SAPedia: Format Penulisan Alamat Tujuan Paket yang Baik dan Benar


Posted on 2020-02-21 23:59:12

Di era globalisasi seperti ini, kegiatan jual-beli tidak lagi terjadi antara penjual dan pembeli di pusat perbelanjaan saja. Namun, kegiatan ini dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Sistem jual-beli online sudah tidak asing lagi walau sebagian orang masih belum mengetahui proses panjang yang terjadi di baliknya.

Salah satunya adalah penggunaan jasa pengiriman (ekspedisi). Bagi penjual online, hal ini mungkin sudah menjadi kegiatan yang mudah dan tidak lagi asing. Akan tetapi, hal ini masih terkesan rumit bagi beberapa orang.

Selain mengemas barang, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah menuliskan alamat tujuan dengan tepat. Jika alamat yang dituliskan tidak lengkap, bukan tidak mungkin paket Anda tidak sampai atau bahkan bisa hilang.


Penulisan Alamat Tujuan Paket yang Baik dan Benar

Alamat adalah bagian penting bagi jasa pengiriman. Agar paket Anda tiba sesuai tujuan, ada beberapa tips yang dapat Anda pahami seperti di bawah ini:

Penulisan Alamat Tujuan:

Nama Penerima:
Alamat:
Nomor Telepon:

Terlihat sederhana, bukan? Nah, walau sederhana, penulisan alamat menjadi hal krusial jika tidak ditulis dengan lengkap. Pastikan Anda mencantumkan hal-hal di bawah ini:
•    Perumahan atau nama tempat (Jika ada)
•    Nama jalan
•    RT dan RW
•    Kelurahan/Desa
•    Kecamatan
•    Kota/Kabupaten
•    Provinsi
•    Kode Pos
•    Negara (jika perlu)

Mengapa tiga hal di atas menjadi bagian yang penting bagi jasa pengiriman? Lagi-lagi agar paket Anda sampai pada tujuan yang sesuai. Tiga hal di atas juga memiliki fungsi tersendiri.

Nama Penerima : Saat paket berhasil tiba pada alamat yang tertera, kurir akan memastikan bahwa alamat tersebut sesuai dengan nama penerima.

Alamat : Tidak perlu dipungkiri lagi, bagian ini akan menjadi petunjuk awal jasa pengiriman dalam memastikan paket tiba dengan tepat. Jika alamat yang tertera tidak lengkap, besar kemungkinan barang tidak sampai pada penerima.

Nomor Telepon : Jika penerima paket tidak sedang berada di alamat tujuan, kurir dapat menghubungi melalui telepon untuk melakukan konfirmasi terhadap barang yang dikirimnya.

 

Contoh Penulisan Alamat

Berikut ini adalah beberapa contoh penulisan alamat yang disarankan dalam penulisan alamat baik surat maupun paket pengiriman.

Contoh 1:
Isna Sutisna
Perumahan Harapan Bangsa 
Jl. Semenanjung Blok B No. 9 RT. 01 RW. 02
Gumuruh, Batununggal, Bandung, Jawa Barat 40275
(+62) 811-1234-567

Contoh 2:
Dadang
Apartemen Kamboja Tower 2 Lantai 12 No. 4B
Jl. Raya Bukit Permata, Kel. Cimalaka, Kec. Cimalaka
Kab. Sumedang, Jawa Barat Bandung 45353
(0261) 2066 2077

Contoh 3:
Hj. Maimunah
Jl. Otista Raya No. 345
Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur
DKI Jakarta, Indonesia 13320
(021) 8081 4040 

 

Nah, mulai sekarang, jangan sampai keliru lagi ya saat menuliskan alamat! Tidak hanya mempermudah kurir, namun alamat yang lengkap pun akan memudahkan paket Anda cepat sampai ke penerima.

peluang usaha jasa kurir murah 2020
peluang usaha jasa kurir murah 2020