Logistik

Wajib Tahu, Ini Tips Pengiriman Kargo yang Aman!

tips pengiriman kargo

Ingin melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar tapi bingung harus pakai jasa ekspedisi apa? Anda bisa memilih jasa pengiriman kargo yang biasa melayani pengiriman barang dalam jumlah besar baik untuk di dalam maupun luar negeri. Namun sebelum itu, pastikan Anda tahu tips pengiriman kargo yang aman terlebih dahulu.

Kargo sendiri dalam KBBI diartikan sebagai muatan barang yang diangkut menggunakan kapal laut, pesawat udara atau pengangkut lainnya. Barang yang masuk dalam kategori kargo ini bisa masuk untuk jenis apa saja asalkan dilengkapi dengan dokumen pengangkutan yang jelas.

Lalu apa perbedaan antara pengiriman kargo dan pengiriman reguler serta bagaimana tips mengetahui pengiriman cargo aman atau tidak? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Yuk, Kenali Istilah Pengiriman Barang yang Kerap Digunakan Berikut Ini!

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Pengiriman Reguler

Untuk memudahkan memahami perbedaan antara pengiriman kargo dan reguler, berikut penjabaran lengkapnya:

1. Berat

Barang yang bisa dikirim menggunakan layanan kargo harus memiliki berat minimal 10 kg atau 50 kg (tergantung ketentuan jasa ekspedisi). Sedangkan untuk pengiriman reguler, tidak ada batas minimal berat untuk barang yang ingin dikirimkan.

2. Tarif

Perbedaan pengiriman kargo vs reguler yang selanjutnya adalah dari tarif yang ditawarkan. Jika ingin mengirim  barang dalam jumlah besar, tarif kargo pastinya lebih murah. Hal ini karena jasa ekspedisi reguler menghitung tarif pengiriman berdasarkan berat per kilogram barang sehingga semakin berat maka semakin mahal tarifnya.

3. Jenis Barang

Ekspedisi reguler biasanya menerima pengiriman barang seperti dokumen, makanan kering, baju dan barang lain dalam jumlah dan ukuran yang relatif kecil. Sedangkan pengiriman kargo melayani barang dalam ukuran besar seperti bahan pokok, bahan industri dan furniture.

Tips Melakukan Pengiriman Kargo yang Aman

Jika Anda berniat untuk mengirim barang dengan menggunakan jasa kargo, selain memahami tips memilih ekspedisi pengiriman kargo marketplace atau e-Commerce aman atau tidak, Anda juga perlu tahu tips melakukan pengiriman kargo yang aman seperti di bawah ini:

1. Pilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan layanan kargo adalah pilih jasa ekspedisi atau jasa logistic yang terpercaya. Pilih jasa ekspedisi yang memang kredibel dan terbukti memberikan layanan terbaik untuk pelanggan. Memilih jasa ekspedisi yang sudah terkenal adalah pilihan terbaik.

2. Kemas Barang Sesuai Jenis

Untuk memastikan barang yang Anda kirim bisa sampai ke tujuan dengan aman, maka perlu pengemasan atau packing yang tepat. Pastikan gunakan packing yang sesuai dengan jenis barang untuk meminimalisir resiko kerusakan selama perjalanan. Berbagai jenis kemasan yang bisa digunakan untuk pengiriman kargo adalah kardus, bubble wrap, atau bisa juga dengan kotak kayu agar lebih aman.

3. Ukur dan Timbang Barang yang Akan Dikirim

Setelah barang di packing dengan baik, selanjutnya adalah timbang dan ukur barang yang akan dikirim untuk menentukan tarif pengiriman yang harus Anda bayar. Setiap penyedia jasa ekspedisi biasanya memiliki perhitungan tarif kargo tersendiri. Setelah barang yang ingin Anda kirimkan sudah diserahkan ke jasa kargo, jangan lupa untuk bertanya estimasi pengiriman kargo berapa lama hingga barang sampai tujuan.

4. Berikan Label pada Paket

Sebelum dikirim, jangan lupa untuk memberikan label pada kemasan barang. Selain label berisi alamat penerima, Anda juga bisa menambahkan dengan label fragile jika barang yang dikirim adalah barang pecah belah. Dengan adanya label khusus pada pengiriman cargo tersebut, kurir yang melakukan pengiriman akan lebih berhati-hati sehingga risiko barang rusak lama proses pengiriman bisa diminimalisir.

5. Jaminan Garansi

Saat memilih jasa ekspedisi kargo, jangan lupa untuk menanyakan apakah perusahaan tersebut memberikan jaminan garansi untuk barang yang dikirim atau tidak. Jika tersedia, cari tahu syarat dan ketentuannya seperti apa sehingga bisa melakukan klaim jika barang yang Anda kirim rusak atau hilang pada saat proses pengiriman. 

6. Manfaatkan Fitur Tracking untuk Melacak Barang

Untuk memantau proses pengiriman barang sudah sampai dimana, Anda bisa menggunakan fitur tracking yang disediakan oleh jasa ekspedisi. Caranya adalah masukkan kode resi yang diberikan oleh jasa pengiriman cargo terdekat di kolom tracking yang tersedia di website resmi jasa ekspedisi.

Baca Juga : Apa Itu Logistik, Tujuan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

Menggunakan layanan kargo bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin mengirim barang dalam jumlah atau ukuran yang besar. Layanan kargo menawarkan tarif yang lebih murah jika dibandingkan dengan layanan pengiriman reguler. Namun begitu, pastikan pahami dulu tips pengiriman kargo yang aman agar barang Anda bisa sampai ke tujuan dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.