Finance

Ternyata Ini Perbedaan Revenue dan Profit, Wajib Tahu!

perbedaan revenue dan profit

Dalam dunia bisnis, Anda pasti kerap mendengar istilah revenue dan profit. Keduanya sama-sama merujuk pada penghasilan atau pendapatan yang masuk dan diterima oleh perusahaan. Namun tahukah Anda perbedaan revenue dan profit?

Ya, ternyata revenue dan profit merupakan dua hal yang berbeda dan tidak bisa disamakan. Sebagai pebisnis, Anda perlu memahami hal ini agar tidak salah dalam menghitung laba perusahaan. Yuk, ketahui perbedaan keduanya dalam ulasan berikut ini!

Apa Itu Revenue

Sebelum mengetahui apa perbedaan revenue dan profit, sebaiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai pengertian revenue. Revenue adalah jumlah seluruh pendapatan (income) yang dihasilkan dari penjualan baik barang maupun jasa perusahaan. Pendapatan ini berkaitan dengan kegiatan utama dari perusahaan.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Seluruh pendapatan tersebut dihitung sebelum pengeluaran dikeluarkan. Jadi dengan kata lain, revenue merujuk pada pendapatan dari penjualan, sewa, bunga, dan lainnya sebagai imbalan atas barang/jasa sebelum adanya pengeluaran (income perusahaan saja).

Cara menghitung revenue = harga jual x kuantitas

Apa Itu Profit

Sedangkan profit adalah keuntungan atau laba dari sebuah bisnis. Profit merupakan keuntungan yang didapat perusahaan dari menjual jasa atau barang tertentu dengan memperhitungkan biaya operasional dan lainnya. 

Profit bisa didapat setelah seluruh pendapatan dan pengeluaran perusahaan dihitung. Pengeluaran perusahaan terdiri dari biaya operasional, pajak, persediaan, modal, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, profit merupakan laba bersih dari suatu usaha. 

Cara menghitung profit = Revenue – pengeluaran

Perbedaan Revenue dan Profit

Lantas apa perbedaan revenue dan profit? Bedanya terletak pada biaya atau pengeluaran perusahaan. Jika revenue didapat sebelum adanya biaya, maka profit baru bisa diperoleh setelah adanya biaya. Jika revenue tidak memperhitungkan pengeluaran, maka profit justru memperhitungkan pengeluaran.

Baca Juga : Yuk, Intip Perbedaan Utang dan Piutang Berikut Ini!

Jadi dapat disimpulkan bahwa revenue perusahaan yang besar belum tentu menunjukkan untung atau laba yang besar karena biaya belum dihitung. Anda perlu menghitung profit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah bisnis yang berjalan menghasilkan profit atau tidak.

Sekarang sudah paham bukan apa perbedaan revenue dan profit? Jangan sampai salah hitung, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *