Bisnis

Yuk, Intip Perbedaan Paid Promote dan Endorse Berikut Ini!

perbedaan paid promote dan endorse

Tentunya sebagai pebisnis online, Anda sudah tidak asing dengan istilah paid promote dan endorsement bukan? Ya, sebagai seseorang yang setiap harinya bergelut dengan media sosial, pastinya Anda kerap mendengar kedua istilah tersebut. Namun tahukah Anda apa perbedaan paid promote dan endorse?

Keduanya sama-sama merupakan cara yang dilakukan untuk meningkatkan closing produk melalui pihak ketiga, yaitu influencer. Nah, meskipun terlihat sama-sama penting untuk memasarkan produk, namun ternyata keduanya berbeda. Untuk tahu apa perbedaan paid promote dan endorse secara jelas, yuk simak ulasan berikut ini. 

Pengertian Paid Promote

Sebelum tahu perbedaan paid promote dan endorse, penting bagi Anda untuk paham pengertian paid promote terlebih dahulu. Paid promote artinya promosi berbayar yang melibatkan jasa influencer, selebgram, atau media. Promosi tersebut berisi informasi mengenai kampanye produk yang materinya sudah disiapkan oleh brand.

Jangkauan dari paid promote cukup luas, karena tidak hanya terbatas pada followers atau pengikut dari sosial media influencer saja. Namun juga dapat masuk ke tab explore yang ada di sosial media. Jadi akan ada banyak orang yang melihat promosi produk Anda karena muncul di laman explore.

Baca Juga : 5 Tujuan Promosi Produk, Simak Strategi Memulai Bisnis ini!

Pengertian Endorse

Sedangkan endorse atau endorsement merupakan sebuah iklan atau promosi yang melibatkan influencer atau tokoh terkenal lainnya namun kontennya lebih bebas dan cenderung membutuhkan kreativitas dari influencer. Influencer bebas mengiklankan produk tersebut seperti apa sesuai dengan style yang dimilikinya, karena brand tidak menyiapkan materinya.

Umumnya output dari endorse adalah berupa video testimoni atau review produk yang organik. Audience dalam hal ini bisa melihat langsung review tersebut karena produk digunakan oleh influencer. Strategi ini terbilang cukup efektif jika pemilihan influencer tepat untuk melakukan endorsement.

Perbedaan Paid Promote dan Endorse

Meskipun sama-sama bertujuan untuk memasarkan produk, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Pada paid promote, influencer akan mengunggah foto atau video dan juga caption yang sebelumnya telah disediakan oleh brand atau pemilik produk.

Harga paid promote sudah disepakati kedua belah pihak sebelumnya, sehingga brand tidak perlu mengirim barang atau produk yang diiklankan. Jadi influencer tidak memberikan review atau ulasan mengenai produk tersebut karena materi telah tersedia.

Sedangkan pada endorsement, pemilik brand perlu mengirimkan produk pada influencer untuk diberikan ulasannya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ulasan yang sifatnya positif dan bisa dishare ke audiens. 

Jadi materi paid promote sudah disediakan oleh brand, sedangkan pada endorse belum. Influencer perlu membuat konten sendiri yang menampilkan ulasan atas produk tersebut. Untuk sistem pembayarannya juga berbeda, karena pada endors, pembayaran adalah berupa produk yang diiklankan.

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

Manfaat Endorse dan Paid Promote dalam Bisnis

Seperti telah dijelaskan diatas, mekanisme pada paid promote dan endorse berbeda. Namun keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama, yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Melalui paid promote dan endorse, dapat meningkatkan brand awareness sebuah bisnis. Influencer sebagai pihak ketiga dapat membantu meningkatkan jangkauan produk sehingga lebih mudah dikenal audiens. Semakin banyak orang yang mengenal produk Anda, maka potensi penjualan pun akan meningkat.

2. Meningkatkan Engagement

Selain brand awareness, paid promote dan endorse juga dapat meningkatkan engagement. Influencer memiliki pengaruh yang besar dan positif pada interaksi media sosial bisnis Anda, sehingga berpotensi meningkatkan jumlah followers yang berujung pada closing. Selain itu, jumlah pengikut yang banyak juga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk. 

3. Mempromosikan Bisnis dengan Efektif

Manfaat paid promote dan endorse berikutnya adalah membantu mempromosikan bisnis dengan lebih efektif. Perlu diketahui bahwa media sosial merupakan salah satu sarana promosi yang efektif sehingga kedua cara tersebut juga otomatis mampu meningkatkan penjualan. Terlebih di era digital, jumlah pengguna media sosial semakin meningkat sehingga cara promosi ini dianggap sangat efektif.

Nah, itulah perbedaan paid promote dan endorse yang perlu Anda tahu. Sebagai pebisnis, menentukan cara promosi yang tepat sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa menjajal salah satu atau kedua cara diatas untuk meningkatkan potensi penjualan bisnis Anda.

usaha jasa pengiriman barang

3 Comments

  • Adek 13 Desember 2022

    Mantap

  • siska okta 9 Januari 2023

    saya mau jualan

  • siska okta 9 Januari 2023

    jln terminal bareh solok simpang rumbio kota solok kandang aua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.