Bisnis

Tips dan Cara Iklan di TikTok yang Efektif, Yuk Intip!

cara iklan di tiktok

TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang tengah populer beberapa waktu belakangan ini. Tidak hanya bisa digunakan untuk berbagi konten video saja, saat ini banyak penjual online yang memanfaatkan TikTok sebagai media promosi. Akan tetapi agar promosi efektif, Anda harus tahu cara iklan di TikTok dengan tepat.

Tidak bisa dipungkiri jika popularitas TikTok semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Fenomena ini membuat banyak pelaku usaha yang mulai melirik aplikasi media sosial ini sebagai wadah promosi bisnis yang efektif. Tidak heran jika banyak pelaku usaha yang mempromosikan bisnisnya melalui TikTok.

Salah satu cara paling efektif untuk promosi di aplikasi ini adalah dengan memasang iklan di TikTok Ads. Namun sudah tahukah Anda apa itu TikTok Ads dan bagaimana cara beriklan di TikTok?

Apa itu TikTok Ads

TikTok Ads merupakan sebuah perangkat yang menyediakan berbagai fitur mulai dari targeting, ad creation, ad management hingga insight report bagi creator di TikTok. Tools ini menawarkan platform yang kuat sehingga dapat membantu brand untuk memperoleh perhatian dari pengguna TikTok dari seluruh dunia.

Baca Juga : Ini Dia Jenis Iklan Online yang Sebaiknya Anda Tahu

TikTok Ads menawarkan dua opsi budgeting, yaitu daily (harian) dan lifetime (seumur hidup). Opsi ini memudahkan bagi pemilik bisnis untuk menentukan biaya iklan TikTok sesuai dengan budget yang dimilikinya. Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di tools ini, proses promosi akan menjadi lebih efektif dan optimal.

Cara Memasang Iklan di TikTok

Untuk memasang iklan di TikTok sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buat Akun TikTok Ads

Langkah pertama jika ingin memasang iklan di TikTok adalah buat akun TikTok Ads terlebih dahulu. Caranya kunjungi halaman beranda TikTok for Business kemudian klik pada menu get started. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk login.

Jika belum memiliki akun TikTok Ads, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Caranya klik pada menu sign-up kemudian ikuti proses registrasi yang ditampilkan pada halaman tersebut dengan benar dan lengkap.

2.  Buat Kampanye di TikTok Ads

Setelah akun TikTok Ads siap, selanjutnya buat campaign seperti contoh iklan di TikTok yang sering Anda lihat di aplikasi tersebut. Cara membuatnya dengan klik tab campaign pada dashboard TikTok Ads kemudian pilih menu create dan create new. Selanjutnya, pilih tujuan kampanye yang terdapat tiga pilihan opsi yaitu awareness, consideration dan app install, video news sera conversion.

Pada tahap ini, Anda juga perlu menetapkan anggaran kampanye apakah hairan atau anggaran total. Setelah itu, klik menu continue untuk melanjutkan pada proses selanjutnya.

3. Atur Placement, Detail dan Target

Tahapan selanjutnya adalah memilih penempatan dan penargetan iklan. TikTok Ads menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya memilih platform dengan tepat untuk menjalankan iklan. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih auto placement dan TikTok akan menentukan penempatan iklan yang lebih baik.

Pada tahap ini, jangan lupa masukkan semua detail yang dibutuhkan untuk menjalankan iklan seperti URL toko online, nama tampilan, gambar hingga kategori. Anda juga perlu memilih kata kunci yang akan mendeskripsikan bisnis Anda.

4. Tetapkan Anggaran, Durasi dan Sasaran

Sama seperti iklan TikTok di Youtube, dalam memasang iklan di TikTok Ads ini Anda juga perlu menetapkan anggaran yang dibutuhkan untuk kebutuhan iklan di aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memilih durasi untuk penjadwalan waktu tayang iklan dalam sehari atau minggu untuk menjalankan iklan.

5.  Menentukan Format dan Desain Iklan

TikTok Ads menyediakan beberapa opsi formal iklan yang bisa Anda pilih seperti video dan gambar horizontal, vertikal atau bisa juga persegi. Anda bisa memilih jenis format sesuai dengan kebutuhan bisnis agar fungsi promote di TikTok lebih optimal.

Tiktok Ads juga menyediakan fitur video creation kit yang menawarkan berbagai template video dan gambar yang bisa Anda gunakan. Fitur pada tools TikTok Ads manager ini juga dilengkapi dengan lebih dari 300 pilihan musik latar gratis.

Baca Juga : Jenis dan Cara Kerja Video Marketing yang Penting Diketahui Pebisnis

Setelah kampanye disetujui, maka iklan bisnis Anda akan ditayangkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk memantau kinerjanya, Anda bisa cek di dashboard iklan pada tools TikTok Ads tersebut.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini TikTok menjadi salah satu media sosial yang sangat efektif untuk promosi bisnis. Selain dengan cara memasang iklan di TikTok, saat ini juga banyak pelaku usaha yang memasarkan produknya melalui fitur live di TikTok shop. Dengan iklan yang optimal, pastikan akan membuat penjualan bisa meningkat pesat.

peluang usaha agen pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *