Bisnis

Yuk, Kenali Pengertian, Tujuan dan Cara Melakukan Riset Pasar Bagi Pebisnis

riset pasar

Apakah Anda sedang mencoba terjun ke bisnis baru? Sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar dibutuhkan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen Anda. Jangan sampai Anda terlanjur menjual produk yang ternyata tidak dibutuhkan oleh pasar.

Jadi sebelum menentukan produk atau jasa apa yang akan dijual, tentunya Anda harus tahu kebutuhan dan keinginan pasar. Itulah mengapa riset pasar menjadi hal yang fundamental dalam sebuah bisnis. Riset pasar juga berperan penting dalam menjadikan bisnis Anda unggul dibandingkan kompetitor lain. 

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang pengertian riset pasar, tujuan, dan caranya, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar adalah salah satu strategi bisnis yang dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap sebuah produk atau jasa yang akan diluncurkan. Riset pasar dapat membantu memproyeksikan apa keinginan dan kebutuhan konsumen di masa sekarang dan masa depan.

Dengan adanya riset pasar, Anda dapat menentukan layak tidaknya produk atau jasa Anda melalui sebuah riset terhadap calon konsumen. Tujuannya adalah untuk mendapatkan feedback atau umpan balik dari konsumen tentang produk atau jasa tersebut. Jadi ketika produk atau jasa Anda benar-benar ditawarkan, akan mendapat respon yang positif dari masyarakat karena sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Baca Juga : Begini Cara Endorse Selebgram untuk Promosi Bisnis, Mau Coba?

Tujuan Riset Pasar

Seperti telah disinggung sebelumnya, riset pasar bertujuan untuk mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu, riset pasar juga bertujuan untuk:

1. Mengecek Apakah Produk Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen

Salah satu tujuan riset pasar adalah melihat apakah produk atau jasa yang hendak ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Nantinya Anda dapat mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen sehingga mudah bagi Anda untuk menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan produk yang hendak launching.

Termasuk bagi Anda yang masih bingung hendak menawarkan produk apa, maka bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menentukan produk yang seperti apa yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Menentukan Harga Jual

Riset pasar juga dibutuhkan untuk menentukan berapa harga jual produk yang hendak ditawarkan. Tentunya dalam menentukan harga jual, Anda perlu melihat daya saing dan kompetitor dari produk tersebut.

Dengan adanya riset pasar, Anda bisa melihat bagaimana daya beli masyarakat terhadap sebuah produk sehingga tidak salah dalam mematok harga. Hal ini dapat meminimalisir kerugian lantaran tidak tepat dalam menentukan harga jual.

3. Menentukan Bentuk Promosi

Tujuan riset pasar berikutnya adalah menentukan bentuk promosi seperti apa yang menarik bagi konsumen. Tentunya promosi yang menarik akan memudahkan Anda dalam menggaet konsumen, terlebih jika Anda adalah pemain baru dalam bisnis tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan, riset pasar dapat melihat bagaimana perilaku konsumen terhadap sebuah produk. Oleh karena itu, nantinya Anda akan mudah dalam menentukan strategi promosi yang tepat bagi produk atau jasa Anda.

Baca Juga : 5 Cara Mencari Produk yang Sedang Trend, Pebisnis Wajib Tahu!

Jenis Riset Pasar

Terdapat 2 jenis riset pasar yang bisa Anda jajal untuk bisnis Anda, antara lain:

1. Riset Pasar Primer

Riset pasar primer adalah riset yang dilakukan tanpa menggunakan pihak ketiga sebagai sumber data. Bisa dikatakan riset ini langsung menggunakan informasi dari konsumen atau calon konsumen tersebut. Metode dari riset pasar primer antara lain menggunakan teknik wawancara langsung, FGD, Penelitian etnografi, dan juga kuesioner. Dengan menggunakan jenis riset ini, Anda bisa langsung mengetahui bagaimana perilaku konsumen dari konsumen tersebut secara langsung.

2. Riset Pasar Sekunder

Berbeda dari riset pasar primer, riset pasar sekunder menggunakan pihak ketiga sebagai sumber data. Artinya, Anda tidak mencari tahu dari sumber datanya secara langsung, melainkan melalui media lain. Riset pasar sekunder menggunakan data yang telah dibuat dan dikelola pihak lain, seperti majalah, buku, pemerintah, situs perusahaan, dan lainnya.

Cara Melakukan Riset Pasar

Selanjutnya, Anda pasti penasaran bagaimana cara melakukan riset pasar yang tepat? Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam riset pasar:

1. Tentukan Target

Cara pertama dalam melakukan riset pasar adalah dengan menentukan dan memahami siapa target pasar Anda. Anda perlu tahu siapa yang akan menjadi target atau konsumen ideal bagi brand yang hendak Anda buat. Gunakan beberapa karakteristik dalam menentukan siapa target Anda, seperti karakteristik umur, jenis kelamin, lokasi, jumlah pendapatan, dan lainnya.

Baca Juga : Begini Cara Menarik Pelanggan Bisnis yang Efektif

2. Siapkan Pertanyaan 

Setelah tahu siapa saja target dalam riset pasar yang hendak dilakukan, langkah selanjutnya adalah menyusun daftar pertanyaan. Pastikan pertanyaan tersebut telah mencakup poin-poin utama yang bisa menjawab kebutuhan pasar. Artinya, pertanyaan tersebut harus sesuai dan tepat sasaran sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban dari riset pasar ini.

3. Analisis Temuan

Saat melakukan riset, jangan lupa untuk mencatat semua temuan yang ada di lapangan. Jangan sampai ada yang terlewat karena ini sangat berpengaruh terhadap langkah Anda selanjutnya di masa depan. Setelah itu, buatlah laporan dalam bentuk tabel, gambar, atau diagram agar hasil dari riset lebih mudah untuk dipahami.

Nah, sekarang Anda sudah paham bukan tentang apa itu riset pasar dan juga tujuannya? Dengan menjajal melakukan langkah riset pasar di atas, Anda bisa menemukan jawaban yang tepat apakah produk Anda telah sesuai dengan kebutuhan pasar atau tidak. Pastikan Anda melakukan riset pasar dengan hati-hati agar tidak meleset. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *