Logistik

Pahami Apa itu Warehouse Management System dan Keuntungannya

fungsi warehouse management system

Bisnis, pada umumnya membutuhkan fasilitas yang namanya gudang. Inilah yang akan menjadi tempat penyimpanan stok barang, sebelum nantinya akan dikirimkan kepada konsumen akhir. Sekarang, terdapat sistem yang dinamakan warehouse management system, yang bisa membantu bisnis untuk bisa menyimpan barang secara lebih efektif dan efisien. Lantas apa itu warehouse management system dan keuntungannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Pengertian Warehouse Management System

Melansir dari laman Oracle, warehouse management system adalah solusi perangkat lunak yang menawarkan visibilitas ke seluruh inventaris sebuah bisnis dan membantu pengelolaan operasi pemenuhan rantai pasokan dari pusat distribusi ke rak toko. Dengan begitu, bisnis bisa mengontrol dan mengelola operasi gudang dari barang masuk ke gudang hingga keluar. Oleh sebab itu, warehouse management system ini penting bagi Anda yang ingin bisnis berjalan dengan efisien. 

Warehouse management system cocok dalam rantai pasokan, yang hanya dapat beroperasi secepat, akurat, dan seefisien yang diizinkan oleh proses gudang. Selain itu sistem manajemen gudang ini memainkan peran penting dalam manajemen rantai pasokan dengan cara mengelola proses pemenuhan pesanan, mulai dari penerimaan bahan baku hingga pengiriman barang jadi. 

Baca Juga : 7 Istilah Dalam Warehouse yang Populer Saat ini

Keuntungan Warehouse Management System 

Berikut adalah beberapa keuntungan dari warehouse management system, yaitu antara lain;

  1. Ruang yang Optimal dan Biaya Operasional yang Lebih Rendah

Keuntungan pertama dari warehouse management system adalah ruangan gudang yang lebih optimal dan biaya operasional yang relatif cukup rendah. Sistem ini mengoptimalkan alur gudang dengan menganalisis penggunaan ruang lantai terbaik berdasarkan tugas dan karakteristik material. Dalam implementasinya, penggunaan ruang dan analisis denah lantai digunakan untuk menentukan bagaimana ruang sebaiknya digunakan dan mengurangi pemborosan. 

  1. Visibilitas Inventaris  

Keuntungan selanjutnya warehouse management system adalah dapat memberikan bisnis visibilitas inventaris yang akurat secara real-time. Hal ini pun memungkinkan perusahaan untuk memperkirakan pasokan dengan lebih aman dan menghindari pemesanan kembali, yang pada akhirnya menghasilkan pelanggan yang lebih puas. Dengan teknologi pemindaian dalam warehouse management system, maka kesempatan untuk barang hilang, terlupakan, akan lebih sedikit. 

  1. Tenaga Kerja Lebih Efektif

Dibalik keuntungan lainnya dari warehouse management system, sistem ini membuat tenaga kerja menjadi lebih efektif, lho!. Dengan mempertimbangkan tingkat keterampilan pekerja, peralatan mereka, dan tugas gudang yang tersedia, warehouse management system bisa menetapkan tugas yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat dengan lebih baik. Sebab, WMS dapat menugaskan pekerjaan sehari-hari dan merancang jadwal secara efisien. 

  1. Rantai Pasokan yang Optimal

Keuntungan warehouse management system berikutnya adalah rantai pasokan yang optimal. Sistem ini mengoptimalkan operasi internal gudang yang kemudian dapat diperluas ke rantai pasokan yang lebih luas. Di dalam gudang sendiri, warehouse management system merampingkan seluruh proses gudang dari penerimaan masuk hingga penerimaan keluar. Hal ini tentunya dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya. 

Baca Juga : 6 tipe-tipe gudang dan fungsinya, Wajib Simak!

Perbedaan SCM dengan Warehouse Management System

Mungkin Anda pernah mendengar yang namanya istilah supply chain management. Apakah itu sama dengan warehouse management system? Nah, sebelum itu mari kita pahami terlebih dahulu apa itu supply chain management. Melansir dari Investopedia, supply chain management adalah manajemen aliran barang dan jasa yang terpusat dan mencakup semua proses yang mengubah bahan baku menjadi produk akhir. Dengan adanya sistem ini, perusahaan dapat memangkas biaya yang berlebihan dan mengirimkan produk ke konsumen lebih cepat. 

Setelah mengetahui apa itu supply chain management, dapat ditarik kesimpulan bahwa warehouse management system dan supply chain management berbeda. SCM lebih berfokus kepada pembentukan bahan baku menjadi barang yang sudah jadi, sedangkan WMS berfokus kepada logistik barang. Nah, apakah sekarang sudah paham perbedaannya?Demikianlah pembahasan kali ini mengenai warehouse management system dan keuntungannya. Untuk Anda yang ingin sewa gudang online, Anda bisa menghubungi kami dan temukan bagaimana SAP Express bisa menjadi solusi bagi bisnis online Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *