Finance

Yuk, Simak Pengertian Sistem Pembayaran Digital dan Jenisnya Berikut Ini!

pembayaran digital

Di era sekarang ini, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah sistem pembayaran digital. Seperti namanya, sistem pembayaran ini tidak menggunakan uang secara fisik akan tetapi dilakukan secara online atau digital. Selain lebih praktis, sistem pembayaran digital juga lebih aman.

Lebih jauh tentang apa itu sistem pembayaran digital dan apa saja jenisnya, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Sistem Pembayaran Digital

Pembayaran digital adalah suatu proses transfer nilai dari satu akun pembayaran ke akun pembayaran lainnya dengan memanfaatkan perangkat digital seperti smartphone atau menggunakan komunikasi digital seperti komputer.

Pembayaran digital juga dikenal sebagai sistem pembayaran yang dilakukan dengan metode transfer bank, kartu pembayaran hingga uang digital. Jadi secara umum pembayaran digital adalah jenis pembayaran yang bersifat cashless, paperless dan contactless.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu E-Wallet dan Jenisnya

Jenis-Jenis Pembayaran Digital

Seiring perkembangannya, jenis pembayaran digital semakin banyak dan beragam. Berikut ini beberapa jenis sistem pembayaran digital yang cukup sering digunakan:

1. Kartu Perbankan

Kartu perbankan seperti kartu debit dan kartu kredit menjadi salah satu jenis pembayaran digital yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Metode pembayaran melalui kartu perbankan dianggap mudah dan aman serta bisa digunakan dalam transaksi online maupun transaksi fisik.

2. Dompet Digital

Dompet digital merupakan platform yang memungkinkan seseorang bisa membawa uang tunai dalam bentuk digital yang termasuk dalam contoh pembayaran digital. Saat ini telah banyak pilihan platform dompet digital yang bisa Anda pilih. Pengguna juga bisa menghubungkan rekening bank dengan akun dompet digital untuk memudahkan dalam bertransaksi.

3. Terminal POS

Terminal POS merupakan suatu terminal yang bekerja melalui smartphone dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web untuk memproses pembayaran. Jenis terminal POS yang paling umum digunakan untuk melakukan sistem pembayaran digital adalah kartu kredit atau debit.  Dengan cara ini, Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggesekkan kartu kredit dan memasukkan PIN saja.

4. Internet Banking

Jenis pembayaran digital yang lainnya adalah internet banking. Ini merupakan suatu metode pembayaran bank tertentu yang dapat membantu nasabah bank dalam melakukan kegiatan transaksi dan keuangan dengan lebih mudah melalui website bank. Internet banking terhubung dengan rekening bank dan membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

5. Mobile Banking

Mobile banking merupakan aplikasi pembayaran digital yang terhubung dengan rekening bank. Seperti namanya, kegiatan transaksi keuangan atau perbankan bisa dilakukan melalui smartphone sehingga sangat memudahkan nasabah bank tersebut.

Baca Juga : Agar Aman Bertransaksi, Yuk Perhatikan Tips COD Bagi Penjual Berikut Ini!

6. Micro ATM

Micro ATM merupakan perangkat BC atau Business Correspondents yang memberikan pelayanan perbankan penting bagi nasabahnya. Jenis pembayaran digital ini biasa digunakan lebih pemilik toko online untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran saat membeli produk secara online.

7. Kode QR

Satu lagi jenis pembayaran digital yang cukup banyak digunakan saat ini adalah kode QR. Ini merupakan suatu kode dua dimensi yang didalamnya terdapat data penting. Cara ini banyak digunakan dalam transaksi pembayaran karena mudah dan cepat.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, transaksi pembayaran saat ini tidak hanya bisa dilakukan secara fisik atau konvensional saja. Telah banyak tersedia jenis pembayaran digital yang praktis dan mudah digunakan. Tidak hanya itu, cara ini juga dianggap lebih aman karena Anda tidak perlu membawa uang cash kemana-mana saat ingin berbelanja atau bertransaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *