Logistik

6 Tips Cara Mengatur Stok Barang Usaha Anda

cara mengatur stok barang

Untuk Anda yang memiliki bisnis online, baik yang sudah berkembang atau masih merintis, perlu bagi Anda untuk mengetahui cara mengatur stok barang secara tepat. Manfaat dari pengaturan stok barang adalah bisa mencegah toko Anda kehabisan produk dan agar produk yang masuk dan keluar lebih akurat. Nah, apa saja tips-tips cara mengatur stok barang untuk bisnis Anda? Yuk simak ulasan berikut ini!

Baca Juga : Fasilitas Logistik: Pengertian, Jenis, dan Mengapa Anda Perlu Memanfaatkannya

Apa itu Stock Control?

Kontrol stok, atau yang juga biasa disebut dengan kontrol inventaris, merupakan proses menjaga jumlah stok yang sesuai, sehingga bisnis Anda dapat memenuhi permintaan pelanggan tanpa ada penundaan. Misal, bisnis Anda berkaitan dengan penjualan produk tertentu, nah mengontrol stok inilah bermanfaat untuk meningkatkan profitabilitas bisnis Anda apabila dilakukan dengan efektif. 

Ada beberapa metode dalam stock control, yaitu sebagai berikut:

  • Just-in-time (JIT): Merupakan metode pengendalian stok dimana bisnis tidak menyimpan bahan mentah apapun. 
  • FIFO: FIFO merupakan abreviasi First In First Out, yang berarti barang pertama yang masuk ke dalam gudang adalah barang pertama yang akan keluar. Inilah metode yang berfokus pada produk, dan bukan pelanggan. 
  • Economic Order Quantity: Adalah jumlah pesanan yang dapat meminimalisir total biaya persediaan, dan pembelian optimal. 
  • Vendor-managed inventory: Merupakan teknik manajemen inventaris dimana pemasok barang, yang biasanya adalah pabrik, memiliki tanggung jawab untuk mengoptimalisasi stok yang dimiliki distributor. 
  • Batch Control: Adalah pengendalian stok berdasarkan pengenal seperti nomor seri, tanggal produksi serta tanggal kadaluarsa. 

Tips Cara Mengatur Stok Barang

Setelah mengetahui apa itu stock control, berikut adalah tips-tips jitu cara mengatur stok barang yang bisa Anda coba. Yuk simak!

1. Periksa Semua Stok yang Masuk

Tips cara mengatur stok barang yang pertama adalah dengan memeriksa semua stok bisnis yang sudah masuk dari supplier Anda. Terkadang, supplier juga bisa mendapatkan pesanan stok yang tidak dibungkus dengan tepat. Apabila mereka tidak mengelola stok dengan baik, maka dampaknya adalah Anda bisa kekurangan stok. Akibatnya, hal ini bisa berpengaruh terhadap penjualan bisnis Anda. 

Baca Juga : Apa Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding? Yuk, Cari Tahu!

2. Buat Label Produk 

Cara mengatur stok barang yang selanjutnya yaitu pastikan Anda juga membuat label pada produk Anda. Untuk perusahaan yang besar, tentunya mereka sudah memanfaatkan teknologi untuk melacak, memperbaharui dan memantau stok mereka dengan mudah. Namun, untuk usaha yang kecil dan menengah, mereka masih menggunakan label. Nah, solusinya adalah Anda perlu membuat label produk yang jelas untuk mengidentifikasi produk lebih mudah. 

3. Lakukan Penyimpanan Barang dengan Baik

Agar Anda lebih mudah untuk mengatur stok bisnis, Anda perlu menyiapkan tempat khusus untuk  penyimpanan. Anda bisa membuat ruang stok atau gudang yang terorganisir. Hal ini dapat menghindari Anda atau staf melakukan kesalahan saat mencari barang. Optimalkan sistem ruang stok agar Anda lebih mudah mencari barang saat dibutuhkan. Pastikan seluruh staf Anda juga memahami mengenai sistem penyimpanan stok Anda. 

4. Melacak Tanggal Kadaluarsa

Bagi Anda yang memiliki bisnis produk seperti makanan, minuman atau barang-barang sejenis, Anda perlu untuk melacak produk sesuai tanggal kadaluarsa. Dengan metode ini, Anda bisa mengosongkan stok sebelum kadaluarsa. Banyak dari bisnis yang menawarkan harga yang murah untuk barang-barang yang sudah hampir kadaluarsa. Selain itu, juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan apabila kita sudah terlanjur menjual barang kadaluarsa. 

Baca Juga : Apa Itu Logistik, Tujuan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

5. Pantau Stok Secara Konsisten

Tips cara mengatur stok barang yang berikutnya adalah selalu memantau stok secara konsisten. Saat ini, sudah banyak tersedia aplikasi terintegrasi dengan penjualan yang membantu Anda memantau stok. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu lagi untuk mendata barang secara manual atau secara tradisional. 

6. Kelola Barang Retur dengan Efektif

Mengelola barang retur dengan efektif merupakan cara mengatur stok barang yang perlu Anda lakukan. Masalah nantinya bisa muncul ketika bisnis tidak mengatur barang retur dengan baik. Akibatnya, hal ini bisa membuat bisnis menjadi tidak efektif. Nah, bagaimana cara untuk melakukannya? Yaitu dengan memisahkan semua item yang dikembalikan dari yang lain di stok Anda. Pastikan juga untuk mengetahui apa alasan pengembalian barang dari pelanggan. 

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai 6 tips cara mengatur stok barang usaha Anda. Ikuti tips-tips di atas agar bisnis Anda dapat berkembang. Gunakan layanan sewa gudang dari SAP Express untuk solusi penyimpanan barang Anda, yang telah memiliki lebih dari 210 lokasi gudang strategis di seluruh wilayah Indonesia. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.