SAPedia

Tips Packing Madu via Ekspedisi Supaya Tidak Mudah Meledak

cara packing madu yang aman

Bisnis madu secara online kini mulai dilirik oleh para pengusaha. Pasalnya, madu memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan sehingga dibutuhkan oleh pasar. Sayangnya, belum banyak pebisnis yang tahu tentang cara packing madu yang aman. Salah pengemasan saja bisa membuat madu tidak layak konsumsi, pecah, tumpah, bahkan meledak di perjalanan.

Madu merupakan benda cair yang sangat rentan terhadap risiko di perjalanan. Nah, lantas bagaimana cara packing madu untuk dikirim agar tidak mudah meledak? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Tips Packing Madu yang Aman

Berbeda dengan produk atau komoditas lainnya, madu memiliki risiko yang tinggi untuk pecah, meledak, atau rusak di jalan. Saat terkena panas atau paparan sinar matahari, madu dapat mengeluarkan busa atau buih lebih banyak sehingga mudah meledak. Sifatnya yang cair membutuhkan cara khusus dalam proses pengemasan untuk menghindari risiko tersebut.

Berikut beberapa tips packing madu yang bisa Anda coba agar aman dan selamat sampai tujuan.

1. Pastikan Madu Tertutup Rapat

Sebelum melakukan pengemasan madu, Anda perlu memastikan bahwa madu yang hendak dikirim telah tertutup rapat dan tersegel dengan baik. Perhatikan tutup madu dengan seksama dan pastikan tidak ada kebocoran.

Jika madu tidak tersegel, Anda bisa menambahkan selotip atau lakban supaya madu tetap tertutup dengan rapat. Tujuannya adalah menghindari madu bocor atau tumpah di perjalanan.

Baca juga: 5 Cara Packing Sepatu yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

2. Gunakan Kardus yang Pas

Setelah dipastikan madu telah tertutup rapat, tips packing madu berikutnya adalah menyiapkan kardus yang pas dan sesuai dengan ukuran kemasan. Pastikan ukuran kardus benar-benar pas untuk mencegah goncangan dan benturan.

Kardus yang dipakai sebaiknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika kardus terlalu besar, madu akan mudah terguncang. Sebaliknya, jika kardus terlalu kecil, maka risiko kardus untuk sobek akan semakin tinggi.

3. Tambahkan Bubble Wrap

Untuk meningkatkan keamanan madu yang dikirim, tambahkan bubble wrap. Bubble wrap mampu melindungi madu dari benturan di perjalanan. Madu yang tertindih barang lain juga lebih aman dengan adanya bubble wrap ini.

Harga bubble wrap tidak mahal, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan bubble wrap dalam jumlah banyak. Semakin tebal bubble wrap yang digunakan, maka kemasan madu akan semakin aman.

4. Lapisi dengan Tambahan Kardus Bila Perlu

Setelah dikemas kardus dan dilapisi bubble wrap, tidak ada salahnya untuk menambahkan kardus pada madu yang akan dikirim. Ukuran kardus yang digunakan sebaiknya lebih besar dari kardus sebelumnya.

Anda juga bisa menambahkan gumpalan kertas atau plastik ke dalam lapisan kardus supaya lebih aman dari benturan. Setelah itu, tutup rapat kardus menggunakan selotip atau lakban sebelum madu dikirimkan melalui ekspedisi.

5. Pilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Langkah selanjutnya adalah memilih jasa ekspedisi yang terpercaya untuk mengirimkan madu Anda. Anda bisa memilih SAP Express yang memiliki kredibilitas baik dengan kurir yang ramah. Terdapat layanan antar jemput yang membuat Anda tidak perlu repot membawa madu ke gerai SAP Express.

Baca juga: 5 Jenis Barang yang Wajib Memakai Packing Kayu

6. Manfaatkan Layanan Asuransi

Terakhir, manfaatkan layanan asuransi yang ada. Saat ini hampir semua jasa ekspedisi menawarkan layanan asuransi guna menjamin keamanan dan keselamatan paket yang dikirim. SAP Express juga menyediakan layanan asuransi yang preminya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Asuransi nantinya akan bertanggung jawab untuk mengganti kerugian jika paket yang dikirimkan rusak atau hilang di jalan. Jika Anda adalah penjual madu online, jangan lupa tawarkan layanan ini ke konsumen, ya.

Itulah tips packing madu untuk dikirim yang bisa Anda coba. Dengan berbagai cara diatas, madu akan lebih aman di perjalanan dan terhindar dari risiko tumpah atau meledak. 

Jika tak ingin repot packing sendiri, manfaatkan layanan jasa packing di SAP Express untuk meningkatkan jaminan barang sampai tanpa kerusakan dengan menggunakan packing kayu atau bubble wrap. Selamat mencoba! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.