkan.

Packing berlapis memang sedikit menyulitkan penerima paket saat membukanya. Namun, cara ini terbukti sangat aman dan tidak mudah rusak.

4. Perhatikan Kerapihan Kemasan

Cara packing barang yang tepat berikutnya adalah dengan memperhatikan tingkat kerapian kemasannya. Perhatikan juga kepadatan kemasan paket, agar barang yang dikirimkan tidak berubah bentuk. 

Pasalnya, celah yang terdapat pada paket Anda bisa membuat barang mudah goyang, terguncang, bahkan rusak. Terlebih jika barang yang Anda kirim berupa produk elektronik, hal ini wajib diperhatikan.

Baca juga: Cara Menulis Alamat Tujuan Paket yang Baik dan Benar

5. Pilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Terakhir, pastikan Anda menggunakan jasa ekspedisi yang terpercaya untuk paket yang Anda kirim. Saat ini sudah banyak jasa pengiriman paket yang tersebar di Indonesia, salah satunya yang terpercaya adalah SAP Express yang memiliki kualitas terbaik.

SAP Express merupakan ekspedisi dengan jangkauan COD (cash on delivery) terluas yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Dengan pelayanannya yang prima, tentu barang yang Anda kirim akan aman sampai ke tangan customer.

Nah, itulah 5 cara packing barang dengan aman dan nyaman bagi Anda para pengusaha online shop. Cara ini juga bisa digunakan untuk Anda yang hendak mengirimkan barang secara pribadi ke saudara, teman, atau keluarga. Pastinya, tips diatas mampu membantu agar paket yang Anda kirimkan selamat sampai tujuan. Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.