Finance

Virtual Account: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

apa itu virtual account

Virtual account merupakan metode pembayaran digital yang sering digunakan oleh masyarakat. Contohnya adalah ketika Anda berbelanja online di e-commerce, Anda bisa memilih opsi pembayaran virtual account yang tentunya praktis. Hanya dengan memasukkan nomor virtual account saat membayar, tagihan belanja Anda akan muncul dengan sendirinya. Sangat mudah bukan?

Lalu apa itu virtual account dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan berikut ini mengenai pengertian, manfaat dan cara kerja virtual account. Simak yuk!

Pengertian Virtual Account

Melansir laman BRI, virtual account adalah metode pembayaran digital melalui akun yang dibuat secara virtual untuk pelanggan. Akun virtual sendiri terdiri atas nomor ID yang unik, ini berarti tidak ada nomor virtual account yang sama. Jika transaksi sudah selesai, tidak perlu untuk mengirim struk transfer lagi jika menggunakan virtual account. Contoh dari virtual account antara lain BRIVA (BRI Virtual) dan Mandiri Virtual Account. 

Berikut adalah jenis dari virtual account, yaitu sebagai berikut:

  • Fixed virtual account: Jenis akun yang ini ditentukan oleh pelanggan. Misalnya, e-wallet yang memakai nomor ponsel pelanggan sebagai nomor ID. Salah satu contohnya adalah e-wallet Gopay. Anda bisa top-up menggunakan nomor ID sama berulang kali. 
  • Non-fixed virtual account: Jenis nomor akun non-fixed digunakan hanya untuk sekali transaksi. Contohnya, saat Anda berbelanja di sebuah e-commerce, nomor ID yang Anda dapatkan tidak bisa digunakan kembali untuk transaksi pembelian yang lain. 

Baca Juga : Bukti Transaksi: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Manfaat Virtual Account

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja manfaat virtual account. Manfaatnya antara lain:

1. Meningkatkan Kenyamanan Berbelanja

Tidak seperti bank tradisional yang mempunyai jam kerja tetap, bank virtual pada umumnya bisa menyediakan layanan 24/7. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki bisnis online, Anda bisa mengakses rekening bank virtual Anda secara praktis. Selain itu, manfaatnya adalah Anda tidak perlu membuang waktu lagi untuk pergi ke bank. Hanya dengan gadget seperti laptop, atau smartphone, proses transaksi dengan pelanggan dapat dilakukan. 

2. Hemat Biaya

Proses transaksi menggunakan virtual account dilakukan secara real-time sehingga Anda bisa memangkas biaya operasional. Bagi Anda yang memiliki usaha online, tentunya ini adalah solusi yang tepat demi mengembangkan bisnis Anda dan untuk menghemat biaya. Dengan begitu, biaya yang sudah dihemat bisa dipergunakan untuk kebutuhan bisnis seperti perawatan aset atau untuk biaya marketing. 

3. Pantau Arus Kas Dengan Fleksibel

Jika Anda memiliki metode pembayaran dengan nomor virtual account, semua transaksi akan tercatat secara otomatis di laporan penjualan. Oleh karena itu, Anda bisa memantau arus kas dengan mudah. Karena berbasis online, Anda bisa memantau laporan ini kapanpun dan dimanapun. 

Baca Juga : Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya

4. Sistem Keamanan yang Terjamin 

Dalam transaksi, tentunya faktor yang paling penting adalah keamanan. Anda sebagai pelaku usaha perlu mengetahui cara kerja setiap fitur pembayaran yang Anda tawarkan. Hal ini akan membantu Anda memastikan keamanan pembayaran pada fitur ini. Jadi, Anda tidak perlu takut ya!

Cara Kerja Virtual Account

Virtual account membantu mengidentifikasi pembayaran dengan sangat mudah. Berikut adalah cara kerjanya jika Anda adalah seorang merchant, yaitu sebagai berikut: 

  • Anda menginformasikan pelanggan untuk melakukan pembayaran ke nomor virtual account. 
  • Setiap dari nomor rekening virtual ditautkan ke setiap pelanggan dan faktur.
  • Setelah Anda telah menerima pembayaran, Anda selanjutnya akan mendapatkan notifikasi. 

Nah, demikian ulasan mengenai pengertian, manfaat serta cara kerja dari virtual account. Penting bagi Anda untuk memiliki akun virtual account untuk memudahkan pelanggan Anda melakukan pembayaran secara mudah. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.