Bisnis

7 Tips Jitu Cara Promosi yang Menarik untuk Bisnis Anda

cara promosi yang menarik

Ketika sudah memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, Anda perlu menyiapkan rencana bisnis, modal sampai dengan promosi agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Saat ini, banyak cara yang dapat dilakukan untuk promosi. Mulai dari sosial media, influencer hingga metode-metode yang lainnya. 

Nah, pada artikel kali ini, kami ada beberapa tips jitu cara promosi yang menarik untuk membantu bisnis Anda. Apa saja? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Cara Membuat Promosi yang Menarik

Melansir Marketing Tutor, promosi adalah strategi komunikasi pemasaran untuk menginformasikan, membujuk, meyakinkan, dan mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembeli ketika mereka memilih merek tertentu. Dengan promosi ini lah, Anda bisa meningkatkan kesadaran merek untuk menciptakan minat dari konsumen itu sendiri. 

Lantas, bagaimana cara membuat promosi yang menarik untuk pelanggan? Berikut adalah tips-tipsnya untuk Anda. 

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Sukses

1. Ciptakan Profil Bisnis Google

Cara membuat promosi yang menarik yang pertama adalah dengan mendaftarkan diri pada profil Google Business.  Sebagai website mesin pencari terbesar, jika Anda memiliki profil bisnis ini, bisnis Anda akan muncul pada Google Maps. Nah, setelah Anda sudah membuat profil bisnis, langkah selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda bisa muncul lebih tinggi di hasil penelusuran.

2. Buat Website

Website adalah salah satu bagian yang jangan sampai Anda lewatkan. Inilah tujuan dari pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan. Saat mereka menemukan profil Anda di media sosial, kemungkinan besar mereka juga ingin melihat halaman website bisnis Anda. Nah, oleh sebab itu, pastikan Anda membuat halaman website yang menarik dan tercantum segala informasi bisnis seperti alamat, nomor telepon, dan halaman tentang bisnis Anda. 

3. Menggunakan Email Marketing 

Salah satu cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan adalah melalui email marketing. Penggunaan metode pemasaran ini tidak hanya bermanfaat untuk mempromosikan produk Anda, tetapi juga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Email marketing adalah bentuk pemasaran yang bisa membuat pelanggan di daftar email Anda mengetahui beragam produk baru, diskon, dan berbagai layanan lainnya.

Baca Juga : Repeat Order: Tips Agar Customer Melakukan Pembelian Berulang

4. Adakan Program Loyalitas

Mungkin Anda sering ke minimarket, dan pada saat membayar, kasir akan menanyakan “Ada membernya, kak?”. Nah, dengan memiliki member tersebut, setiap kali Anda melakukan transaksi, Anda akan mendapatkan poin yang nantinya bisa Anda gunakan untuk potongan harga. Inilah contoh dari program loyalitas dalam bentuk poin yang seringkali kita jumpai. Nah, Anda juga bisa menggunakan program loyalitas ini untuk menarik lebih banyak pelanggan. 

5. Promosi Melalui Influencer

Saat ini, sudah banyak influencer yang ada di media sosial seperti platform instagram. Anda bisa memanfaatkan influencer untuk membantu promosi produk Anda. Setiap dari influencer pun memiliki rate yang berbeda-beda. Pada umumnya, semakin tinggi followers yang dimiliki, akan semakin mahal rate yang akan diberikan influencer tersebut. Oleh sebab itu, Anda bisa riset terlebih dahulu influencer mana yang cocok dengan budget Anda sekarang. 

6. Memanfaatkan Berbagai Platform

Kini, sudah tersedia berbagai macam platform online yang bisa Anda gunakan untuk promosi. Namun, itu bukan berarti Anda harus menggunakan semua platform yang ada. Cukup gunakan platform yang sesuai dengan target audiens Anda. Misal, target pasar Anda adalah anak-anak muda hingga dewasa, Anda bisa menggunakan platform instagram untuk promosi Anda. Manfaatkan juga iklan yang tersedia di platform tersebut, yaitu instagram ads. 

Baca Juga : 5 Tujuan Promosi Produk, Simak Strategi Memulai Bisnis ini!

7. Berikan Penawaran Menarik

Cara membuat promosi yang menarik adalah dengan memberikan penawaran. Seperti diskon untuk pembelian kedua, ataupun beli 1 gratis 1. Inilah metode yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan baru. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon khusus hari-hari besar seperti hari kemerdekaan, hari lebaran, dan yang lain sebagainya. Pada saat ini, biasanya pesanan akan membludak, oleh sebab itu siapkan diri Anda untuk penjualan yang meningkat. 

Nah, demikianlah 7 tips jitu cara promosi yang menarik untuk bisnis Anda. Ikuti tips-tips di atas untuk membantu pemasaran usaha Anda. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk bisnis Anda. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *