Logistik

Apa itu Gudang Transit? Inilah Info yang Perlu Anda Ketahui!

apa itu gudang transit

Gudang transit adalah gudang yang dimanfaatkan dalam penyimpanan barang sebelum sampai ke tangan pembeli. Anda perlu menjaga semua flow produksi hingga pengiriman tetap teratur di satu tempat agar dapat menghemat anggaran dan meningkatkan produktivitas perusahaan. 

Mungkin bagi Anda yang sering berbelanja online dan mendapat status pengiriman barang Anda yang dinyatakan sedang berada di gudang transit. Itulah fungsi gudang transit yang tidak banyak diketahui orang. Namun, sebenarnya apa pengertian dan sistem gudang transit? Mari kita simak selengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian Gudang Transit

Melansir pendapat dalam laman Interlake Mecalux, gudang transit adalah fasilitas yang dikonfigurasi untuk memberikan dukungan ke jaringan distribusi utama. Jadi, apa artinya ini? Barang disimpan sementara sampai diperlukan pada tahap proses logistik berikutnya, misalnya pengemasan atau pengiriman akhir ke pelanggan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian gudang transit adalah tempat yang difungsikan untuk menerima dan menampung barang dalam sementara waktu. Barang yang diterima berasal dari beberapa lokasi lalu selanjutnya dikirimkan ke lokasi tujuan sesuai alat penerima. 

Baca Juga : Perusahaan Logistik: Pengertian, Jenis dan Kriteria yang Terbaik

Tujuan Gudang Transit

Tujuan utama gudang transit adalah untuk menyimpan barang sementara (dikenal sebagai stok transit atau inventaris transit) menunggu untuk dikirim ke fasilitas perusahaan lain atau tempat penjualan yang didukungnya.

Salah satu manfaat gudang transit yang paling menonjol adalah biayanya yang rendah, secara umum. Berbeda dengan fasilitas penyimpanan tradisional, gudang transit hanya menyimpan barang dagangan; itu tidak melakukan operasi lain pada produk. Oleh karena itu, terkadang barang bahkan tidak sampai ke rak. 

Penyebab Barang Harus Melalui Gudang Transit

Jasa pengiriman yang Anda kenal umumnya memiliki beberapa gudang transit di banyak wilayah. Semua paket yang terdapat di gudang transit perlu diturunkan dan dikirimkan ke penerima tanpa perlu menyimpannya di pusat. 

Paket yang diterima oleh gudang transit tujuannya adalah untuk menggabungkan beberapa paket kiriman atau pesanan dengan tujuan tempat pengiriman paket tersebut yang kemudian akan dikirim secepatnya menuju gudang transit. Hal itulah yang menjadi penyebab barang pesanan Anda harus melalui gudang transit sebelum sampai ke tangan Anda.

Baca Juga : 7 Hal Wajib yang Harus Anda Tahu Sebelum Transaksi Sistem COD

Apa Artinya Bila Paket Telah Sampai di Gudang Transit?

Pesanan yang dikirimkan oleh seller atau penjual akan dilakukan dari kota asalnya. Misalnya, perjalanan paket dimulai di Bandung dan akan menuju ke Tangerang. Maka, barang tersebut pada mulanya akan dikumpulkan terlebih dahulu di gudang transit Bandung sebelum akhirnya bersama-sama menuju ke kantor pengiriman cabang di lokasi yang paling dekat dengan Tangerang.

Hal ini dilakukan dengan agar mempermudah proses pengiriman barang secara keseluruhan. Di mana, nantinya seluruh barang akan disortir berdasarkan alamat atau lokasi tujuannya.

Pesanan yang dikirim melalui jasa ekspedisi melewati beberapa tahap, dari mulai gudang transit satu ke lainnya sesuai dengan jalur alamat tujuan. Pada umumnya, barang yang sudah sampai di gudang transit akan sesegera mungkin dikirimkan ke tujuan. Hal ini dilakukan supaya nantinya konsumen bisa segera menikmati produk pesanannya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan gudang transit. Tujuan dan serba serbi gudang transit tentunya harus Anda pahami jika Anda akan sering berhubungan dengan bisnis yang satu ini. Bagi Anda yang membutuhkan layanan sewa gudang, hubungi kami lebih lanjut untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *