Bisnis

Yuk, Intip Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online Berikut Ini!

belanja online

Semenjak pandemi Covid 19 menyerang pada 2020 lalu, tren belanja online semakin meningkat. Banyak masyarakat yang beralih dari belanja offline menjadi belanja online. Belanja online dirasa semakin mudah dan nyaman untuk dilakukan. Ditambah lagi dengan aplikasi belanja online yang menjamur, semakin meningkatkan daya beli konsumen untuk berbelanja secara online.

Meskipun demikian, belanja online tidak selamanya menguntungkan. Ada beberapa kasus dimana pembeli dirugikan lantaran paket hilang atau tidak sampai tujuan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh penjual yang kurang amanah, ekspedisi yang kurang terpercaya, atau hal lain diluar kuasa penjual dan pembeli (force majeure). 

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan belanja online, yuk simak ulasan berikut ini!

Kelebihan Belanja Online

Mudahnya membeli barang tanpa harus keluar rumah mungkin menjadi alasan utama kenapa banyak orang lebih menyukai berbelanja secara online belakangan ini. Anda tidak perlu membuang waktu di jalan untuk belanja karena cukup melihat layar smartphone saja. Selain itu, berikut kelebihan belanja online yang perlu Anda tahu:

1. Hemat Tenaga dan Waktu

Dengan belanja online, Anda dapat menghemat tenaga Anda. Anda tidak perlu berletih-letih berjalan dari satu toko ke toko lainnya untuk membeli barang. Hanya bermodalkan koneksi internet, Anda bisa dengan mudah bertransaksi. 

Waktu yang dibutuhkan untuk bertransaksi juga jauh lebih singkat. Bahkan Anda bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja. Sembari bekerja atau tiduran, Anda bisa berbelanja. Mudah bukan?

Baca Juga : Waspadai Resi Palsu Saat Berbelanja Online, Jangan Asal Beli!

2. Pilihan Variatif

Saat ini toko online bertebaran dimana-mana. Jika Anda membutuhkan sepatu olahraga misalnya, Anda memiliki banyak pilihan. Ada banyak toko sekaligus yang bisa Anda kunjungi. Hal ini berbeda dengan belanja offline, yang tentunya sangat menyita waktu jika Anda harus menyisir toko satu per satu untuk mendapatkan pilihan yang variatif.

3. Mudah Menemukan Barang yang Diinginkan

Belanja online juga memudahkan Anda untuk menemukan barang yang Anda inginkan. Coba bayangkan, hanya dengan mengetik produk yang Anda cari pada mesin pencarian, Anda bisa menemukan barang tersebut. Tentunya dengan pilihan yang beragam. 

Belanja online juga memungkinkan Anda untuk mencari barang yang sulit dijangkau, bahkan ketika barang tersebut hanya dijual di luar negeri misalnya. Anda tetap bisa membeli barang tersebut dengan mudah.

4. Proses Pembayaran Mudah dan Cepat

Kelebihan lain dari belanja online adalah proses pembayarannya yang mudah dan cepat. Saat ini ada banyak pilihan untuk pembayaran online, seperti transfer bank, dompet digital, atau melalui minimarket. Sekali lagi, tak perlu repot untuk membayar produk yang dipilih, hanya dengan sekali ‘klik’ dan ‘bayar’, Anda tinggal duduk diam menunggu barang dikirim.

5. Mendapat Potongan Harga

Anda ingin mendapatkan potongan harga saat berbelanja? Berbelanja secara online bisa Anda coba. Banyak aplikasi toko online yang menawarkan promo, diskon, dan juga cashback yang menarik. Di waktu-waktu tertentu, seperti Harbolnas misalnya, banjir diskon juga bisa Anda dapatkan.

Kekurangan Belanja Online

Meskipun belanja online menawarkan kelebihan yang beragam, belanja secara online bukan tanpa cacat. Terdapat beberapa kekurangan belanja online yang juga perlu Anda tahu:

1. Produk Tidak Sesuai

Apakah ekspektasi Anda terhadap baju yang Anda beli secara online sudah sesuai? Nah, inilah yang menjadi salah satu kelemahan belanja online. Anda tidak melihat dan menyentuh produk secara langsung, sehingga kerap tidak sesuai. 

Solusinya adalah dengan membaca dengan cermat deskripsi produk yang ditawarkan. Baca juga berbagai ulasan yang diberikan oleh para pembeli lain untuk menghindari ekspektasi produk yang kurang sesuai.

Baca Juga : Begini Cara Melihat Barang Online Sampai Dimana

2. Lebih Boros

Mudahnya belanja online bisa menjadi momok tersendiri. Anda berisiko kalap belanja saking tertariknya dengan berbagai penawaran yang diberikan. Tentu hal ini tidak baik bagi manajemen keuangan dan masa depan Anda. Untuk menghindarinya, pastikan Anda berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan budget yang sudah ditentukan sebelumnya.

3. Rawan Penipuan

Belanja online juga rawan terhadap penipuan. Misalnya, barang yang dikirim tidak sesuai atau bahkan sama sekali tidak dikirim oleh penjual. Biasanya hal ini terjadi karena pembeli membeli di toko yang tidak amanah.

Oleh karena itu, pastikan Anda hanya berbelanja online di toko yang terpercaya. Melihat ulasan dapat membantu Anda untuk menentukan apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak.

4. Risiko Hilang atau Rusak

Apakah Anda pernah mengalami barang hilang atau rusak saat belanja online? Ya, ini juga merupakan salah satu risiko belanja online yang perlu diwaspadai. Pilih ekspedisi yang terpercaya untuk mengangkut barang yang Anda beli seperti SAP Express agar produk sampai tujuan dengan aman.

5. Pengiriman Lama

Kelemahan lain dari belanja online adalah tidak langsung mendapatkan produk setelah selesai bertransaksi. Anda perlu menunggu beberapa hari sampai barang bisa Anda terima. Hal ini karena proses pengiriman yang membutuhkan waktu. Sebelum membeli produk, Anda bisa mengecek estimasi lama pengiriman agar bisa tahu kapan produk akan sampai di tangan Anda.

Bagaimana Bisa Paket Hilang?

Penjual mungkin saja sudah mengirim paket yang Anda beli, namun bagaimana paket bisa hilang? Umumnya paket yang hilang terjadi saat proses pengiriman. Ada beberapa faktor yang membuat paket bisa hilang saat proses pengiriman, yaitu:

1. Alamat Tujuan Rusak

Paket pesanan yang hilang bisa disebabkan oleh hilang atau rusaknya label alamat tujuan. Hal ini sangat mungkin terjadi, sehingga Anda tidak kunjung mendapatkan barang yang Anda beli. Jika hal ini terjadi, umumnya paket akan dikembalikan ke pengirim atau ditahan di gudang ekspedisi sampai ada pihak yang melakukan klaim atas paket tersebut.

2. Kecelakaan

Kecelakaan juga bisa menjadi salah satu penyebab paket hilang. Kecelakaan ini terjadi pada kurir yang mengantar atau pada truk ekspedisi. Jika Anda membeli asuransi barang, maka risiko ini bisa diminimalisir karena pihak asuransi akan mengganti paket Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Hilang?

Jika Anda kehilangan paket Anda, maka beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan:

  1. Konfirmasi pada pihak penjual atau pengirim barang mengenai produk yang tidak kunjung sampai
  2. Jika hilangnya barang merupakan kesalahan ekspedisi, segera buat klaim kehilangan yang ditujukan pada ekspedisi
  3. Persiapkan seluruh syarat yang diminta untuk pengajuan klaim
  4. Tunggu sampai proses klaim kehilangan barang di follow up oleh ekspedisi

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai belanja online. Dengan mengetahui kelebihan, kekurangan belanja online, serta apa yang perlu dilakukan saat barang hilang, Anda akan lebih tenang saat berbelanja secara online. Selain itu, pastikan Anda pilih jasa ekspedisi terpercaya seperti SAP Express yang akan menjamin produk sampai tujuan dengan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *